Disdik Tanbu Apresiasi Festival belajar.id

Avatar photo

- Editor

Rabu, 20 September 2023 - 17:07 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu), Amiluddin melalui Sekretaris Disdik, Ahmad Subari, membuka kegiatan festival belajar.id, berlokasi di SMAN 1 Kecamatan Simpang Empat, Selasa (19/9/2023).

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Balai Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan (BPMP Provinsi Kalsel) dengan Disdik Kab Tanbu dalam kegiatan festival belajar.id tahun 2023.

Menurut perwakilan BPMP Kalsel, Akhmad Gafuri, menjelaskan bahwa kegiatan dilakukan dengan tujuan pemberian pembekalan, pengetahuan dan keterampilan guru dan siswa.

Selain itu juga untuk meningkatkan, pemanfaatan google dalam pembelajaran. Google for Education dinyatakan menyuguhkan berbagai fasilitas kepada pengguna yang dapat digunakan secara optimal.

Ditambah pemanfaatan fasilitas aktivasi pada akun belajar.id dan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar, sebagai pengembangan yang sudah dibagikan kepada semua guru.

BPMP Kalsel mengharapkan, peserta dalam kegiatan ini bisa mengikuti wawasan tersebut secara maksimal, juga dapat saling sharing praktek pembelajaran.

Menurut data kegiatan ini diselenggarakan pada 13 kabupaten/kota se-Kalsel, dengan sasaran jumlah 780 satuan pendidikan. Kegiatan didambakan dapat mendukung terciptanya pembelajaran yang lebih menarik dan lebih bermakna.

Baca Juga :  Lailatul Jum'at: Tiga Penggiring Mayyit Tapi Hanya 1 menemani

Gafuri menyebutkan, Tenaga Pendidik (Tendik) dan siswa di semua jenjang kabupaten/kota, sejak penggunaan akun belajar yang bekerjasama dengan google diluncurkan oleh Kemendikbud Ristek, pada Pro Kalsel selalu dalam urutan puncak, sebagai provinsi aktivasi terbanyak nasional dan ini selalu mendapatkan apresiasi.

“Bahkan beberapa kabupaten di wilayah Kalsel, juga selalu mendapatkan apresiasi dari pusat, dalam aktivasi akun belajar.id terbanyak secara nasional,” katanya.

Ia melanjutkan, diselenggarakannya kegiatan festival belajar. id tentu saja diharapkan mampu mendongkrak penggunaan akun belajar.id tersebut di wilayah Kalsel.

“Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun kemarin, namun tahun ini sedikit berbeda, kami ingin nanti akan banyak yang bisa hadir dalam kegiatan festival belajar.id pada tingkat provinsi, maka dari itu kami melaksanakan di semua kabupaten kota,”sambungnya.

Adapun kegiatan festival belajar.id selain diisi dengan seminar pemanfaatan belajar.id, juga akan dilombakan beberapa kegiatan, salah satunya adalah praktik pemanfaatan chromebook belajar.id bagi sekolah yang menerima chromebook.

Baca Juga :  SMPN 1 Sungai Loban Bidik Juara LSS dan KKR Tingkat Provinsi Kalsel

Kadisdik Tanbu, Amiluddin diwakili oleh Sekdindik, Ahmad Subari, menyambut gembira apa yang sudah menjadi program BPMP Kalsel ini.

Dikatakannya, kegiatan ini harus disambut bersama, apa lagi berkaitan dengan peningkatan kompetensi dalam hal pemanfaatan teknologi pendidikan.

“Saat ini menjadi sebuah keharusan bagi guru untuk meningkatkan kemampuannya, pada zaman kita ini sudah berubah, kita tidak bisa lagi mengindahkan tentang kemajuan teknologi pendidikan, dengan dilaksanakan kegiatan festival belajar. id ini,” ucapnya.

