Penetapan Anggaran Tahun 2022 Tanah Bumbu Bersujud Menuju Serambi Madinah

0
44

TANAH BUMBU – Rapat Paripurna DPRD Tanah Bumbu menyetujui dan penetapan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun 2022. Kamis, (18/21/2021).

Bupati Zairullah Azhar menyebutkan bahwa semulia-mulianya manusia adalah yang banyak memberikan manfaat. Kedudukan yang diberikan oleh Allah di legislatif dan eksekutif perlu disyukuri karna posisi tersebut dapat digunakan untuk memberikan manfaat kepada pembangunan daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Bupati Zairullah memahami bahwa dalam membuat keputusan dan persetujuan di DPRD, tidaklah mudah untuk dicapai, karna harus melewati dinamika perpolitikan anggaran.

“Tapi itu adalah proses bagaimana kita bekerja keras, bekerja tuntas, bekerja cerdas, dan Insya Allah bekerja ikhlas.” Kata Zairullah.

Sempat terdengar perdebatan yang cukup keras antara anggota dewan pendukung pemerintah daerah dan yang menyebut dirinya sebagai anggota DPRD yang memiliki hak pengawasan terhadap anggaran.

Meski demikian pada rapat paripurna penetapan raperda APBD 2022 semua fraksi yang ada di DPRD Tanah Bumbu menyetujui anggaran 2022. Fraksi Golkar, Fraksi PKB, Fraksi Gerindra, Fraksi PDIP, dan Fraksi Amanat Nasional Demokrat.

Bupati Zairullah mengajak semua peserta sidang paripurna membaca sholawat yang disebutnya sebagai sholawat Jibril atau sholawat dinar. Yaitu shollallahu ‘ala muhammad. Dengan harapan apa yang direncanakan di tahun 2022 dapat terwujud, membangun Tanah Bumbu Bersujud (bersih, syukur, jujur, damai) menuju serambi madinah.

“Insya Allah mudah-mudahan ada perubahan luar biasa terjadi di tahun 2022.” Kata Zairullah Azhar.

Tahun 2021 ini pembangunan rumah-rumah tahfidz di setiap desa telah rampung, pembangunan masjid terapung di pantai pagatan sedang proses pembangunan yang dibiayai oleh perusahaan, dan penajaman program prioritas desa-desa juga telah dilakukan. Sehingga tahun 2022, pembangunan Tanah Bumbu sudah bisa dirasakan.

Baca Juga :  Peringati Hari AIDS di Tanah Bumbu, Ini Data kasusnya

Rapat paripurna DPRD telah memutuskan persetujuan dan penetapan rancangan peraturan daerah tentang APBD tahun anggaran tahun 2022 menjadi peraturan daerah. Sidang paripurna tersebut disaksikan oleh unsur Forkopimda, SKPD, Dirut BUMD, dan para undangan.

Adapun rincian persetujuan penetapan rancangan APBD 2022 sebagai berikut pendapatan daerah Rp. 1.657.017. 188.048, belanja daerah Rp.1.792.017.184.458, surplus atau defisit Rp. 135.000.000.000, pembiayaan pada penerimaan daerah Rp. 135.000.000.000, pengeluaran Rp. 150.000.000.000, pembiayaan netto Rp. 15.000.000.000 sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenan nol rupiah.

Semua fraksi partai di DPRD meminta agar semua catatan usulan, harapan, saran, kiranya dapat diformulasikan sebagai kesepakatan antara DPRD dan pemerintah daerah Kabupaten Tanah.

Setelah menutup rapat paripurna, Ketua DPRD H. Supiansyah ZA, SE, MH menanggapi positif tentang sholawat Jibril yang dibacakan Bupati Zairullah. Adanya manusia karna sholawat dan apabila sholawat dibaca tiga kali saja dalam sehari maka Tanah Bumbu luar biasa dahsyatnya, katanya. (MAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here