BANJARMASIN, Goodnews.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin berhasil meraih predikat terbaik dalam tanggap aduan melalui aplikasi SP4N Lapor.
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika, menghadiri Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Diskominfo Kabupaten Kota Se-Kalimantan Selatan Tahun 2023 di Grand Dafam Q Hotel, Banjarbaru, Selasa (09/05/2023).
Adapun dalam kegiatan tersebut dilaksanakan Penyerahan Penghargaan Tindak lanjut Terbaik ‘Lapor’ Tahun 2022 dari Kabupaten Kota Se-Kalimantan Selatan.
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang diwakili diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina.
H Ibnu Sina mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan oleh Diskominfo Provinsi Kalimantan Selatan karena kota Banjarmasin berhasil meraih predikat terbaik dalam kategori cepat tanggap aduan SP4N LAPOR tahun 2022.
Ia menjelaskan, sejatinya program pengaduan sangatlah penting untuk ditindak lanjuti. Karena hal tersebut merupakan bagian dari upaya pelayanan publik dasar terhadap masyarakat yang mesti dijalankan.
“Sebab inilah sarana masyarakat untuk berkeluh kesah, curhat, menyampaikan kritik dan masukannya sehingga dapat kita tangkap semua ide-ide dan aspirasi mereka,” ujar H Ibnu Sina.
Terlebih diketahui sepanjang tahun 2022, ada sekitar 800 aspirasi masyarakat yang masuk melalui sistem pengaduan yang dikelola oleh admin SP4N LAPOR di lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.
“Termasuk juga terkait keterbukaan informasi, adanya laporan masyarakat kian dapat ditanggapi secara cepat, apalagi sesuai standar pengaduan itu kan maksimum 3 hari (kerja) kita tindaklanjuti,” sambungnya.
Dalam kesempatan itu juga Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Pemko Banjarmasin, Pemko Banjarbaru, serta Pemkab Banjar mengembangkan bidang telekomunikasi dan informasi untuk menunjang pelayanan Smart City. (f)