Tiga Kementerian Dorong Desa Ekonomi Kreatif di Tanah Bumbu

- Editor

Jumat, 18 Juni 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tanah Bumbu – Bupati Bumbu HM. Zairullah Azhar menerima kunjungan kerja dari beberapa Kementerian Republik Indonesia (RI) di ruang kerjanya pada Kamis (17/06/2021) sore.

Adapun Kementerian tersebut yaitu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan juga Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI.

Tujuan kunjungan tersebut adalah melakukan survei terhadap desa yang akan menjadi proyek percontohan program pengembangan desa kreatif.

Adapun desa yang berhasil memenuhi kriteria yang akan dikembangkan menjadi desa ekonomi kreatif adalah desa Mustika di Kecamatan Kuranji dan juga Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana, kedua desa tersebut termasuk dalam kawasan Ring 1 PT BIB.

Perwakilan perusahaan PT BIB Dindin Makinunuddin, menyampaikan bahwa survei ini merupakan tindak lanjut program pengembangan desa kreatif yang sudah dipaparkan di depan Kemenparekraf beberapa waktu lalu, untuk dijadikan sebagai desa kreatif percontohan.

Baca Juga :  Pindah Partai, Forkopimda Tanbu Hadiri PAW dari Fraksi PDIP

“Desa Mustika dan Desa Sumber Baru kami promosikan di Kemenparekraf sebagai desa percontohan untuk ekonomi kreatif. Kabupaten Tanah Bumbu menjadi kabupaten pertama yang mendapat kunjungan dari Tim” kata Dindin.

Sementara itu, Direktur Akses Perbankan Kemenparekraf, Yuke Sri Rahayu menyatakan bahwa 2 desa yang sudah ditunjuk adalah desa yang layak untuk dijadikan desa kreatif percontohan.

“Suatu saat nanti kekayaan alam seperti batu bara dan minyak bumi akan habis, untuk itu sejak dini kami meluncurkan program desa kreatif sebagai penyanggah perekonomian di dalam masyarakat pedesaan. Tentu diharapkan kepada seluruh stakeholder mampu melakukan kerja sama baik itu pemerintah dan swasta dalam pengembangan desa kreatif tersebut,” ujarnya.

Baca Juga :  Antisipasi Kabut Asap Karhutla, Pemkab Tanbu Gelar Apel Siaga Bencana

Kemudian Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar dalam sambutannya sangat bersyukur dan menyambut baik kunjungan dari beberapa Kementerian tersebut.

“Tentu kami sangat bersyukur, desa itu ditetapkan sebagai desa kreatif oleh Kemenparekraf. Diharapkan ini mampu menjadi motivasi kepada semua desa yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu untuk lebih giat dalam melakukan inovasi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa,” sebut Zairullah.

Mewakili seluruh masyarakat, Zairullah juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak Kementerian yang telah melakukan survei, serta kepada perusahaan yang senantiasa membina desa kreatif tersebut. (MAS)

Berita Terkait

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan
Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio
Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah
Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik
Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh
Peringati 10 Muharram, Zairullah Bagikan Hadiah Bagi Anak Yatim
Bupati Tanbu Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Kalsel
Pembukaan Porkepsek, Bupati Tanbu Harap Atlet Junjung Sportivitas
Berita ini 13 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 14:54 WIB

Zairullah Harap HKG Jadi Momentum Wujudkan Keberhasilan Pembangunan

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:52 WIB

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:45 WIB

Sekda Tanbu Sebut Porkepsek Sebagai Wadah Silatutahmi Antar Kepala Sekolah

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:42 WIB

Susun RPPLH, Dinas LH Gelar Konsultasi Publik

Kamis, 18 Juli 2024 - 11:10 WIB

Jaga Keamanan, Bakesbangpol Tanbu Kunjungi Para Tokoh

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

Punya RisikoTinggi, Dinkes Tanbu Gelar PIN Polio

Jumat, 19 Jul 2024 - 10:52 WIB