Penajaman Indikator Serambi Madinah pada RPJMD Tanah Bumbu 2021-2026

Avatar photo

- Editor

Sabtu, 19 Juni 2021 - 15:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 dibahas di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Profesor Budi sebagai narasumber hadir mempertajam makna Serambi Madinah. Sabtu (19/06/2021).

Musrenbang Kabupaten Tanah Bumbu 2021-2026 kali ini berbeda. Biasanya dalam pembahasan yang cukup lama seperti ini peserta banyak keluar, tapi kali ini berbeda. Ungkap Sekretaris Daerah Ambo Sakka kepada Bupati Zairullah Azhar yang mengikuti acara sampai akhir. demikian pula pejabat SKPD, Camat, Lurah, Kepala Desa, pengusaha dan organisasi sosial lainnya.

Pada bagian akhir diskusi tanya jawab, Profesor Budi membahas lebih dalam konsep Serambi Madinah sebagai tatanan sosial yang menurut Budi belum pernah ada sebelumnya di Kalimantan Selatan.

Prof. Budi paling kiri

Profesor Budi dari Universitas Lambung Mangkurat menyampaikan bahwa pembangunan itu jangan tergantung pada ekonomi saja tetapi juga aspek non ekonomi. Non ekonomi yang dimaksud oleh Profesor Budi adalah konsep pembangunan Serambi Madinah.

“Jika konsep Serambi Madinah ini dijalankan dengan baik maka akan tumbuh empat pilar filosofi.” Ungkap Budi.

Pertama, konsep ini akan membuat orang menjadi produktif, meski ekonomi turun tapi jika konsep Serambi Madinah ini dipakai maka SDM akan tetap bekerja secara produktif.

Ini menginspirasi dari Kota Madinah, madinatur rosul (kota Rosul). Daerah yang gersang  dan tandus tapi akhirnya berpacu menjadi kota yang kaya raya dan dikunjungi oleh manusia dari seluruh dunia.

Baca Juga :  DKUMP2 Dorong Penggunaan Produk Dalam Negeri

Kedua, konsep Serambi Madinah mengubah masyarakat menjadi lebih baik. Lebih berkinerja baik, lebih bahagia, aman, tenteram dan sejahtera.

Serambi Madinah memberikan makna struktur sosial masyarakat yang suka pengajian, kriminalisasi berkurang dari hari ke hari, masyarakat hidup rukun dan damai.

Menurut Profesor Budi, ada indikator yang dapat dibuat untuk mengukur keberhasilan Serambi Madinah. Yang pertama adalah menggunakan indeks kesalehan sosial.

Indeks kesalehan sosial ini dapat dinilai dari kepedulian sosial antar masyarakat, melestarikan lingkungan, kepatuhan terhadap pemerintah, kesalehan ritual yang tidak saja bagi umat Islam tapi juga kesalehan bagi umat beragama lain menjalankan ritualnya.

Jika dilihat pada zaman wali songo membangun peradaban, mereka dapat dinilai dari tempat-tempat pengajian. Oleh karena itu menurut profesor Budi, Zairullah Azhar adalah orang yang cerdas memilih kata membangun Tanah Bumbu ini sebagai Serambi Madinah untuk membangun kultur baru masyarakat yang sedang transisi.

Indeks kedua, adalah indeks kebahagian. Indikatornya membahagiakan orang lain, orang bisa merasa puas dengan pendapatan yang meningkat, kesehatan meningkat, keluarga harmonis, rasa aman, dan sebagainya.

Baca Juga :  Abah Zairullah Ajak Kepala SKPD Mengikuti Musrenbang Kecamatan

Sebagaimana kegiatan Bupati Zairullah membangun tugu Serambi Madinah di perbatasan, ini akan memberikan nuasa dan kesan saat orang masuk ke wilayah Tanah Bumbu. Orang bisa merasakan perbedaanya, ada rasa aman, ramah, tenteram, damai. Sama halnya ketika masuk Tanah suci Mekkah maupun Madinah saat haji, ada rasa yang berbeda.

“Jadi ketika masuk ke Tanah Bumbu, orang bisa merasakan orang dekat dengan al-Qur’an, mengaji dan lain-lain.” Ucapnya.

Kemudian Tanah Bumbu bisa membuat indikator penurunan tindakan kriminalitas, penurunan angka penyalahgunaan narkoba, tingkat keamanan meski berjalan di tengah malam. ini bisa dijadikan ciri sebagai Kabupaten Serambi Madinah.

Hal lain menurut Profesor Budi adalah soal perasaan. orang yang datang atau yang tinggal di Tanah Bumbu bisa merasa senang, merasakan makna hidup, bisa mengembangkan diri, bisa merasa mandiri, merasa ada energi positif dengan orang lain, orang bisa merasakan tujuan hidup. Jadi, Serambi Madinah ini adalah jalan masuknya reformasi sosial. Indikator ini dapat dilihat grafiknya dari tahun ke tahun.

Pada sambutan Kepala Bappeda Tanah Bumbu Andrianto Wicaksono menyampaikan, tujuan pelaksanaan kegiatan Musrenbang RPJMD ini adalah dalam rangka penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi terhadap tujuan dan sasaran strategi kebijakan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD tahun 2021-2026.

Baca Juga :  Inilah Penolong Saat Tidak Ada Bantuan

“Harapannya melalui Musrenbang ini keluar berupa kesepakatan dari semua pihak yang berkepentingan berkenaan dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran strategi, arah kebijakan RPJMD Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2021-2026 yang nantinya akan dituangkan dalam nota kesepakatan Musrenbang pada hari ini,” kata Kepala Bappeda.

Pada sambutan Ketua DPRD Tanah Bumbu H. Supiansyah ZA menyampaikan agar pelaksanaan Musrenbang RPJMD 2021-2026 sesuai Visi Misi Bupati Tanah Bumbu sehingga pelaksanaan program pemerintah dapat terlaksana dengan baik.

Visi Bupati Zairullah Azhar dan Wakil Bupati Muhammad Rusli adalah ‘membangun Tanah Bumbu Maju, Unggul, Mandiri, Religius dan Demokratis’ selanjutnya dijabarkan dalam lima Misi yaitu, mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, dan berakhlak mulia, mewujudkan infrastruktur wilayah yang mantap untuk menopang daya saing pelayanan publik dan perekonomian, mewujudkan pengelolaan sumber daya alam yang arif dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan, mewujudkan perekonomian daerah berbasis pengembangan potensi maritim dan agroindustri, dan membangun tata kelola pemerintahan yang melayani, sederhana dan akuntabel.

Diakhir acara Bupati Zairullah Azhar menggaungkan selawat badar sebagai tanda memohon pertolongan Allah SWT agar apa yang direncanakan dapat terwujud. (MAS)

Berita Terkait

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru
Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK
Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an
Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh
Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045
Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00
Berita ini 39 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 25 April 2024 - 10:37 WIB

Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan

Kamis, 25 April 2024 - 10:23 WIB

Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru

Rabu, 24 April 2024 - 20:51 WIB

Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK

Rabu, 24 April 2024 - 18:47 WIB

Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an

Rabu, 24 April 2024 - 14:04 WIB

Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh

Selasa, 23 April 2024 - 17:00 WIB

Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045

Selasa, 23 April 2024 - 16:47 WIB

Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00

Senin, 22 April 2024 - 17:06 WIB

Dinkes Gelar Workshop untuk Tingkatkan Mutu Pelayanan Puskesmas

Berita Terbaru

Tanah Laut

Acil Odah Hadiri Peringatan Hari Kartini di Tala

Jumat, 26 Apr 2024 - 15:56 WIB

Tanah Laut

Sebanyak 55 Pengurus BKPRMI Tala Periode 2024-2028 Dilantik

Jumat, 26 Apr 2024 - 15:48 WIB

Daerah

Walikota Banjarbaru Ajak Nonton Bareng Indonesia U-23

Jumat, 26 Apr 2024 - 11:17 WIB

Tanah Laut

Syamsir Janji Umrohkan Para Juara

Jumat, 26 Apr 2024 - 11:04 WIB