Diungkapkannya, tentu hal baik ini menjadi motivasi bagi para guru-guru untuk terus meningkatkan kompetensi dan pemanfaatan akun belajar.id, dan ini sudah dibagikan Kemendikbud Ristek ke semua sekolah di seluruh indonesia, dan juga dapat mendongkrak pemanfaatan belajar.id khususnya untuk Kabupaten Tanbu.

Fauzi Ramadhani, selaku Co Kapten belajar.id Tanah Bumbu, menerangkan bahwa peserta kegiatan ini berjumlah 60 orang dari semua jenjang, terdiri dari jenjang pendidikan yaitu SMP 20 orang, SD 20 orang dan PAUD 20 orang.

“Semua peserta berasal dari sekolah yang penerima chromebook di Tanah Bumbu, nanti akan ada beberapa lomba, baik bagi sekolah penerima chromebook, maupun sekolah yang belum menerimanya, kegiatan lomba ini akan dipantau dari dashboard aplikasi PMM,” jabarnya.

Baca Juga :  Suasana Lebaran, Zairullah Azhar Minta Maaf kepada Pejabat dan Staf

Sementara itu, Agung sutikno, yang merupakan salah satu peserta festival belajar. id menjelaskan, bahwa teknologi dalam dunia pendidikan saat ini tidak bisa diacuhkan begitu saja. Saat ini beberapa sekolah sudah menerima fasilitas TIK berupa chromebook dan harus bisa manfaatkannya sebaik mungkin, untuk kegiatan pembelajaran di sekolah dan kegiatan ANBK.

Disamping itu, Nurma Irama Dina, yang juga salah satu peserta dari jenjang PAUD, dengan kesehariannya mengajar di TK Tunas Harapan Kecamatan Karang Bintang, ia merupakan salah satu juara pada festival belajar.id tahun 2022 lalu. Nurma menyambut baik adanya kegiatan belajar.id yang dilaksanakan terlebih dahulu di Kab Tanbu ini.

“Semoga tahun ini, ada lagi juara di ajang festival belajar.id tingkat provinsi nanti, namun yang lebih penting adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan akun belajar.id tersebut untuk kepentingan kegiatan belajar,” harapnya. (Arunika)

Berita Terkait

Verifikator Lomba Bina Keluarga Balita Kunjungi Tanah Bumbu
Dorong Buka Lapangan Kerja dengan Sosialisasi Kewirausahaan
BPBD Luncurkan Relawan Remaja Aman Bencana
MUI Tanbu : Lestarikan 4 Hal di Luar Ramadhan
Wakili Bupati Tanbu, Asisten I Hadiri Rakoornis TMMD 2024
DPMD Tanbu Dorong Kembangkan Desa Wisata
Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Berita ini 62 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 3 Mei 2024 - 18:16 WIB

Verifikator Lomba Bina Keluarga Balita Kunjungi Tanah Bumbu

Jumat, 3 Mei 2024 - 18:08 WIB

Dorong Buka Lapangan Kerja dengan Sosialisasi Kewirausahaan

Kamis, 2 Mei 2024 - 17:44 WIB

MUI Tanbu : Lestarikan 4 Hal di Luar Ramadhan

Kamis, 2 Mei 2024 - 11:04 WIB

Wakili Bupati Tanbu, Asisten I Hadiri Rakoornis TMMD 2024

Kamis, 2 Mei 2024 - 10:41 WIB

DPMD Tanbu Dorong Kembangkan Desa Wisata

Kamis, 25 April 2024 - 11:05 WIB

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e

Kamis, 25 April 2024 - 10:37 WIB

Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan

Kamis, 25 April 2024 - 10:23 WIB

Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Verifikator Lomba Bina Keluarga Balita Kunjungi Tanah Bumbu

Jumat, 3 Mei 2024 - 18:16 WIB

Tanah Bumbu

Dorong Buka Lapangan Kerja dengan Sosialisasi Kewirausahaan

Jumat, 3 Mei 2024 - 18:08 WIB