Pemkab Tanah Bumbu Siap Raih Penghargaan Adipura 2022

- Editor

Senin, 4 Juli 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu siap mengikuti penilaian Adipura tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu Mahriyadi Noor melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan LB3, Indah Maya Suryanti, di Batulicin, telah membagikan Surat Edaran Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar Nomor B/660.2/3274/DLH-SPLB3.1.Bup/VI/2022 tentang Pemberitahuan Kegiatan Adipura Tahun 2022, agar melakukan koordinasi dengan instansi terkait, meningkatkan peran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, Senin (4/7/2022).

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI akan melakukan pemantauan terhadap penyelenggaraan pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau dalam mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh, dan berkelanjutan sesuai Permen LHK Nomor 76 Tahun 2019 tentang Adipura.

Baca Juga :  Pesta Mappanre Ritasie, Zairullah: Tidak Boleh Potong Ayam dibuang Ke Laut

Disebutkan ada 5 jenis klasifikasi syarat yang harus dipenuhi oleh kebupaten kota yang akan mengikuti penilaian adipura. Klasifikasi 1 sampai 4 dapat mengikuti penilaian adipura sedangkan klasifikasi ke-5 tidak dapat mengikuti penilaian adipura atau daerah yang tidak menyusun Kebijakan Rencana Strategis daerah (Jakstrada).

Indah menyebutkan bahwa saat ini Kabupaten Tanah Bumbu masuk dalam klasifikasi 3. Dia juga menjelaskan bahwa tahun 2022 ini penilaian adipura fokus pada pengelolaan, penanganan, dan pengurangan sampah, dan dilaporkan ke dalam Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) sampai tahun 2021 periode kedua. Padahal tahun-tahun sebelumnya penilaian adipura hanya fokus pada kebersihan dan penataan ruang perkotaan.

Baca Juga :  Pelantikan Pejabat, Bupati Sampaikan Harapan Masyarakat Tanah Bumbu

Di Tanah Bumbu, Kementerian LHK akan memantau beberapa kawasan terkait fasilitas prasarana dan sarana perkotaan kabupaten dan desa yang ikut dalam program Kampung Iklim.

Indah berharap pengelolaan sampah tidak hanya dilakukan karena mengikuti penilaian adipura tetapi benar-benar menjadi budaya masyarakat yang dibuktikan dalam kehidupan lingkungan sehari-hari.

“Implementasi pengelolaan sampah, untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, hijau, sehat dan layak, diharapkan tidak sebatas hanya pada pemenuhan syarat-syarat penilaian kegiatan Adipura saja, namun menjadi bagian dalam keseharian yang membudaya pada masing-masing individu,” kata Indah Maya Suryanti, Kabid Pengelolaan Sampah dan LB3. (MAS)

Berita Terkait

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan
Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio
Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah
Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik
Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh
Peringati 10 Muharram, Zairullah Bagikan Hadiah Bagi Anak Yatim
Bupati Tanbu Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Kalsel
Pembukaan Porkepsek, Bupati Tanbu Harap Atlet Junjung Sportivitas
Berita ini 24 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 14:54 WIB

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:52 WIB

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:45 WIB

Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:42 WIB

Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik

Kamis, 18 Juli 2024 - 11:10 WIB

Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Jul 2024 - 10:52 WIB