BLK Tanbu Tingkatkan Daya Saing Pekerja Melalui Pelatihan

  • Home /
  • Artikel /
  • BLK Tanbu Tingkatkan Daya Saing Pekerja Melalui Pelatihan

BLK Tanbu Tingkatkan Daya Saing Pekerja Melalui Pelatihan

BATULICIN, Goodnews.co.id – Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan pelatihan pembuatan roti, kue, dan pelatihan instalasi listrik bangunan sederhana berbasis kompetensi dengan jumlah 32 peserta.

Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskopum) Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan pelatihan berbasis kompetensi untuk meningkatkan sumber daya manusia, utamanya bagi pencari kerja atau mereka yang akan buka usaha baru.

Pelatihan kali ini diikuti 32 orang peserta, dalam setiap gelombang dibatasi 16 peserta.

Menurut Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Syaikhul Ansari, SH, M.Sos, waktu pembelajaran sebanyak 140 jam untuk pelatihan kue dan roti sementara pelatihan instalasi listrik bangunan sederhana 260 jam.

Sambutan Plh. Bupati Tanah Bumbu yang dibacakan Sekretaris Disnakertranskopum M. Aini menyampaikan pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan sumber daya manusia yang dapat berkompetisi di Bumi Serambi Madinah.

Diharapkan peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh mulai awal sampai akhir, dengan demikian lulusan pelatihan menguasai keahlian dan keterampilan yang diikuti.

“Peserta menjadi tenaga kerja yang berkualitas, produktif, kompeten dan berdaya saing sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan pasar kerja, sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan perekonomian keluarga,” kata M. Aini.

Adapun nara sumber materi soft skill akan disampaikan dari Polsek Kusan Hilir, Kantor Kecamatan, Disnakertranskopum, sedangkan materi hard skill disampaikan praktisi dari pabrik roti dan PLN.

Melihat animo peserta, Plt. Kepala Balai Pelatihan Kerja Syaikhul Ansari akan membuka kembali program pelatihan lainnya, seperti pelatihan menjahit, las, otomotif, tata rias, kecantikan oleh BLK Tanah Bumbu.

Tahun ini pelatihan dapat dilakukan sebanyak 7 kali dengan jumlah 112 alumni Balai Latihan Kerja siap bekerja dengan keahlian dan keterampilan masing-masing.

"Rencananya pelatihan ini akan dilaksanakan sebanyak 7 kali oleh Balai Latihan Kerja. Output dari pelatihan ini diharapkan peserta pelatihan dapat diserap perusahaan-perusahaan atau alumni peserta pelatihan membuka lapangan kerja baru," ungkap Syaikhul Ansari, SH, M.Sos, Plt. Kepala Balai Latihan Kerja Kabupaten Tanah Bumbu. Selasa (23/2/2021).

Saat ini salah satu jenis tenaga kerja yang masih dibutuhkan pasar adalah keahlian pemasangan instalasi listrik karna jumlah rumah di Tanah Bumbu terus bertambah dan kebutuhan pemasangan berdasarkan peruntukan niaga juga cukup besar. (MAS)

Komentar
  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar