Sekdaprov Kalsel: Pelantikan Bupati Terpilih 26 Februari 2021 di Banjarmasin

  • Home /
  • Artikel /
  • Sekdaprov Kalsel: Pelantikan Bupati Terpilih 26 Februari 2021 di Banjarmasin

Sekdaprov Kalsel: Pelantikan Bupati Terpilih 26 Februari 2021 di Banjarmasin

BATULICIN, goodnews.co.id - Pelantikan lima pasang bupati dan wakil bupati terpilih Kalimantan Selatan hasil pilkada 9 Desember 2020 kembali berubah, awalnya pelantikan akan dilakukan di kabupaten kota masing-masing kemudian berubah tempat di gedung Mahligai Pancasila Kota Banjarmasin.

Sebelumnya, rapat panitia pelantikan Kabupaten Tanah Bumbu dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah membahas waktu, tempat, dan prosesi pelantikan. Pada saat itu pelantikan akan dilaksanakan di wilayah kabupaten kota masing-masing dan akan dilantik secara virtual oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Dr. Drs. Safrizal, M.Si yang berada gedung Mahligai Pancasila Kota Banjarmasin.

Namun hasil rapat panitia tersebut berubah tempat pelantikan, acara pelantikan bergeser ke Kota Banjarmasin. Kepala Dinas Kominfo Tanah Bumbu Ardiansyah, S.Sos saat dihubungi goodnews.co.id, menyatakan bahwa memang betul tempat pelantikan berubah. Semula pelantikan di kabupaten kota masing-masing, berubah menjadi pelantikan dilaksanakan di gedung Mahligai Pancasila Kota Banjarmasin.

"Tempat pelantikan berubah, pelantikan akan dilaksanakan di Banjarmasin sementara tanggal pelantikan tidak berubah." Jelasnya.

Walaupun demikian pelantikan dapat disaksikan di ruang DLR lantai IV Kantor Bupati Tanah Bumbu atau melalui akun facebook, instagram, dan youtobe secara live.

Hingga kini pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu dibawah pimpinan Plh. Dr. H. Ambo Sakka, M.Pd tetap mempersiapkan penyambutan mulai dari perubahan warna cet kantor bupati, ruang bupati dan wakil bupati, menata taman dan lingkungan kantor walaupun tempat pelantikan bergeser.

Setelah ditelusuri, terjadinya perubahan tempat pelantikan disebabkan diterimanya usulan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan oleh Menteri Dalam Negeri untuk melaksanakan pelantikan dilakukan dalam satu tempat di Kota Banjarmasin. usulan itu disetujui oleh Mendagri dengan syarat memenuhi protokoler kesehatan, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar memberikan keterangan terhadap pelaksaan pelantikan dan perubahan tempat pelantikan terhadap 5 bupati dan wakil bupati terpilih hasil pilkada 9 Desember 2020.

"Pelantikan tanggal 26 Februari 2021 hari jum'at ini, dimulai sekitar pukul 09.00 pagi. Rencananya akan dilakukan secara langsung." Kata Roy.

"Awalnya acara pelantikan akan dilaksanakan secara virtual sesuai telegram dari Mendagri tapi tadi hasil rapat dengan Mendagri bahwa kalau ingin melaksanakan secara langsung pertama harus memenuhi protokol kesehatan kemudian peserta yang hadir dibatasi 25 orang atau sesuai kapasitas ruangan yang akan digunakan." Lanjut Roy.

Roy juga mempertegas bahwa yang akan melantik bupati dan wakil bupati terpilih adalah Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal.

"Ya, pelantikan oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan." Kata Plt. Sekdaprov Kalsel yang pernah menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tanah Bumbu.

Kelima Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang akan dilantik Penjabat Gubernur adalah Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, Kabupaten Balangan.

Sementara pilkada yang masih berperkara di Mahkamah Konstitusi menunggu keputusan akhir dari Mahkamah Konstitusi tersebut.

"Untuk pilkada yang masih bermasalah masih menunggu keputusan dari MK."

"Yang jelas adalah pelantikan jum'at 26 Februari 2021 adalah yang tidak bermasalah atau berperkara di Mahkamah Konstitusi" ucap Roy.

Terkait kabupaten kota yang belum ada kejelasan penunjukan Pelaksana Tugas (Plt), Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah mengajukan usulan ke Mendagri.

"Untuk Kabupaten Kotabaru dan Kota Banjarmasin masih diusulkan untuk Penjabat Bupati dan walikota dari esolon II provinsi, kita sudah surati ke Mendagri, mudah-mudahan dalam waktu dekat ada persetujuan Penjabat bupati atau wali kota." Kata Plt Sekda Provinsi Kalsel ini.

Pada pelantikan Jum'at 26 Februari 2021, Penjabat Bupati Kotabaru dan Kota Banjarmasin belum dapat disertakan karna belum ada persetujuan dari Mendagri.

img-1614213327.jpg

Pelantikan ini akan melantik mantan anggota DPR RI, dr. HM. Zairullah Azhar M.Sc yang berhasil memenangkan pilkada Kabupaten Tanah Bumbu 9 Desember 2020. Zairullah Azhar berhasil mengalahkan jumlah suara Syafruddin H. Maming mantan anggota DPR RI periode 2019-2024 juga saudara Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Mardani H. Maming. (MAS)

Komentar
  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar