JK Harap Hidayatullah Kembangkan Ekonomi Ummat

- Editor

Minggu, 26 November 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BALIKPAPAN, Goodnews.co.id – Jusuf Kalla (JK) harap Pondok Pesantren Hidayatullah kembangkan ekonomi ummat disamping pendidikan dan dakwah di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan JK saat mendapat kehormatan menutup Silaturahmi Nasional (Silatnas) Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan tahun 2023 dari tanggal 23-26 November di Gunung Tembak, Balikpapan, Minggu (26/11/2023).

Pada pidato penutupan Silatnas Hidayatullah, JK menghimbau warga Hidayatullah yang disebutnya organisasi Islam nasional terbesar ke-3 di Indonesia setelah NU dan Muhammadiyah, untuk mengembangkan ekonomi ummat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ia menjelaskan bahwa kebangkitan umat Islam Indonesia harus mengembangkan ekonomi umat selain pengembangan dakwah dan pendidikan.

Saat ini, katanya, ekonomi Indonesia dikuasai Tionghoa non muslim, padahal dahulu tahun 1905 ada organisasi Serikat Islam yang punya kekuatan ekonomi, tetapi kini ummat Islam punya kelemahan di bidang ekonomi.

“Padahal Rasulullah selalu digambarkan sejak kecil jadi pedagang. Lebih lama jadi pedagang daripada jadi Rasul,” kata JK Wakil Presiden RI periode 2004-2009 dan periode 2014-2019.

Ia mengisahkan nabi Muhammad Saw menjadi pedagang sejak umur 13 tahun sampai berumur 40 tahun atau sekitar 27 tahun, lebih lama dari masa kerasulan pada umur 40 tahun sampai 63 tahun, atau selama 23 tahun.

Sehingga ia menyimpulkan bahwa jika mengikuti sunnah rasul maka harus mengembangkan ekonomi ummat.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar organisasi Hidayatullah mengembangkan program ekonomi selain pengembangan dakwah dan pendidikan di daerah-daerah.

Sehingga ekonomi masyarakat bisa berkembang, mudah untuk mengeluarkan zakat, membangun masjid, membangun pesantren, dan sebagainya.

Ia juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada kader Hidayatullah telah menyebarkan pendidikan dan dakwah kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Penutupan Silatnas ini dihadiri DPP Hidayatullah Ustadz KH Nashirul Haq, Pimpinan Umum Hidayatullah Ustadz KH. Abdurrahman Muhammad, para tokoh Hidayatullah, dan kader dari seluruh Indonesia.

Sebelumnya hadir tokoh nasional lainnya, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Anies Rasyid Baswedan, Menkopolhukam Mahfud MD, Wamenag RI Saiful Rahmat Dasuki, Ustadz Bachtiar Nasir, Gubernur, Walikota, dan Bupati. (MAS)

Berita Terkait

Ini Prediksi Anggota DPRD Provinsi Kaltim 2024-2029
Pernikahan Santri Hidayatullah, Wali Kota Balikpapan Berpantun Ria

Berita Terkait

Kamis, 29 Februari 2024 - 18:38 WIB

Ini Prediksi Anggota DPRD Provinsi Kaltim 2024-2029

Minggu, 26 November 2023 - 22:03 WIB

JK Harap Hidayatullah Kembangkan Ekonomi Ummat

Minggu, 2 Oktober 2022 - 16:19 WIB

Pernikahan Santri Hidayatullah, Wali Kota Balikpapan Berpantun Ria

Berita Terbaru

Tanah Bumbu

BPBD Edukasi Kebencanaan di SMKN 1 Husan Hulu

Kamis, 9 Mei 2024 - 15:19 WIB

Tanah Bumbu

Jambore Kader PKK Jalin Kebersamaan dan Kekeluargaan

Kamis, 9 Mei 2024 - 12:38 WIB

Apa Ceritamu

Kaban Bapenda Tanbu: Aplikasi Dasboard Sangat Dibutuh

Kamis, 9 Mei 2024 - 12:22 WIB