DPRD Tanbu Sampaikan Arahan RPJPD 2025-2045

- Editor

Selasa, 23 April 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (DPRD) sampaikan arahan Rancangan Akhir RPJPD Kabupaten Tanah Bumbu 2025-2045.

Ketua dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tanah Bumbu 2025-2045 di Gedung Auditorium 7 Februari Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (22/4/2024).

Acara tersebut Hadir Bupati Tanah Bumbu, Forkopimda, Kepala Bapeda Provinsi Kalimantan Selatan, Sekretaris Daerah Tanbu, seluruh pimpinan SKPD lingkup Tanbu, instansi vertikal, Ketua MUI, seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa, mayarakat serta undangan lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ketua DPRD diwakili Ketua Komisi I DPRD Tanbu, Boby Rahman, memaparkan pokok-pokok pikiran DPRD terhadap RPJPD Tanah Bumbu 2025-2045.

“Adapun pokok-pokok pikiran ini merupakan hasil reses dan aspirasi masyarakat yang dirangkum dalam sebuah dokumen dan dapat dilihat dan diakses pada SIPD,” kata Boby.

Boby Rahman juga menyampaikan harapan untuk pemerintah daerah agar memperhatikan pokok-pokok pikiran DPRD sesuai dengan Permendagri nomor 86 tahun 2017 pasal 74.

“Dikarenakan sepenuhnya adalah aspirasi masyarakat dalam kegiatan wajib yang dilaksanakan DPRD sesuai ketentuan perundang-undangan yang bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat di wilayah pemilihnya,” kata Boby.

Berikut arahan kebijakan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.

  1. Perlu peningkatan, pengawasan, atas penyelenggaraan pemerintah daerah terhadap kegiatan yang sesuai dengan tahun rencana yang akan dijalankan yang sesuai pada ketentuan perundang-undangan berlaku.
  2. Kepada Dinas penghasil untuk melakukan langkah strategis dalam meningkatkan pendapatan asli daerah secara intensifikasi dan ekstensifikasi terhadap setor-sektor retribusi dan pajak daerah untuk melakukan terobosan agar meningkatkan pendapatan asli daerah dan juga mendorong masyarakat untuk terlibat dalam upaya partisipasi peningkatan pendapatan daerah, salah satunya seperti pajak bumi bangunan dan optimalisasi pajak.
  3. DPRD berharap pemerintah daerah memperhatikan infrastruktur ruas jalan dan penerangan jalan umum, yang belum terhubung atau rusak, yang dimana masyarakat sekitar membutuhkan akses jalan yang bagus dan layak untuk menjalankan roda perekonomian. Masyarakat juga sangat mengharapkan perbaikan saluran irigasi, pembuatan tanggul, perbaikan drenase, untuk mengatasi curah hujan yang tinggi pada saat musim penghujan. Kemudian, penyediaan akses sanitasi masyarakat dan penyediaan akses air bersih untuk seluruh masyarakat Tanbu juga menjadi satu perhatian utama.
  4. Untuk sektor pendidikan juga harus menjadi perthatian yang serius, dinas pendidikan diharapkan dapat membuat pola agar target terhadap peserta didik tidak mengalami penurunan dari sisi kualitas dan mutu pendidikan, demi mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas di Kabupaten Tanbu.
  5. Saat ini sektor kesehatan menjadi fokus yang sangat penting, sekarang masalah stunting penting untuk diselesaikan karena berpotensi mengganggu sumber daya manusia dan berhubungan dengan tingkat kesehatan bahkan kematian anak. Penanganan stunting harus lebih ditingkatkan dalam 1000 hari pertama kehidupan. Selain itu, peningkatan fasilitas dan pelayanan kesehatan juga perlu ditingkatkan dari segala jenjang fasilitas kesehatan demi meningkatkan mutu kesehatan masyarakat.
  6. Kemiskinan ekstrim di Tanbu juga harus dituntaskan bersama, dengan data dengan katagori miskin biasa dan miskin ekstrim 6000 jiwa, maka langkah-langkah tetap dan strategis untuk penghapusan kemiskinan di Tanbu harus dilakukan agar dapat menurunkan dan menuntaskan kemiskinan di Tanbu.
  7. Dinas perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM segera melakukan revitalisasi dalam hal pengembangan UKM sehingga mampu berdaya saing seperti daerah lain, dengan memunculkan hal-hal yang spesifik dan berciri khas daerah seperti tenun pagatan, kuliner dan lainnya. Untuk menunjang Kabupaten Tanbu sebagai penyangga Ibukota Negara dan ini tentu saja perlu keberpihakan pemerintah daerah dan pembinaan-pembinaan UKM serta dukungan dari sisi pendanaan atau anggaran sehingga dapat mendorong peran aktif keterlibatan pengusaha lokal dengan UMKM yang ada di Tanbu untuk berkontribusi dalam proses pengembangan Ibukota Negara.
    Boby Rahman berharap pokok-pokok tersebut tidak hanya menjadi sebuah dokumen, akan tetapi perlu ditindak lanjuti oleh pemerintah daerah sehingga dapat berkontribusi secara maksimal kepada masyarakat melalui berbagai program pelayanan yang bersifat wajib dari pendidikan kesehatan, sosial dan ekonomi, pemberdayaan masyarakat, dan sektor lainnya, agar Kabupaten Tanah Bumbu semakin maju dan memiliki daya saing tinggi. (E)

