Hari Kesehatan Nasional, Zairullah Berhasil Bangun Kebersamaan Hadapi Covid-19

0
64

TANAH BUMBU – kepemimpin Bupati Zairullah Azhar berhasil membangun kebersamaan dengan Forkopimda, SKPD, Camat, Kades, menghadapi Covid-19 sehingga mampu menekan PPKM ke level 1. Senin, (15/11/2021).

Pada acara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) di halaman kantor Dinas Kesehatan Tanah Bumbu yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu Agoes Rakhmady, Zairullah berterima kasih kepada tenaga kesehatan sampai kepada tingkat desa, Dandim, Polres, Kejaksaan, dan seluruh jajaran SKPD atas kerjasama yang dijalin, sehingga sampai hari ini Kabupaten Tanah Bumbu menempati urutan pertama dalam penanganan Covid-19 di Kalimantan Selatan.

“Hari ini kita berhadapan dengan ujian Allah yakni pandemi Covid-19, tapi ternyata Tanah Bumbu telah mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menangani masalah Covid ini, bahkan menjadi yang terbaik di Kalimantan Selatan.” kata Zairullah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, petugas-petugas di puskesmas, kepala desa sampai ke ketua RT yang bergerak dan berjuang bersama-sama menangani Covid-19.” Tambahnya.

Oleh karena itu, kata Zairullah, tenaga kesehatan perlu diberikan apresiasi yang luar biasa. Meski dibalik kesuksesan dalam pelayanan itu, terdapat partisipasi seluruh SKPD yang turun ke desa-desa memonitoring kegiatan vaksinasi. Polri, TNI, Kejaksaan, terlibat dalam upaya penanganan Covid-19. Sehingga berhasil menekan PPKM sampai ke level 1 dan terbaik di Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan itu, Bupati Zairullah juga menyampaikan 4 strategi pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu yaitu membangun sumberdaya manusia, ekonomi, infrastruktur, dan penguatan pemerintah.

Berkaitan dengan membangun sumber daya manusia, pemerintah daerah telah melakukan intervensi sejak bayi masih dalam kandungan dengan bentuk kegiatan posyandu.

“Bicara soal SDM, kita sedang berjuang melakukan intervensi mulai sejak kandungan, balita, dewasa, tua. Sehingga gerakan yang kita lakukan melalui imunisasi pandemi ini hanyalah bagian kecil dari sekian banyak strategi yang kita laksanakan.” Ucapnya.

Baca Juga :  Capaian DPRD Tanbu Sepanjang 2021

Hari Kesehatan Nasional yang ke 57 tahun 2021, mengusung elemen, kerjasama, tumbuh, herd immunity, sehat dan bebas, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, dengan tema “sehat negeriku tumbuh Indonesiaku.” Menyikapi hal tersebut berkaitan dengan ‘tumbuh,’ Zairullah akan menjadikan Pagatan sebagai pusat wisata religius, dengan menata jalan dan pantai siring yang berada di Desa Sungai Lembu Kecamatan Kusan Hilir.

desain rencana pembangunan pantai bersujud Tanah Bumbu

“Insya Allah akan menjadi harapan atau tumpuan kehadiran pengunjung dari Kalimatan Selatan di Pagatan. Dananya cukup besar sekitar 150 milyar. Insya Allah wajah Pagatan akan sangat menarik.” Ungkapnya.

Selanjutnya adalah pembangunan bendungan kusan dan power plant. Dari pengelolaan airnya akan memberikan manfaat mengairi sawah dan pertanian masyarakat, dan menghasilkan daya listrik sebesar 4,1 megawatt (MW). Listrik ini akan digunakan oleh masyakarat Tanah Bumbu dan berkontribusi dalam pembangunan ibukota baru Indonesia di Kalimantan Timur. (MAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here