Bupati Tanbu Diskusikan Pembangunan Infrastruktur dengan Stafsus Wakil Presiden RI

0
24

TANAH BUMBU – Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menyambut kedatangan Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI Julian di ruang rapat Kantor Bupati Tanah Bumbu membincangkan rencana strategis pembangunan daerah hingga 2024. Senin, (3/8/2021).

Kehadiran Julian di Tanah Bumbu hanya bersilaturahmi meski demikian Julian bersedia diajak berdiskusi tentang rencana pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu.

Terdapat beberapa proyek yang menjadi proyek strategis dalam membangun infrastruktur, diantaranya pembangunan Bendungan Kusan yang diharapkan dapat menjadi penunjang perairan bagi petani di sekitar bendungan, Bendungan Kusan ini tidak hanya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pertanian masyarakat tapi lebih dari itu dapat menjadi lumbung energi listrik yang dapat disuplay ke ibu kota Indonesia yang baru di Kalimantan Timur.

Zairullah menyampaikan bahwa pembangunan bendungan ini membutuhkan dana yang tidak sedikit, tanpa perencanaan yang baik maka hal ini tidak akan terwujud.

Menurut Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI Julian bahwa awalnya kehadirannya di Tanah Bumbu hanya untuk bersilaturahmi. Tapi Julian memahami bahwa Tanah Bumbu butuh informasi berkaitan dengan pembangunan, utamanya yang selaras dengan perencanaan program pusat dan daerah yang perlu disinergikan.

Pada kesempatan itu, Julian juga berkesempatan menyampaikan program yang sudah lama menjadi perhatian Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin. Yaitu pengembangan ekonomi desa yang bisa disebut Desa Wisata (Dewi) dan Desa Digital (Dedi) yang mengedepankan penguatan ekonomi mikro di desa-desa.

“Desa wisata akan menjadikan jembatan guna mengenalkan potensi wisata di desa. itu berpotensi memberikan kesejahteraan masyarakat dengan peluang usaha dan kerja melalui Desa Wisata untuk menunjang itu daerah sudah harus mempersiapkan pengembangan infrastrukturnya diantaranya transportasi menuju lokasi desa wisata serta desk informasi wisata,” jelas Julian.

Baca Juga :  Dahsyat, Pabrik Biodiesel Haji Isam Diresmikan Presiden Jokowi

Disebutkannya bahwa saat ini banyak wisatawan lokal suka mencari objek wisata yang memiliki keunikan yang berbeda dengan daerah lain. Kedatangan wisatawan ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan warga setempat.

Meski kehadiran Julian di Tanah Bumbu hanya berlangsung singkat, tapi pemerintah kabupaten berharap dapat terus menjalin hubungan, utamanya membantu daerah dalam membangun infrastruktur. (MAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here