Abah Zairullah Anjurkan Camat dan Kepala Desa Bangun Komunikasi dengan Warga

Avatar photo

- Editor

Minggu, 13 Maret 2022 - 21:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Abah Zairullah menganjurkan pentingnya membangun Sumber Daya Manusia dan komunikasi dengan warga pada Musrenbang Kecamatan Teluk Kepayang. Minggu (13/3/2022).

Bupati Zairullah Azhar menyampaikan pentingnya membangun sumber daya manusia sebagai pondasi utama pembangunan. Diharapkan program SDM menjadi usulan utama dalam penyusunan program kerja dalam musrenbang tingkat kecamatan Teluk Kepayang.

“Sebelum yang lain diprogramkan maka yang pertama yang harus diusulkan adalah program SDM.” Kata Bupati Tanah Bumbu, Abah Zairullah Azhar, menyampaikan sambutan Musyarawah Perencanaan Daerah (Musrenbang) tingkat kecamatan Teluk Kepayang.

Pembangunan Tanah Bumbu tidak lagi hanya bersujud (bersih, syukur, jujur, damai) tetapi yang lebih jauh lagi, membawa Tanah Bumbu menjadi Serambi Madinah. Kota yang aman, damai, saling menyapa, dan memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Untuk mencapai itu semua, maka cara yang dapat ditempuh adalah membangun Sumber Daya Manusia sejak dini.

Sehingga Camat dan Kepala Desa Harus memperhatikan program SDM lebih dulu kemudian program lain.

Abah Zairullah mengungkapkan bahwa yang harus segera direncanakan adalah membangun SDM, entah nanti hasilnya 10 tahun atau 30 tahun yang akan datang, yang terpenting adalah semua anak-anak Tanah Bumbu harus mendapat gizi dan layanan kesehatan sejak ibu hamil mengandung bayinya, agar anak yang dilahirkan nanti menjadi anak yang cerdas, sehat, dan pintar.

Baca Juga :  Si Pedas Bikin Inflasi, Ayo Gerakkan Tanam Cabai

Kemudian pendidikan, Abah Zairullah berharap semua anak mendapatkan akses pendidikan, tidak boleh ada anak-anak di desa yang tidak merasakan pendidikan umum dan pendidikan agama. Mereka harus lebih pintar dari orang tuanya.

Abah Zairullah pun merasa bahagia bahwa saat ini murid-murid SD dan SMP sederajat sudah melakukan shalat dhuha, baca qur’an, zikir, di sekolah-sekolah setiap pagi.

Selanjutnya berkaitan dengan pelayanan terhadap masyarakat, Abah Zairullah mengingatkan bahwa jabatan yang diberikan merupakan amanah sebagai pelayan masyarakat. Oleh karena itu jabatan Camat dan Kepala Desa harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Disebutkan bahwa orang paling baik diantara mereka adalah orang yang paling banyak manfaatnya diantara mereka.

Oleh karena itu, Camat dan Kepala Desa sebagai orang yang memberikan banyak manfaat harus memperhatikan dan mengetahui kondisi warganya, bahkan jika perlu Camat atau Kepala Desa langsung mendatangi rumah-rumah warga untuk mengetahui lebih dekat kondisi warganya.

Baca Juga :  Bupati Tanbu Diskusikan Pembangunan Infrastruktur dengan Stafsus Wakil Presiden RI

Menurut Abah Zairullah Azhar, Camat atau Kepala Desa harus tahu persis berapa jumlah warganya yang belum bekerja, berapa yang sekolah, berapa yang tidak sekolah, berapa janda-janda tua, anak-anak yatim, orang tua jompo, berapa yang belum makan.

Abah mencontohkan kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz, khalifah Bani Umayyah pada saat itu setiap malam keliling melihat warganya, dari rumah ke rumah untuk mengetahui kondisi warganya atau adakah warga yang belum makan.

Abah Zairullah pun mengungkapkan keinginannya untuk melakukan kunjungan dari rumah ke rumah untuk mengetahui kondisi warga. tapi Abah Zairullah menyarakan agar Camat dan Kepala Desa lebih dulu menyiapkan data dan berkeliling untuk mengetahui kondisi warganya.

“Tapi kalau Camat, Kepala Desa, bergerak maka Insya Allah barokah.” Kata Abah Zairullah.

Mengingat tugas berat dan tanggung jawab Kepala Desa dan Ketua Rukun Tetangga (RT) maka Abah Zairullah pun berencana menaikkan gaji Kepala Desa dan Ketua RT.

Disamping Camat dan Kepala Desa memiliki tugas dan tanggung jawab, Abah Zairullah menganjurkan Camat dan Kepala Desa harus membangun komunikasi yang baik dengan warganya seperti orang tua dan anak. Ia pun mengajak semuanya meninggalkan masa lalu, dan bergotong royong membangun desa.

Baca Juga :  Pertumbuhan Ekonomi Tanbu Naik dari -1,6 ke Posisi 4,18 Persen

Oleh sebab itu, usulan-usulan yang belum masuk dalan perencanaan tetap harus dicatat, jika yang diusulkan belum dapat terealisasi maka perlu diusulkan kembali.

“Saya sedang berusaha agar kita punya dana untuk membangun daerah.” kata Abah Zairullah.

Musrembang di tingkat kecamatan Teluk Kepayang ini, Abah Zairullah mengarahkan Camat dan Kepala Desa agar selalu melakukan diskusi dengan warga tentang apa yang harus dibangun di desa. Apakah membangun pabrik, infrastruktur, atau apa pun agar usulan betul-betul dapat memberi manfaat yang besar.

Abah Zairullah berharap, dengan tanggung jawab yang dimiliki Camat dan Kepala Desa, warga masyarakat dapat menghormati, menghargai, pejabat Camat dan Kepala Desa karena amanah yang diembannya sebagai pelayan masyarakat.

Musrenbang dibuka oleh Abah Zairullah Azhar pada hari ini (minggu) mulai dari Kecamatan Mantewe, Kecamatan Karang Bintang, Kecamatan Teluk Kepayang, sampai Kecamatan Kusan Hulu. (MAS)

Berita Terkait

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru
Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK
Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an
Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh
Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045
Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00
Berita ini 10 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 25 April 2024 - 10:37 WIB

Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan

Kamis, 25 April 2024 - 10:23 WIB

Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru

Rabu, 24 April 2024 - 20:51 WIB

Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK

Rabu, 24 April 2024 - 18:47 WIB

Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an

Rabu, 24 April 2024 - 14:04 WIB

Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh

Selasa, 23 April 2024 - 17:00 WIB

Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045

Selasa, 23 April 2024 - 16:47 WIB

Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00

Senin, 22 April 2024 - 17:06 WIB

Dinkes Gelar Workshop untuk Tingkatkan Mutu Pelayanan Puskesmas

Berita Terbaru

Tanah Laut

Acil Odah Hadiri Peringatan Hari Kartini di Tala

Jumat, 26 Apr 2024 - 15:56 WIB

Tanah Laut

Sebanyak 55 Pengurus BKPRMI Tala Periode 2024-2028 Dilantik

Jumat, 26 Apr 2024 - 15:48 WIB

Daerah

Walikota Banjarbaru Ajak Nonton Bareng Indonesia U-23

Jumat, 26 Apr 2024 - 11:17 WIB

Tanah Laut

Syamsir Janji Umrohkan Para Juara

Jumat, 26 Apr 2024 - 11:04 WIB