Paman Birin: Kawal Anggaran Dana Desa Rp 71 Triliun

Avatar photo

- Editor

Jumat, 19 April 2024 - 17:20 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BARITO KUALA, Goodnews.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah, hadiri Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Cabang Apdesi Provinsi Kalsel Periode 2023-2028 di Pendopo Agug Ardji Kriyo Sentono Rumah Makan Pawon Tlogo, Kabupaten Barito Kuala, Rabu (17-4-2024).

Melalui Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Cabang (Apdesi) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia, Pemerintah Provinsi Kalsel berharap mampu menguatkan komitmen mendampingi dana desa dan mengawal pembangunan di tingkat desa.

“Oleh sebab itu, Apdesi harus menguatkan sinergi dan kolaborasi bersama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Kota se-Kalsel serta seluruh perangkat desa, guna mewujudkan kesejahteraan di bidang ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan lingkungan,” ucapnya.

Baca Juga :  Catat, Ini Rute Jalan Menuju Haul Abah Guru Sekumpul 2023

Paman Birin mengungkapkan, Apdesi harus melibatkan masyarakat desa untuk ikut serta mengawasi penggunaan dana dan kemajuan pembangunan desa.

“Apdesi dapat memberikan edukasi kepada seluruh aparatur desa, korupsi harus diminimalisasi dengan cara memperkuat mekanisme pengawasan agar pemanfaatan dana desa berjalan secara optimal dan tepat sasaran,” tegasnya.

Sahbirin Noor menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kalsel sangat memberikan perhatian pada kesejahteraan desa melalui kucuran dana desa dari tahun ke tahun.

Baca Juga :  Paman Birin Kembali Kunjungi Rumah Terendam Banjir Di Kabupaten Banjar

Pada Tahun 2024 total anggaran dana desa sebesar Rp 71 triliun akan didistribusikan ke 75.265 desa sehingga rata-rata setiap desa akan mendapat dana Rp 943,7 juta.

“Anggaran dana desa meningkat dari tahun 2023, sebesar Rp 70 triliun dan rata-rata pertambahan dana desa sebesar 21,3 persen per tahun. Dalam peningkatan anggaran dana desa, harus seimbang dengan peningkatan kemampuan pengelolaan keuangan desa yang tertib administrasi, transparan dan akuntabel,”ungkap Paman Birin.

Sementara, Ketua Umum Apdesi, Surta Wijaya mengatakan, Apdesi memiliki peran dalam mendampingi pemerintah desa dalam melaksanakan program pembangunan agar berjalan sesuai rencana sehingga terwujud kemakmuran desa.

Baca Juga :  Paman Birin Kukuhkan Pengurus KORMI Kalsel Periode 2022-2026

“Apdesi bertanggung jawab dalam menjembatani komunikasi dan koordinasi yang baik antara Kepala Desa dalam mengawal penyelenggaraan pemerintah desa yang akuntabel, transparan dan tepat sasaran,” kata Surta.

Sebelumnya, Ketua DPD Apdesi Kalsel terpilih, Ahmad Rijali Nasution menyampaikan, melalui kepimpinannya akan membangun relasi dan koordinasi antar pemerintahan desa, guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan desa yang semakin berkembang dan maju.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin, juga sebagai Dewan Pembina Apdesi Provinsi Kalsel, menerima penghargaan dari Ketua Umum Apdesi, Surta Wijaya, atas partisipasinya dalam mengawal pembangunan di desa. (s)

Berita Terkait

Paman Birin: Kalsel Pilihan Tepat Suplai Pangan ke IKN
Penulis Kitab Sabilal Muhtadin, Paman Birin: Banyak Lahirkan Ulama
Paman Birin Lepas Keberangkatan 1.000 Orang Mudik Gratis
Istimewa, Paman Birin Safari Ramadhan di Desa Tambak Sirang Baru
Acil Odah Gelar Sunatan Massal di Kandangan
Paman Birin Siapkan Haul Akbar ke-218 Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari
Acil Odah Tinjau Lokasi Pemeriksaan Kesehatan Bagi Pengemudi
Tak Terduga, Dua Orang Penerima SK PPPK Raih Umrah dari Paman Birin
Berita ini 14 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 12 Januari 2023 - 09:46 WIB

Ketua Pers Indonesia: Dewan Pers Hanya Fasilitator Bukan Regulator

Kamis, 12 Januari 2023 - 09:08 WIB

Dewan Pers Bukan Penyelenggara Tunggal UKW

Sabtu, 3 Desember 2022 - 09:09 WIB

Ini Daftar Gaji dan Tunjangan Paspampres

Kamis, 10 Juni 2021 - 01:33 WIB

Umar Nangis Melihat Rasulullah

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Wakili Bupati Tanbu, Asisten I Hadiri Rakoornis TMMD 2024

Kamis, 2 Mei 2024 - 11:04 WIB

Tanah Bumbu

DPMD Tanbu Dorong Kembangkan Desa Wisata

Kamis, 2 Mei 2024 - 10:41 WIB

Nasional

DPRD Tagih Pemko Banjarbaru Master Plan Penanganan Banjir

Rabu, 1 Mei 2024 - 16:44 WIB