Zairullah: Saya Banyak Belajar dari Umar Bin Abdul Aziz

- Editor

Jumat, 8 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Bupati Tanah Bumbu, Anggota DPRD, Tim Percepatan Pembangunan, Kepala SKPD, dan masyarakat berbaur dalam acara buka puasa bersama di Desa purwodadi dan sholat tarawih di Desa Sumberbaru Kecamatan Angsana.

Sebagai Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar menyampaikan kepada jamaah masjid Baiturrahmah Desa Purwodadi bahwa ia banyak belajar memimpin dari khalifah Umar bin Abdul Aziz.

“Saya banyak belajar dari Umar bin Abdul Aziz, pemimpin 33 negara yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di atas 1000 persen. Apa yang dilakukan, beliau memohon kepada Allah, meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah, keliling ke desa-desa, melihat keadaan rakyatnya.” tuturnya.

kepemimpinan yang Umar bin Abdul Aziz memposisikan dirinya bukan sebagai khalifah yang minta dilayani secara berlebihan tetapi justru pemimpin itu yang melayani masyarakat.

Baca Juga :  4 Kades Jadi Tersangka, Dinas PMD: Kami Serahkan ke Penegak Hukum

Zairullah menyebutkan hadits nabi yang sering disampaikan dalam pertemuan-pertemuan bahwa al-imamu khadimul ummah, pemimpin itu adalah pelayan bagi masyarakat.

Oleh karena itu, sebagai orang yang dipilih sebagai Sekretaris Daerah, Kepala Dinas, Camat, dan Kepala Desa, harus menggunakan jabatannya sebagai pelayan ummat.

Pada acara buka puasa di masjid Baiturrahmah Desa Purwodadi, Bupati Zairullah Azhar juga menyampaikan makna motto Tanah Bumbu, Bersujud.

Ia sampaikan bahwa motto Bersujud merupakan roh pembangunan, dan sekarang lebih disempurnakan menjadi Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi madinah.

“Bersujud itu artinya Bersih, Syukur, Jujur, Damai. 4 hal yang sangat penting dalam kehidupan kita.” Kata Bupati Zairullah Azhar yang biasa dipanggil Abah.

Baca Juga :  Fraksi PKB Tanyakan Jaminan Air Irigasi Penuhi Kebutuhan Petani

Secara simbolis, ia menjelaskan bahwa Bersujud itu merupakan waktu yang sangat dekat dengan tuhan, esensinya adalah bagaimana selalu dekat dengan Allah dan memohon kepada Allah agar apa yang rencanakan oleh Tanah Bumbu dan masyarakat dapat tercapai.

Ia juga memaparkan bahwa Bersujud itu saat posisi kepala berada di bawah maka asupan gizi mengalir sampai ke saraf-saraf otak, orang yang sering bersujud akan mendorong seseorang menjadi lebih cerdas.

Sehingga harapannya adalah generasi-generasi Tanah Bumbu yang akan datang, kata Zairullah Azhar, bisa lebih pintar dan cerdas untuk memajukan Tanah Bumbu.

Baca Juga :  Sore ini, Tanah Bumbu Ulang Tahun ke-19

Mengenai kehadiran Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu di tengah-tengah masyarakat dalam bentuk kegiatan safari Ramadhan sebenarnya itu merupakan wujud komitmen rasa cinta dan kasih sayang Pemerintah Daerah Tanah Bumbu kepada masyarakat.

Sesuai dengan hadits nabi, irhamu man fil ardhi yarhamukum man fissama, artinya, sayangilah makhluk yang ada di bumi maka kamu akan disayangi makhluk yang ada di langit. Sehingga Zairullah Azhar menjelaskan bahwa kehadirannya karena benar-benar ada rasa cinta dan kasih sayang kepada masyarakat.

Selanjutnya berkaitan dengan jalan lingkungan Desa Purwodadi yang dilewati rombongan safari Ramadhan, Zairullah Azhar meminta do’a masyarakat mudah-mudahan tahun 2022 ini, jalan lingkungan Desa Purwodadi bisa segera diaspal. (MAS)

Berita Terkait

Verifikator Lomba Bina Keluarga Balita Kunjungi Tanah Bumbu
Dorong Buka Lapangan Kerja dengan Sosialisasi Kewirausahaan
BPBD Luncurkan Relawan Remaja Aman Bencana
MUI Tanbu : Lestarikan 4 Hal di Luar Ramadhan
Wakili Bupati Tanbu, Asisten I Hadiri Rakoornis TMMD 2024
DPMD Tanbu Dorong Kembangkan Desa Wisata
Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Berita ini 18 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 3 Mei 2024 - 18:16 WIB

Verifikator Lomba Bina Keluarga Balita Kunjungi Tanah Bumbu

Jumat, 3 Mei 2024 - 18:08 WIB

Dorong Buka Lapangan Kerja dengan Sosialisasi Kewirausahaan

Jumat, 3 Mei 2024 - 16:54 WIB

BPBD Luncurkan Relawan Remaja Aman Bencana

Kamis, 2 Mei 2024 - 17:44 WIB

MUI Tanbu : Lestarikan 4 Hal di Luar Ramadhan

Kamis, 2 Mei 2024 - 11:04 WIB

Wakili Bupati Tanbu, Asisten I Hadiri Rakoornis TMMD 2024

Kamis, 2 Mei 2024 - 10:41 WIB

DPMD Tanbu Dorong Kembangkan Desa Wisata

Kamis, 25 April 2024 - 11:05 WIB

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e

Kamis, 25 April 2024 - 10:37 WIB

Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan

Berita Terbaru

Kalsel

Muhidin Wakili Paman Birin: Bangga Terima WTP ke-11

Senin, 6 Mei 2024 - 21:24 WIB