Sulaiman Umar Siddiq Sosialiasi 4 Pilar di Kuranji

  • Home /
  • Artikel /
  • Sulaiman Umar Siddiq Sosialiasi 4 Pilar di Kuranji

Sulaiman Umar Siddiq Sosialiasi 4 Pilar di Kuranji

BATULICIN, Goodnews.co.id - Anggota MPR RI Sulaiman Umar Siddiq melakukan sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Kecamatan Kuranji Kabupaten Tanah Bumbu. Jum'at (19/3/2021).

Sulaiman Umar Siddiq adalah anggota DPR RI yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalsel II  meliputi Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Tanah Laut, Kota banjarmasin, Kota Banjarbaru. Acara penyampaian 4 pilar Kebangsaan MPR RI dihadiri Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Dr. H. Ambo Sakka, M.Pd, Camat Kuranji, para Kepala Desa.

img-1616204285.jpg

Bagi Sulaiman Umar Siddiq, memilih kecamatan Kuranji untuk melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan punya kesan tersendiri. Dulu saat dirinya mencalon sebagai anggota DPR RI, dia mendapat sambutan yang luar biasa, seolah-olah yang datang adalah seorang Bupati.

"Saya disambut bak seorang Bupati padahal saat itu saya hanya Ketua KNPI" ucapnya.

Sambutan warga Kuranji dan anggota DPRD almarhum Iwan Sulaiman sangat luar biasa tahun 2018 lalu.

Penyampaian sosialisasi 4 pilar kebangsaan, Sulaiman Umar Siddiq menyebut Pancasila, Undang-undang Dasar 1945,  Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Empat pilar tersebut berkaitan kehidupan masyarakat paling bawah sampai paling atas dalam bernegara baik aspek ekonomi, politik, budaya, dan sosial.

img-1616204310.jpg

Menurut Sulaiman Umar, pancasila berasal dari kata sansekerta, panca adalah 5 dan sila adalah prinsip. Pancasila merupakan 5 prinsip atau pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pilar ke kedua adalah UUD 1945 sebagai dasar hukum tertulis konstitusi pemerintahan negara republik Indonesia. Pada kurun waktu tahun 1999-2002, UUD 1945 mengalami 4 kali perubahan (amandemen), mengubah susunan lembaga-lembaga dalam sistem ketatanegaraan Republik Indonesia.

Pilar ke tiga adalah Bhinneka Tunggal Ika sebagai motto atau semboyan Indonesia. Frasa Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno dan seringkali diterjemahkan dengan kalimat berbeda-beda tetapi tetap satu. Bhinneka Tunggal Ika sejatinya adalah cerminan negara Indonesia, baik dari jumlah suku-suku hingga geografis yang terdiri dari puluhan ribu pulau-pulau. Semua itu bisa dipersatukan tanpa timbul perpecahan karena meyakini Bhinneka Tunggal Ika bukan sebagai penghalang kebersamaan tetapi kekuatan untuk mencapai kemajuan dalam kemajemukan.

Pilar terakhir adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Republik Negara Indonesia merupakan negara kepulauan, walaupun terdiri dari banyak pulau tetapi tetap merupakan kesatuan dalam sebuah negara dan bangsa Indonesia.

Sulaiman Umar Siddiq menyampaikan meski wabah covid 19 masih menyelimuti, dia tetap menyampaikan sosialisasi 4 pilar kebangsaan sebagai wujud tanggung jawab politik terhadap konstituen Dapil Kalsel II.

Walaupun tugas DPR RI sebagai legislatif, pengawasan, penganggaran, Sulaiman Umar Siddiq juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat, hadir secara fisik di lapangan dengan memberikan bantuan-bantuan secara langsung.

Bantuan yang pernah disalurkan pada Dapil Kalsel II diantaranya pembagian lampu Penerang Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya tahun 2020 dan pada tahun 2021 kembali membagikan PJU di Kuranji, bantuan paket mesin bagi nelayan dan peralatan konversi BBM ke BBG, bantuan beasiswa bagi mahasiswa menyelesaikan tugas akhir atau skripsi, dan bantuan sumur bor.

Saat ini Sulaiman Umar Siddiq  terus mendorong stakeholder agar Vaksin Nusantara buatan Indonesia yang dia inisiasi bersama anggota DPR RI Komisi VII dapat dipakai secara resmi dan menutupi kekurangan vaksin di Indonesia. (MAS)

Komentar
  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar