Pelatihan Otomotif Usai, Harap Narapidana Mandiri Dan Tidak Mengulangi Perbuatannya

  • Home /
  • Artikel /
  • Pelatihan Otomotif Usai, Harap Narapidana Mandiri Dan Tidak Mengulangi Perbuatannya

Pelatihan Otomotif Usai, Harap Narapidana Mandiri Dan Tidak Mengulangi Perbuatannya

BATULICIN, Goodnews.co.id - Balai Latihan Kerja Tanah Bumbu bekerjasama dengan Balai Pemasyarakatan Kelas II Batulicin memberikan pelatihan otomotif roda 2 bagi warga binaan pemasyarakatan sebanyak 20 orang. Selasa (23/3/2021).

Kehadiran Balai Latihan Kerja (BLK) telah didesain sebagai tempat diselenggarakan pelatihan kerja bagi peserta sehingga mampu dan menguasai tingkat kompetensi kerja tertentu yang ingin dicapai, BLK mengantarkan peserta pelatihan siap berkompetisi memasuki pasar kerja. Tidak kalah pentingnya BLK juga menjadi tempat meningkatkan produktifitas kerja untuk mendapatkan kesejahteraan yang lebih mapan.

Berdasarkan Visi Bupati Zairullah Azhar dan Wakil Bupati Muhammad Rusli, Tanah Bumbu Maju, Unggul, Mandiri, Religius, Demokratis. BLK Tanah Bumbu terus menggalakkan kegiatan peningkatkan sumber daya manusia, salah satunya adalah bekerjasama dengan Balai Pemasyarakatan Kelas II Batulicin memberikan pelatihan bagi warga binaan.

Pelatihan peningkatan sumber daya manusia tersebut berupa pelatihan otomotif roda dua, kegiatan ini berlangsung selama 10 hari dengan mendatangkan instruktur profesional dari Balai Latihan Tanah Bumbu.

Pada acara penutupan Pelatihan Kemandirian Tahun 2021 Balai Pemasyarakatan Kelas II Batulicin Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia RI Kantor Wilayah Kalimantan Selatan, Syaikul Ansari menyampaikan harapan agar hasil dari pelatihan otomotif roda dua memberikan skill yang dapat digunakan untuk kebutuhan sendiri ataupun digunakan untuk membuka usaha mandiri ketika para narapidana bebas.

"Kita berharap pelatihan ini membawa berkah, para binaan warga Balai Pemasyarakatan Kelas II Batulicin bisa mendapatkan keterampilan bengkel roda dua atau membuka lapangan kerja baru setelah bebas" kata Syaikul Ansari Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertranskopum Kabupaten Tanah Bumbu dan Plt. Kepala BLK Tanah Bumbu.

Harapan lainnya adalah dengan skill yang diberikan dapat memberikan perubahan dalam penghidupan sehingga tidak tergoda kembali melakukan hal-hal yang dianggap melakukan perbuatan melawan hukum.

Kepala Sub Seksi Bimbingan Klien Dewasa (Kasubsi BKD) Bapas Klas II Batulicin Rachmat Arief Wicaksono memberikan nasehat agar warga binaan dapat menjadi insan yang berguna dan tidak mengulangi perbuatan yang dapat menimbulkan pidana lagi.

"Semoga warga binaan Balai Pemasyarakatan kelas II Batulicin bisa menjadi insan yang berguna untuk bisa menjadi warga masyarakat yang baik sebab telah mendapatkan pendidikan pelatihan otomotif dan supaya tidak mengulangi perbuatannya lagi" tuturnya.

Saat ini warga binaan Balai Pemasyarakatan banyak tersandung kasus pidana umum. Seperti penipuan, pemerasan, pencurian, perjudian.

Balai Pemasyarakatan biasa disingkat menjadi Bapas adalah pranata untuk melaksanakan bimbingan klien pemasyarakatan. 

Bimbingan Balai Pemasyarakatan diberikan terhadap terpidana bersyarat, Narapidana, Anak Pidana, dan Anak Negara yang mendapat pembebasan bersyarat atau cut menjelang bebas, Anak Negara yang berdasarkan putusan pengadilan. (MAS)

Komentar
  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar