Bakesbangpol Bangun Kesamaan Persepsi Penilaian Lomba Desa Patriot 2023

Avatar photo

- Editor

Senin, 14 Agustus 2023 - 14:42 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar meeting and matching persepsi penilaian Lomba Desa Patriot.

Pertemuan berlangsung di ruang Rapat Bersujud II, Kantor Bupati Tanbu Jalan Dharma Praja Kelurahan Gunung Tinggi, Jumat siang (11/08/2023).

Meeting juga dihadiri oleh, Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar, melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Eka Saprudin, Kodim 1022 Tnb, Polres Tanbu, TP PKK, DWP, DLH, PMD, Kesbangpol, Diskominfosp, Satpol PP dan Damkar Tanbu.

Menurut informasi dari Kepala Badan Kesbangpol Kab Tanbu, Nahrul Fajeri, pertemuan ini penting dan diperlukan sebagai penyamaan persepsi untuk penilaian Lomba Desa Patriot Tahun 2023.

“Kita perlu berkumpul di sini, untuk menyamakan persepsi tentang indikator penilaian Kampung Patriot di Tahun 2023, dalam momen Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78,” ungkapnya.

Baca Juga :  Zairullah Ingin Munculkan Tokoh dari Masjid

Fokus mengenai Kampung Patriot, jelas Nahrul menyebutkan, bertujuan untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai kebangsaan pada masyarakat dan berpedoman pada peraturan hukum yang berlaku.

Diterapkannya Kampung Patriot, adapun indikator telah disusun oleh Badan Kesbangpol Kab Tanbu, mengenai kesiapan tersebut.

Diantaranya pembahasan mengenai persiapan pengibaran Bendera Merah Putih, atribut Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, kebersihan lingkungan, partisipasi masyarakat terhadap pembangunan Satu Desa Satu Masjid, serta keamanan dan ketertiban di kampung.

Kolaborasi ini, melibatkan beberapa pihak instansi yang menjadi tiang penting berlangsungnya Kampung Patriot sesuai tugasnya. Setiap kecamatan mengusulkan satu desanya dan telah terdata di Badan Kesbangpol sejumlah 12 desa terlibat.

Disamping itu, Nahrul secara terbuka memberikan kesempatan terhadap peserta pertemuan dari berbagai instansi, untuk menyampaikan pendapat atau usulannya, dalam menyamakan persepsi untuk penilaian Lomba Desa Patriot.

Baca Juga :  Sutarji, Sang Juara, Lomba Lukis Mural Serambi Madinah

Menjadi hal yang baru bagi Badan Kesbangpol Tanbu, sehingga kabupaten kota lain ikut tertarik menyaksikan, disebutkannya Tanbu dengan adanya Penilaian Lomba Desa Patriot menjadi motivasi pergerakan yang menarik minat, diantaranya Kabupaten Tapin, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tabalong, sebagai acuan program Provinsi Kalsel di tahun ke depan.

Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Eka Saprudin, turut menghadiri pertemuan menyampaikan, apresiasinya terhadap Bakesbangpol atas adanya pertemuan ini.

“Pentingnya bersama kita, meningkatkan serta membangkitkan kembali rasa nasionalisme, kepada seluruh jajaran baik pemerintahan maupun masyarakat dan menjaganya agar tidak pudar,” katanya.

Membahas terkait semangat menyemarakkan hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78, meski perlu adanya intervensi dari pemerintah sebagai pacuan namun motivasi, partisipasi masyarakat, gelora dan semangat kemerdekaan harus tetap tertanam kuat.

Baca Juga :  Habib Musthofa: Bila Kau Pandang Dirinya, Ia Mengingatkanmu pada Allah

“Untuk menyemarakkan Proklamasi Kemerdekaan harus terus dibangkitkan, kalau bukan dari kita diri sendiri, siapa lagi,” pesannya.

Hal ini menjadi latar belakang bagi Pemerintah Daerah, untuk melakukan penilaian dalam esensi kedepannya, tidak hanya dampak lomba tetapi karena menilai partisipasi masyarakat.

“Dengan penilaian ini, mudahan peran serta masyarakat di desa bisa termotivasi kembali, kita ikut berperan serta meningkatkan rasa nasionalisme,” katanya.

Penilaian Lomba Desa atau Kampung Patriot, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Eka, menambahkan perlu adanya koreksi dan perbaikan.

Kedepannya diharapkan hal seperti ini, dapat berkelanjutan dari tahun ke tahun. Makna Indonesia merdeka itu sangat luar biasa, apalagi pentingnya momen pada peringatan 17 Agustus 1945. (Arunika)

Berita Terkait

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru
Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK
Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an
Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh
Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045
Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00
Berita ini 58 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 25 April 2024 - 10:37 WIB

Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan

Kamis, 25 April 2024 - 10:23 WIB

Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru

Rabu, 24 April 2024 - 20:51 WIB

Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK

Rabu, 24 April 2024 - 18:47 WIB

Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an

Rabu, 24 April 2024 - 14:04 WIB

Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh

Selasa, 23 April 2024 - 17:00 WIB

Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045

Selasa, 23 April 2024 - 16:47 WIB

Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00

Senin, 22 April 2024 - 17:06 WIB

Dinkes Gelar Workshop untuk Tingkatkan Mutu Pelayanan Puskesmas

Berita Terbaru

Tanah Laut

Acil Odah Hadiri Peringatan Hari Kartini di Tala

Jumat, 26 Apr 2024 - 15:56 WIB

Tanah Laut

Sebanyak 55 Pengurus BKPRMI Tala Periode 2024-2028 Dilantik

Jumat, 26 Apr 2024 - 15:48 WIB

Daerah

Walikota Banjarbaru Ajak Nonton Bareng Indonesia U-23

Jumat, 26 Apr 2024 - 11:17 WIB

Tanah Laut

Syamsir Janji Umrohkan Para Juara

Jumat, 26 Apr 2024 - 11:04 WIB