Kunjungan, Kominfo Samarinda punya Aplikasi Monitoring Proyek

0
74

TANAH BUMBU – Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tanah Bumbu menyaksikan sejumlah aplikasi yang dikendalikan Diskominfo Kota Samarinda, diantaranya aplikasi monitoring proyek infrastruktur yang sedang dikerjakan. Selasa (28/9/2021).

Kadis Kominfo Kota Samarinda Aji Syarif Hidayatullah menerima kunjungan Kadis Kominfo Kabupaten Tanah Bumbu di ruang kerjanya. Pada pertemuan itu Aji Syarif Hidayatullah memperkenalkan sistem Command Center yang menyajikan informasi titik pantau seperti jalan raya dari layar Command Center.

“Layar-layar dan komputer yang ada di command center ini, terhubung juga dengan sejumlah CCTV di kawasan Kota Samarinda, masyarakat bisa mengetahui kepadatan arus lalu lintas,” ungkap Aji Syarif.

Rekaman CCTV tersebut dapat memberikan informasi data pengendara, jumlah penduduk, lokasi kepadatan penduduk, dan kerumunan warga.

“Kami ada video analitic, CCTV yang sudah kita lengkapi untuk menghitung atau mengcounting jumlah massa, sehingga kita bisa tahu titik-titik mana saja yang padat penduduk, termasuk kerumunan masyarakat,” katanya.

Informasi terkait penyaluran keluhan atau pengaduan warga, Diskominfo Kota Samarinda sediakan aplikasi ‘Bapadah’ kemudian Smart RT yang terintegrasi mulai dari Kelurahan, Kecamatan, terutama mendukung pelayanan berkaitan dengan program catatan sipil.

Disamping itu, Kota Samarinda punya nomor tunggal 122 menerima layanan kedaruratan. Aji Syarif Hidayatullah menjelaskan bahwa 112 digunakan untuk menyampaikan kejadian kebakaran dan bencana lainnya yang terintegrasi dengan pihak-pihak penanganan bencana.

“Misalnya, begitu ada bencana semua bisa terkoneksi dengan rumah sakit, Polresta dan Barisan Pemadam,” jelasnya.

Hal lain yang menarik adalah informasi proyek infrastrukur yang dapat dimonitoring mulai dari pengadaan sampai penyelesaian proyek juga mendeteksi proyek yang belum selesai.

“Yang mendukung OPD lainnya, yakni berkaitan dengan proyek PUPR, tentu informasi bisa dilihat mengenai proyek yang sudah selesai,” ujarnya.

Baca Juga :  Lomba Olah Pangan, Sekda Ajak Masyarakat Penuhi Kebutuhan Gizi

Menanggapi penyajian informasi Kadis Kominfo Kota Samarinda, Ardiansyah sebagai penggerak Kominfo Kabupaten Tanah Bumbu menyatakan bahwa tentu ada kesamaan dan perbedaan, oleh karena itu kedua Dinas saling berbagi informasi dan belajar untuk lebih meningkatkan pelayanan komunikasi dan informasi bagi masyarakat.

“Apa yang ada kesamaan aplikasi tetap saling bertukar informasi dan bila ada perbedaan aplikasi tentu diharapkan saling memberi masukan atau sama-sama belajar,” jelasnya. (MAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here