Assessment Pejabat Tanbu di RS Marina, Sekda: Dijawab Jujur

Assessment Pejabat Tanbu di RS Marina, Sekda: Dijawab Jujur

BATULICIN, Goodnews.co.id - Kali ini assessment pejabat Tanbu bertempat di rumah sakit Marina, ada 105 orang yang akan mengikuti terdiri dari eselon lll dan lV dengan tema Penilaian Kompetensi (Job Fit) Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (11/1).

Rencananya 150 orang ini akan dibagi menjadi 3 gelombang, gelombang pertama sebanyak 35 orang, dan dilaksanakan satu hari penuh.  Pembagian ini dilakukan mengingat ada faktor pandemi covid 19 sehingga harus dibatasi.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan assessment untuk dapatkan gambaran yang jelas tentang kemampuan dan kompetensi pejabat.

Sekda Tanah Bumbu, Dr. H. Ambo Sakka, M.Pd menjelaskan bahwa assessment dilakukan "supaya Jabatan nanti sesuai dengan kemampuannya."

Ia juga menambahkan agar peserta dapat menjawab soal atau tugas yang diberikan dengan jujur agar hasil assessment valid dan secara utuh dapat menggambarkan kemampuan dan kompetensi masing-masing pejabat.

Standar kompetensi yang pakai dalam penilaian ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor 38 tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara. Yaitu menilai integritas, kerja sama, komunikasi, orentasi pada hasil, dan pelayanan publik.

Kompetensi lain yang dinilai adalah pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, pengambilan keputusan dan kemampuan sosial kultural.

Penilaian diambil dari hasil jawaban tes tulis psikotes, hasil interaksi diskusi kelompok, dan wawancara secara personal.

Kegiatan assessment ini dilaksanakan melalui kerjasama layanan Poli Psikologi Rumah Sakit Marina.

Manager Pelayanan Medik RS Marina, Dwi Kartika Purbaningrum, menjelaskan "walaupun ini layanan baru, tapi semua tim kami sudah mendapatkan akreditasi."

Harapkan dari hasil assesment ini akan tergambar kesiapan mental, kompetensi dasar, sikap kerja, dan kepemimpinan para pejabat dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksi. (MAS)

Komentar

Belum Ada Komentar