Berita Terkait

Fraksi Golkar, PAN, NasDem Tanbu, Tolak Pemekaran Kecamatan
Fraksi Gerindra Tolak Pemekaran Kecamatan, Fraksi PKB Tanyakan Tapal Batas
Fraksi PDIP Tanbu Enggan Lanjutkan Pembahasan Pemekaran Kecamatan
4 Fraksi DPRD Tanbu Tolak Pemekaran Satui
Pedagang Pasar Niaga Bersujud Resah, DPRD Gelar RDP
Fraksi Golkar Tanbu Ajak Fraksi di DPRD Perjuangkan Aspirasi Masyarakat
Setelah Disahkan, Fraksi PKB Tanbu Imbau Sosialisasikan Perda Ketenagakerjaan
Pandangan Fraksi, PDIP Tanbu Berikan Catatan Bagi Dinas Ketenagakerjaan

Berita Terkait

Selasa, 14 Mei 2024 - 17:29 WIB

Fraksi Golkar, PAN, NasDem Tanbu, Tolak Pemekaran Kecamatan

Selasa, 14 Mei 2024 - 13:29 WIB

Fraksi Gerindra Tolak Pemekaran Kecamatan, Fraksi PKB Tanyakan Tapal Batas

Selasa, 14 Mei 2024 - 13:10 WIB

Fraksi PDIP Tanbu Enggan Lanjutkan Pembahasan Pemekaran Kecamatan

Selasa, 14 Mei 2024 - 12:54 WIB

4 Fraksi DPRD Tanbu Tolak Pemekaran Satui

Rabu, 8 Mei 2024 - 12:32 WIB

Pedagang Pasar Niaga Bersujud Resah, DPRD Gelar RDP

Selasa, 7 Mei 2024 - 19:16 WIB

Fraksi Golkar Tanbu Ajak Fraksi di DPRD Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

Selasa, 7 Mei 2024 - 16:58 WIB

Setelah Disahkan, Fraksi PKB Tanbu Imbau Sosialisasikan Perda Ketenagakerjaan

Selasa, 7 Mei 2024 - 15:28 WIB

Pandangan Fraksi, PDIP Tanbu Berikan Catatan Bagi Dinas Ketenagakerjaan

Berita Terbaru

Oplus_131072

Tanah Bumbu

Pelatihan Konvensi Hak Anak Libatkan 471 Kader Posyandu Tanbu

Senin, 20 Mei 2024 - 16:24 WIB

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Peringati Harkitnas ke-16

Senin, 20 Mei 2024 - 16:03 WIB

Khazanah

Hindari ini agar Asam Urat dan Kolesterol Tidak Melonjak

Jumat, 17 Mei 2024 - 19:30 WIB