Fraksi Gabungan PAN dan NasDem Minta Anggaran 2024 Lebih Pro Rakyat

Avatar photo

- Editor

Senin, 9 Oktober 2023 - 20:47 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu dalam agenda penyampaian Pemandangan Umum, salah satunya Fraksi Gabungan Pan dan NasDem meminta eksekutif agar anggaran 2024 lebih pro terhadap kepentingan rakyat.

Pawahisah Mahabbatan, juru bicara Fraksi Gabungan Partai Amanat Nasional dan Partai NasDem, mengapresiasi kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu yang telah menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024.

RAPBD tahun 2024 pada kisaran Rp 2.625.283.540.226 sedangkan belanja Rp 2.836.461.199.273 dengan deficit Rp 211.177.659.047 namun dapat ditutupi dari pembiayaan daerah untuk menutupi defisit.

Fraksi Amanat Nasional Demokrat menyampaikan harapan agar anggaran yang ada di setiap SKPD dan dana penyertaan modal dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kepentingan kebutuhan masyarakat Kabupaten Tanah bumbu.

Utamanya, katanya, untuk menjawab persoalan aktual dan faktual masyarakat Tanah Bumbu, dan kebijakan dirancang untuk kepentingan Tanah Bumbu, agar benar-benar memberikan manifestasi dalam kebijakan belanja daerah.

Baca Juga :  Mappanre ri Tasi'e, Said Ismail: Adat Harus DiJaga

“Menurut kami anggaran itu seperti gula, yang mengundang semut-semut untuk datang dan merebut makanannya. Mereka yang tak punya kuasa akhirnya harus menelan pil pahit karena tersingkir, meski merupakan subjek populasi besar yang harus diperhatikan,” tutur Pawahisah di kantor DPRD, Senin (9/10/2023).

Dinamika ini sangat menyakitkan, katanya, padahal masyarakat menengah ke bawah seharusnya mendapatkan perhatian lebih.

Oleh karena itu, APBD harus lebih pro terhadap masyarakat dan berkeadilan sehingga APBD mencerminkan perwujudan dari pemerataan pembangunan.

Melalui rapat paripurna DPRD, Fraksi Amanat Nasional Demokrat mempertanyakan, satu, apa program prioritas yang dirancang Pemerintah Daerah tahun 2024. Kedua, dengan anggaran APBD, program apa untuk mendorong sektor-sektor tertentu khususnya kelompok miskin untuk memberikan kepada mereka kesempatan bekerja yang optimal dan menambah pendapatan masyarakat miskin.

Baca Juga :  Satpol PP Tanbu Tertibkan Pegawai Ikuti Pengajian Rutin

Ketiga, ia mengingatkan Pemerintah Daerah, sesuai amanat undang-undang, untuk mengalokasikan anggaran 20 persen pendidikan dan 10 persen untuk anggaran kesehatan.

Keempat, Fraksi Amanat Nasional Demokrat meminta Perintah Daerah untuk memperhatikan abrasi pantai Pagatan, untuk memberikan solusi konkrit mengingat bahaya bisa saja mengancam.

Kelima, berkaitan dengan pemerataan pembangunan, khususnya jalan desa, ia menilai masyarakat belum merasakan jalan beraspal seperti di Desa Penyolongan, Desa Sumber Sari, Sungai Dua Laut, dan anggaran untuk perbaikan jalan lingkungan.

Keenam, ia mempertanyakan bagaimana kelanjutan pembangunan pabrik dan pengalengan ikan di Kecamatan Simpang Empat dan Kusan Hilir pada tahun 2024.

Ketujuh, ia juga mempertanyakan bagaimana masyarakat bisa mendapatkan akses air bersih, bukan saja pada musim kemarau tetapi juga di musim penghujan dimana masyarakat sulit mendapatkan air PDAM. Khususnya di wilayah pinggiran kota seperti di Desa Rantau Panjang Hulu, Desa Rantau Panjang Hilir, Desa Baru Gelang.

Baca Juga :  Penting, DPRD Tanbu Sahkan 2 Raperda

Ia berharap semoga Allah memberikan waktu bekerja secara maksimal untuk selalu adil, dan istiqomah, serta memperjuangkan aspirasi masyarakat yang semuanya karena Allah Swt.

”Katakanlah, sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku, hanya untuk Allah. Tuhan Semesta Alam tiada sekutu baginya. Karena demikian itulah yang diperintahkan kepadaku, dan aku adalah orang pertama menyerahkan diri kepada Allah,” ucap Pawahisah mengutip ayat suci al-Qur’an.

Rapat Paripurna dipimpin Said Ismail Kholil Alaydrus, disaksikan Ketua DPRD Andrean Atma Maulani, dihadiri Sekretaris Daerah Ambo Sakka dan Kepala SKPD, anggota DPRD, para undangan. (MAS)

Berita Terkait

Sekretariat DPRD Tanbu Pamerkan Kegiatan, Tugas Pimpinan, dan Anggota DPRD
Banggar Tanbu Bahas 10 Rekomendasi LKPj dan Akan Memanggil Dinas Terkait
Pesta Pantai Pagatan, Dorong Kemajuan Ekonomi dan Kemandirian UMKM
Mappanre ri Tasi’e, Said Ismail: Adat Harus DiJaga
DPRD Tanbu Sampaikan Arahan RPJPD 2025-2045
Wakil Ketua DPRD Kunjungi Stand Pameran Expo Mappanre ri Tasi’e
Zairullah Azhar Paparkan Capaian Pembangunan Tanbu 2023
HUT ke-21, Wakil Ketua DPRD Bacakan Sejarah Pembentukan Tanah Bumbu
Berita ini 188 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 29 April 2024 - 14:15 WIB

Pipa Bocor, Distribusi Air Ke Pelanggan Macet

Jumat, 26 April 2024 - 11:17 WIB

Walikota Banjarbaru Ajak Nonton Bareng Indonesia U-23

Sabtu, 30 Desember 2023 - 15:54 WIB

Zairullah Azhar Ziarahi Makam Raja Kusan

Senin, 20 November 2023 - 23:14 WIB

Bakhriansyah Sampaikan Tugas dan Fungsi Dewan Pendidikan Tanah Bumbu

Jumat, 3 November 2023 - 07:00 WIB

Ngantuk, Pengendara Motor Jatuh Tak Sadarkan Diri

Kamis, 2 November 2023 - 14:58 WIB

Kecelakaan Roda Dua Akibat Jalan Berlubang

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 13:21 WIB

Makan Nasi Bungkus Gratis, 10 Anak Yatim Piatu Dilarikan ke Puskesmas Pagatan

Kamis, 14 September 2023 - 13:53 WIB

Polres Tanbu Bangun Sinergitas dengan Wartawan Hadapi Pemilu 2024

Berita Terbaru

Tanah Laut

Sebanyak 963 Kasus Tuberkulosis Ditemukan di Tala

Senin, 29 Apr 2024 - 16:10 WIB

Daerah

Pipa Bocor, Distribusi Air Ke Pelanggan Macet

Senin, 29 Apr 2024 - 14:15 WIB

Banjarmasin

Parah, Sampah di Banjarmasin Bikin Patah Tulang Bahu Pengendara

Senin, 29 Apr 2024 - 14:05 WIB

Tanah Laut

Warga Pelaihari Keluhkan Jembatan Bergelombang

Senin, 29 Apr 2024 - 13:22 WIB