Zairullah Azhar: Waktu Akan Menjadi Saksi dan Dipertanggungjawabkan

- Editor

Senin, 6 Februari 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Bupati Tanah Tanah Bumbu Zairullah Azhar memberikan arahan agar memanfaatkan waktu dengan baik sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sebagai pelayan masyarakat pada upacara apel Senin pagi (6/2/2022) di halaman kantor Bupati Kelurahan Gunung Tinggi.

Ia mengungkapkan keberuntungan menjadi ASN memberikan manfaat kepada orang lain, sehingga perlu mensyukuri sebagai motivasi untuk terus memperbaiki dan membenahi tugas sebagai ASN atau pegawai di lingkungan pemerintah daerah.

Bupati Zairullah mendalilkan surah al-‘Aser dalam al-Qur’an bahwa “sesungguhnya manusia itu dalam keadaan kerugian kecuali orang-orang yang mengerjakan kebaikan serta saling menasehati untuk kebaikan dan saling menasehati dalam kesabaran.”

Bahkan pada awal ayat surah al-‘Aser itu, Allah menggunakan kalimat sumpah “demi waktu” sebagai penekanan bahwa banyak waktu dan kesempatan yang Allah berikan kepada manusia. Sehingga perlu dievaluasi apakah waktu yang diberikan sebagai ASN dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Baca Juga :  Kepala Bappedalitbang Buka Data 20 tahun Pembangunan Tanah Bumbu

Sebaliknya, jika ternyata banyak waktu yang habis percuma tanpa disadari bahwa waktu terlewatkan secara percuma, maka pada hari dimana Allah mengadili manusia, waktu akan menjadi saksi dan akan dipertanggung jawabkan kelak nanti.

Ia menerangkan, hari Senin ini akan menjadi saksi di Hari Akhir nanti tentang apa saja yang dilakukan pada hari tersebut.

Oleh karena itu, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar memaknai waktu dengan mengajak semua ASN mempertanyakan waktu yang digunakan untuk apa saja.

Baca Juga :  Bupati Zairullah Minta Tanggung Jawab Pusat Soal Aturan Tambang

“Apakah kita bisa memenuhi apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita masing-masing,” kata Zairullah Azhar.

Bupati juga telah meminta kepala-kepala dinas untuk mendiskusikan, memposisikan diri sebagai sahabat dengan seluruh pegawai tanpa membedakan tingkat jabatan, bagaimana memanfaatkan waktu dengan baik untuk meningkatkan kinerja.

Karena menurutnya, rasulullah Muhammad Saw melakukan hal yang sama sebagai sahabat tanpa membeda-bedakan antara atasan dan bawahan, berdiskusi memberikan masukan demi malaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan harapan semua ASN menggunakan waktu sebaik-baiknya.

Bupati Zairullah Azhar mencontohkan bagaimana hasil diskusi memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat, yang dilakukan Dinas Kesehatan Tanah Bumbu mendatangi orang sakit yang membutuhkan pendampingan dan bantuan pengobatan.

Baca Juga :  Bupati Zairullah Anugerahi Penghargaan SKPD Berprestasi

“Kita datangi dan kalau perlu kita bawa ke rumah sakit mereka yang sedang sakit tapi tak berani datang ke rumah sakit karena mereka tidak punya apa-apa, tidak punya duit, tidak punya ongkos buat datang ke rumah sakit. Ini contoh ya,” kata Zairullah Azhar yang biasa dipanggil Abah dari anak-anak yatim.

Contoh lain katanya, jika masyarakat ingin membangun rumah tapi tidak punya izin, pemerintah hadir tidak dengan bahasa hukum tetapi dengan bahasa kekeluargaan, menanyakan kendalanya, membantu menyelesaikan izin mendirikan bangunan. (MAS)

Berita Terkait

Verifikator Lomba Bina Keluarga Balita Kunjungi Tanah Bumbu
Dorong Buka Lapangan Kerja dengan Sosialisasi Kewirausahaan
BPBD Luncurkan Relawan Remaja Aman Bencana
MUI Tanbu : Lestarikan 4 Hal di Luar Ramadhan
Wakili Bupati Tanbu, Asisten I Hadiri Rakoornis TMMD 2024
DPMD Tanbu Dorong Kembangkan Desa Wisata
Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Berita ini 48 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 3 Mei 2024 - 18:08 WIB

Dorong Buka Lapangan Kerja dengan Sosialisasi Kewirausahaan

Jumat, 3 Mei 2024 - 16:54 WIB

BPBD Luncurkan Relawan Remaja Aman Bencana

Kamis, 2 Mei 2024 - 17:44 WIB

MUI Tanbu : Lestarikan 4 Hal di Luar Ramadhan

Kamis, 2 Mei 2024 - 11:04 WIB

Wakili Bupati Tanbu, Asisten I Hadiri Rakoornis TMMD 2024

Kamis, 2 Mei 2024 - 10:41 WIB

DPMD Tanbu Dorong Kembangkan Desa Wisata

Kamis, 25 April 2024 - 11:05 WIB

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e

Kamis, 25 April 2024 - 10:37 WIB

Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan

Kamis, 25 April 2024 - 10:23 WIB

Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru

Berita Terbaru