Warna Hijau Kantor Bupati Tanah Bumbu Simbol Kesejahteraan

  • Home /
  • Artikel /
  • Warna Hijau Kantor Bupati Tanah Bumbu Simbol Kesejahteraan

Warna Hijau Kantor Bupati Tanah Bumbu Simbol Kesejahteraan

BATULICIN, Goodnews.co.id - Bupati dan Wakil Tanah Bumbu 2021-2024 telah dilantik 26 Februari 2021 di Kota Banjarmasin oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan. Diawal pemerintahan Zairullah-Rusli sudah nampak perubahan warna bangunan Kantor Bupati Tanah Bumbu.

Perubahan itu nampak saat memasuki kawasan Kantor Bupati Tanah Bumbu. Taman indah teratur, Lapangan bersih bercat hijau. Bangunan kantor berwarna hijau dan kubah berwarna kuning keemasan.

Perubahan warna dinding bangunan saja sudah terasa atmosfir bernuansa semangat membangun bumi bersujud menjadi serambi madinah.

Dulu kubah-kubah Kantor Bupati berwarna merah, bisa jadi warna itu merupakan ciri khas warna partai yang berkuasa pada saat itu. Kini berwarna hijau menghiasi bangunan dan halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu. perubahan warna dari merah ke warna hijau membawa suasana semangat baru dalam membangun daerah Tanah Bumbu.

Warna-warna yang meliputi Kantor Bupati Tanah Bumbu tidak serta merta hanya sebagai faktor penanda siapa yang berkuasa, tetapi warna membawa nilai dan inspirasi bagi pemimpin dan siapapun yang memandang.

Zairullah Azhar adalah Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalimantan Selatan, juga ayah dari ribuan anak-anak yatim, punya kepedulian terhadap agama dan pendidikan generasi muda, dia punya pesantren dan membina banyak guru-guru agama. Mudah memahami bahwa Zairullah Azhar adalah tokoh Kalimantan Selatan yang religius.

img-1614728135.jpg

Religius itu bisa dilihat dari pilihan warna Kantor Bupati Tanah Bumbu. Menurut Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Tanah Bumbu M. Risdianadi, S.Hut, MM, Bupati Zairullah memilih warna hijau karna warna hijau merupakan kesukaan rasulullah Sallahu alaihi wasallam sebagaimana Bupati Zairullah Azhar pernah menyampaikan dihadapan pegawai negeri sipil saat apel pagi di Kantor Bupati Tanah Bumbu. Selasa (2/3/2021).

Bupati Zairullah Azhar sangat cinta dengan sunnah-sunnah rasul, dia mengikuti apa yang disukai rasul. rasul suka warna hijau Zairullah pun suka warna hijau setelah putih.

Dikisahkan Ibnu Hajar dalam kitab Tanbih al-Akbar disebutkan "Pada hari raya kami disuruh memakai pakaian berwarna hijau karna warna hijau lebih utama. Adapun warna hijau lebih afdhal dari pada warna lainnya setelah putih."

Dalam hadits An-Nasa'i disebutkan "rasulullah pernah menemui kami dalam keadaan memakai dua pakaian (atas dan bawah) yang berwarna hijau."

Al-Qur'an surat Al-Kahfi ayat 31 juga menyebut keutamaan warna hijau. "Mereka itulah yang memperoleh surga 'Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya, dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah." Begitu utamanya warna hijau, hingga warna hijau menjadi simbol pakaian penduduk syurga.

Warna hijau dalam Al-Qur'an juga menjadi simbol penduduk yang sejahtera. Al-Qur'an Surah Ar-Rahman ayat 64 menyebutkan "kedua syurga itu nampak hijau tua warnanya." Hijau menunjukkan kesuburan atau kesejahteraan.

Hijau memiliki makna kesuburan, keberlimpahan, dan kesejahteraan hidup dan kesukaan rasulullah. Wajar bila seandainya nanti Tanah Bumbu punya warna hijau yang lebih dominan karna tujuan Bupati Zairullah Azhar dan Wakil Bupati Muhammad Rusli adalah mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat dan kesejahteraan Kabupaten Tanah Bumbu.

Beberapa agama dan kepercayaan punya keyakinan yang hampir sama bahwa warna hijau adalah warna yang berkaitan dengan simbol kebangkitan ummat. Mungkin juga ada kaitannya dengan warna Partai Kebangkitan Bangsa atau memang secara khusus, warna hijau adalah simbol kebangkitan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu. (MAS)

Komentar
  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar