CIAMIS, Goodnews.co.id – Dadan Ramdhani, seorang wirausaha produk makanan dengan usahanya yang bernama Snack Factory, cerita inspiratif mengenai perjuangan, inovasi, dan ketekunan darinya dapat kita jadikan motivasi dalam menjalankan bisnis.
Dadan lahir dari keluarga sederhana di Kabupaten Ciamis, ayahnya adalah pedagang kerupuk di Bekasi, dan ibunya adalah ibu rumah tangga yang juga menjalankan usaha kecil-kecilan.
Saat berusia 26 tahun, Dadan memulai perjalanannya di dunia wirausaha meski dengan latar belakang keluarga yang sederhana, disitu ia berhasil mengubah tantangan menjadi kesuksesan dengan bisnisnya.
Kisahnya menjadi bukti nyata bahwa dengan semangat juang tinggi dan usaha yang tak kenal lelah, maka impian besar untuk menjadi sukses dapat diwujudkan, intinya jangan pernah menyerah dalam keadaan adapun.
Awal mula Dadan mendirikan Snack Factory dipicu oleh keinginannya untuk meraih kesuksesan dan meningkatkan derajat keluarganya, dengan tekad kuat dan visi untuk menjadi sukses, Dadan memutuskan untuk memanfaatkan peluang di industri makanan ringan, yang kemudian dikenal sebagai Snack Factory.
Sebagai wirausaha produk makanan ia memilih industri F&B khususnya makanan ringan karena melihat potensi yang besar serta kesempatan untuk berkreasi pada produk, Snack Factory selalu menawarkan berbagai jenis makanan ringan, seperti keripik kaca dan basreng (baso goreng) sebagai produk andalannya.
Dadan selalu serius dalam mengembangkan bisnisnya, salah satu pemicu yang menjadi kunci mendorong bisnisnya adalah ketika produknya mendapatkan autensi besar melalui platform media sosial TikTok, di mana video salah satu produknya menjadi viral dan menyebabkan lonjakan orderan hingga 800kg dalam sehari.
Keberhasilan ia dapatkan dengan kemampuannya untuk belajar dari setiap pengalaman, baik itu saat ia bekerja setelah lulus SMK, menjalankan usaha kecil-kecilan, hingga akhirnya setelah lulus kuliah ia sepenuhnya berfokus pada usaha makanan yaitu Snack Factory.
Kesuksesan Snack Factory tidak hanya berdampak pada perbaikan ekonomi keluarganya, tapi juga memberikan Dadan platform untuk membantu dan menginspirasi orang lain, khususnya para pemuda di desanya, untuk memulai dan mengembangkan usaha mereka sendiri.
Dalam kesuksesannya Dadan mengatakan beberapa hal sebagai syarat untuk bisa mencapai kesuksesan dalam berbisnis, khususnya usaha makanan, yaitu:
Pertama, maksimalkan penggunaan media sosial, karena dengan teknik pemasaran online khususnya di TikTok maka produk kita dapat dikenal luas oleh banyak orang.
Kedua, tetap menjaga kualitas dan konsisten terhadap produk kita, karena itu sangat berpengaruh terhadap konsumen yang telah menggunakan produk kita, dan tentunya jangan mengubah rasa, dan kualitas.
Ketiga, kita dapat bekerjasama dengan pihak lain untuk periklanan dan pemasaran produk kita, contohnya dengan bantuan content creator atau influencer, apalagi jika viewer atau pengikut nya banyak, maka lebih mudah produk kita dikenali banyak orang.
Keempat, usahakan mendapat ide baru atau inovasikan produk kita, karena tidak hanya dengan produk namun juga perlu kemasan yang unik, karena dengan demikian usaha kita menghasilkan kan berbagai macam produk, dapat membuat konsumen penasaran dan tertarik ingin mencoba produk-produk tersebut.
Kelima, untuk menarik banyak pelanggan diperlukan juga sebuah event online, seperti even diskon atau even berhadiah setiap membeli produk kita, namun perlu diperhatikan juga tanggal dan batas untuk event produk kita agar tidak membuat rugi nantinya. (IKM)