Guru Hidayatullah: Saling Berkasih Sayanglah Kamu Maka Penduduk Langit Akan Mengasihimu

Avatar photo

- Editor

Kamis, 6 Januari 2022 - 08:06 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Seandainya tidak ada rasa kasih sayang Nabi Muhammad Saw maka sungguh malaikat Jibril telah memindahkan gunung dan menimpakan kepada penduduk kota Thaif.

Pada pembahasan tausiah Guru Hidayatullah ba’da sholat dhuha di Kantor Bupati Tanah Bumbu Jalan Dharma Praja Kelurahan Gunung Tinggi, ia menyampaikan beberapa pesan terkait perilaku kasih sayang terhadap kaum muslimin dan sesama umat manusia. Rabu, (5/1/2022).

Kemudian dalam Qur’an Surah at-Taubah ayat 128 disebutkan, “Sungguh telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat rasa olehnya penderitaan yang kamu alami, dia sangat menginginkan keimanan dan keselamatan bagimu, dia penyantun dan penyayang terhadap orang-orang beriman.”

Pernah suatu hari, sebelum Nabi dan para sahabat hijrah ke kota Madinah. Rasul mencoba hijrah ke kota Thaif dengan harapan dakwahnya diterima oleh masyarakat di sana karna masih ada hubungan kekerabatan dengan nabi. Berangkatlah nabi bersama anak angkatnya Zaid bin Harisah ke Habasah atau Ethopia.

Sesampainya di kota Thaif, nabi ternyata tidak mendapatkan sambutan baik, malah disambut dengan lemparan batu dan ejekan sebagai orang gila dari masyarakat Thaif. Said yang sejak awal mengikuti nabi, melindungi nabi dengan tubuhnya hingga berlumuran darah akibat lemparan batu penduduk Thaif. Nabi sendiri terluka parah, utamanya pada bagian tumit Rasulullah. Nabi pun menjauh dari kota Thaif untuk menghindari lemparan dan hujatan yang lebih dahsyat lagi. Maka datanglah malaikat Jibril menawarkan bantuan kepada Nabi Muhammad.

Baca Juga :  Serahkan SK, Zairullah Azhar Motivasi CPNS

“Wahai Muhammad, hari ini aku diutus untuk menerima apa pun yang engkau minta, hari ini orang-orang Thaif telah melemparimu dengan batu dan menyebutmu sebagai orang gila. Apakah engkau mau aku cabut gunung itu dan ku lemparkan kepada penduduk kota Thaif.”

Nabi tidak mengiyakan bantuan malaikat Jibril tetapi justru mendoakan penduduk kota Thaif, agar Allah memberikan petunjuk kepada penduduk kota Thaif, karena sesungguhnya Penduduk kota Thaif tidak mengetahui bahwa dirinya adalah utusan Allah.

Malaikat Jibril pun memuji akhlak nabi dan berkata, Maha benar zat Allah yang telah memberikan Rasulullah gelar ar-Rahim, orang yang memiliki penuh kasih sayang kepada orang lain.

Guru Hidayatullah pun menceritakan dalil hadits yang sering disampaikan oleh Bupati Zairullah Azhar, yaitu irhamu man fil ardhi, yarhamukum man fissama (sayangilah siapa pun yang ada di bumi maka zat atau penduduk langit pun akan menyayangimu). Bagi siapa pun yang tidak memiliki rasa kasih sayang maka tidak dikasihi oleh Allah dan para malaikatnya. Kebaikan-kebaikan rasa kasih sayang mendapatkan balasan langsung dari Allah ta’ala.

Baca Juga :  Dana 1 Miliar Perbaikan Fasilitas Makam Habib Mancung

Pada riwayat lain yang mengisahkan tentang akhlak Nabi Muhammad Saw memiliki sifat lemah lembut dan kasih sayang kepada siapa pun. Yaitu, ketika Nabi Muhammad sedang duduk-duduk bersama sahabat tiba-tiba datang seorang pendeta Yahudi bernama Zaid bin Sa’nah masuk menerobos barisan sahabat-sahabat nabi dan menarik kerah baju Rasullullah dan berkata dengan keras.

“Bayar utangmu, wahai Muhammad, sesungguhnya turunan Bani Hasyim adalah orang-orang yang selalu mengulur-ulur pembayaran utang!,” kata pendeta Yahudi.

Umar bin Khattab melihat kejadian itu, langsung berdiri dan menghunus pedang, dan berkata kepada Muhammad Rasulullah.

“Wahai Rasulullah izinkan aku menebas lehernya,” kata Umar.

Tapi Rasulullah mengatakan kepada Umar bahwa bukan perilaku seperti itu dirinya diutus oleh Allah, Rasulullah menyarankan kepada orang Yahudi tersebut agar menagih dengan cara yang sopan dan meminta dirinya ditagih dengan cara yang baik pula. Tiba-tiba saja pendeta Yahudi itu berkata.

Baca Juga :  Zairullah Azhar Harap Puskesmas Darul Azhar Semakin Tingkatkan Mutu Pelayanan

“Demi Allah yang telah mengutusmu dengan hak, aku datang kepadamu bukan untuk menagih utang. Aku datang sengaja untuk menguji akhlakmu. Aku telah membaca sifat-sifatmu dalam kitab Taurat. Semua sifat itu telah terbukti dalam dirimu, kecuali satu yang belum aku coba, yaitu sifat lembutmu ketika kamu marah. Dan aku baru membuktikannya sekarang.”

Itulah kemuliaan Akhlak Rasulullah, sang teladan yang telah pendapat pujian dari Allah sebagai nabi dengan akhlak yang berada di atas semua akhlak yang agung, disebutkan dalam Qur’an surah al-Qalam ayat 3.

Pada akhir tausiah, Guru Hidayatullah berharap semoga Allah memberikan kepada jamaah rasa saling mengasihi, saling menghormati, saling menghargai. Ada rasa cinta sehingga terjadi keharmonisan diantara jamaah. Masyarakat cinta kepada pemimpin dan pemimpin cinta pada masyarakat, cinta kepada bawahannya sehingga terjadi kinerja yang lebih baik dan unggul, serta mendapatkan keridhaan Allah Swt. (MAS)

Berita Terkait

Sambut Artis dan Tamu Mappanre ri Tasi’e, Dishub Sediakan Pengamanan Khusus
Pemasangan Tenda Expo Mappanre Ritasie di Pantai Pagatan
Wakil Bupati Silaturahmi Bangun Kebersamaan di Desa Pandan Sari
Tanah Bumbu Siapkan Pesta Mappanre Ritasie
Zairullah Azhar Open House di Istana Anak Yatim
Wakil Bupati Tanbu Open House di Mawar Sharon
Zairullah Azhar Kenalkan Acil Odah: Kandidat Gubernur Kalsel
HUT ke-21 Tanbu, Bupati Zairullah Andalkan Program SDSM dan Gerakan Cuci Kaki Ibu
Berita ini 91 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 17 April 2024 - 12:26 WIB

Sambut Artis dan Tamu Mappanre ri Tasi’e, Dishub Sediakan Pengamanan Khusus

Senin, 15 April 2024 - 11:46 WIB

Pemasangan Tenda Expo Mappanre Ritasie di Pantai Pagatan

Senin, 15 April 2024 - 11:34 WIB

Wakil Bupati Silaturahmi Bangun Kebersamaan di Desa Pandan Sari

Senin, 15 April 2024 - 11:08 WIB

Zairullah Azhar Open House di Istana Anak Yatim

Sabtu, 13 April 2024 - 11:47 WIB

Wakil Bupati Tanbu Open House di Mawar Sharon

Selasa, 9 April 2024 - 09:34 WIB

Zairullah Azhar Kenalkan Acil Odah: Kandidat Gubernur Kalsel

Senin, 8 April 2024 - 22:46 WIB

HUT ke-21 Tanbu, Bupati Zairullah Andalkan Program SDSM dan Gerakan Cuci Kaki Ibu

Senin, 8 April 2024 - 10:06 WIB

Dinas Sosial Tanbu Bantu Korban Kebakaran di Desa Kersik Putih

Berita Terbaru

Kotabaru

Hari ke-2 Lebaran, Kunjungan Objek Wisata Kotabaru Meningkat

Senin, 15 Apr 2024 - 16:09 WIB

Tanah Bumbu

Pemasangan Tenda Expo Mappanre Ritasie di Pantai Pagatan

Senin, 15 Apr 2024 - 11:46 WIB

Tanah Bumbu

Wakil Bupati Silaturahmi Bangun Kebersamaan di Desa Pandan Sari

Senin, 15 Apr 2024 - 11:34 WIB