Pelatihan Bertujuan Meningkatkan Kapasitas Usaha Jasa Kontruksi

  • Home /
  • Artikel /
  • Pelatihan Bertujuan Meningkatkan Kapasitas Usaha Jasa Kontruksi

Pelatihan Bertujuan Meningkatkan Kapasitas Usaha Jasa Kontruksi

BATULICIN, Goodnews.co.id – Peningkatan kualitas penyedia jasa kontruksi wilayah Tanah Bumbu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin mengadakan Bimbingan Teknis Ahli Manajemen Konstruksi, bertempat di Kantor Bupati Kabupaten Tanah Bumbu tanggal 8-10 Maret 2021.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga, hari tanggal 8 sampai 10 Maret 2021, untuk memberikan pemahaman manajemen kontruksi bagi pelaku usaha kontruksi di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

img-1615352258.jpg

Panitia acara Normilayani mengungkapkan bahwa yang hadir dalam pelatihan ini adalah anggota asosiasi badan usaha yang bergerak di bidang jasa kontruksi, asosiasi profesi, dan persatuan insinyur Indonesia cabang Tanah Bumbu yang berjumlah 40 peserta.

Plt. Sekretaris PUPR Tanah Bumbu Subhan berharap peserta Bimbingan Teknis Ahli Manajemen Konstruksi dapat memahami Ilmu Manajemen Konstruksi, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Konstruksi, Sistem Manajemen Lingkungan Proyek, Sistem Manajemen Resiko Proyek, Sistem Manajemen Lingkup Proyek, Sistem Manajemen Sumberdaya Manusia, Sistem Manajemen Waktu Proyek dan Sistem Manajemen Mutu Proyek.

Kegiatan ini disambut baik Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, dalam sambutan yang dibacakan oleh Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Rahmat, menyatakan pelaksanaan pelatihan Bimbingan Teknis Ahli Manajemen Konstruksi adalah mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 02 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Tujuan dari Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Kontruksi adalah meningkatkan kemampuan dan kapasitas usaha jasa kontruksi. juga meningkatkan iklim usaha yang kondusif, persaingan usaha yang sehat, serta kesetaraan hak dan kewajiban antara pengguna dan penyedia jasa kontruksi.

Pada Pasal 12 Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 disebutkan jenis usaha jasa kontruksi meliputi usaha jasa konsultasi kontruksi, usaha pekerjaan kontruksi, usaha pekerjaan kontruksi terintegrasi.

H Rahmat menerangkan bahwa esensi dari jasa kontruksi adalah pembangunan infrastruktur yang tepat guna dan tepat sasaran.

“Disinilah sangat penting peran Manajemen Konstruksi, dimana manajemen merupakan modal bisnis yang dilakukan oleh konsultan konstruksi dalam memberikan layanan teknis konstruksi dan bantuan dalam sebuah proyek pembangunan, dimana pemberian konsultasi dan bantuan ini akan sangat berguna bagi proses pembangunan infrastruktur di lapangan nantinya,” terangnya.

Keahlian dari manajemen kontruksi akan menghasilkan kualitas dalam proses kontruksi yang efektif dan efesien serta menghindari kelalaian mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan proyek selesai.

Pegawai senior ASN di lingkungan Kantor Bupati Tanah Bumbu H. Rahmat, sangat berharap pembangunan infrastruktur di Tanah Bumbu memenuhi standar dan kriteria sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. (MAS)

Komentar
  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar