Ketua MUI Tanbu Bahas Peristiwa 17 Ramadhan

Avatar photo

- Editor

Kamis, 21 April 2022 - 17:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TANAH BUMBU – Ketua Majelis Ulama Kabupaten Tanah Bumbu, Suhuful Amri, menjelaskan dalam tausiah sebelum buka puasa bersama di masjid Miftahul Khair bahwa puasa hari ini (kemarin) adalah hari ke 18, memasuk hari ke 19, 10 hari kedua Ramadhan yang disebut magfirah.

“Berarti bulan Ramadhan yang disebut bulan magfirah (ampunan), tinggal hanya sehari. Untuk berikutnya kita memasuki idqum minannar.” Kata Suhuful Amri. Rabu (20/4/2022).

10 ramadhan terakhir yang disebut oleh nabi sebagai idkum minannar (pembebasan dari api neraka) dan Ramadhan akan segera berakhir tahun 2022 ini.

Suhuful Amri menyebutkan bahwa tanggal 17 Ramadhan adalah hari pertama dimana Allah menurunkan al-qur’an kepada Nabi Muhammad Saw secara beransur-ansur hingga Nabi Muhammad Saw menemui ajalnya dan tidak ada lagi wahyu turun setelahnya.

Baca Juga :  Diskominfo SP Tanbu Ajukan 42 Desa Blank Spot Internet ke Pusat

Diceritakan, sebelum Nabi Muhammad menerima al-qur’an atau wahyu, al-quran ini telah Allah turunkan ke lauhul mahfuz secara menyeluruh, 30 juz yang terdiri dari 6.666 ayat.

Tahap kedua, Allah turunkan lagi ke baitul izzah, yaitu langit yang berada paling dekat dengan bumi, juga 30 juz yang terdiri dari 6.666 ayat, bertepatan dengan malam lailatul qadar.

Tahap ketiga, qur’an turun secara beransur-ansur kepada Nabi Muhammad Saw sesuai dengan peristiwa, yang dibawa oleh malaikat Jibril.

“Itu furu’nya pada bulan Ramadhan, malam ke 17 Ramadhan. Oleh karena itu bangsa kita biasanya memperingati nuzulul qur’an,” katanya.

Bagi umat Islam, Tanggal 17 Ramadhan juga pernah terjadi peristiwa besar pada tahun kedua hijriyyah, yaitu perang badar yang tidak pernah direncanakan oleh Nabi. Nabi Muhammad terjebak sehingga harus berperang dengan 313 orang pasukan yang dimiliki dan alat perang seadanya, sedangkan pasukan quraisy memiliki 1.000 orang pasukan lengkap dengan peralatan perang.

Baca Juga :  Nilai Tukar Petani Tanah Bumbu Tahun 2023 Cenderung Stabil

Dengan pertolongan Allah, umat Islam berhasil memenangkan peperangan. 50 orang meninggal dari pihak quraisy, termasuk Abu Jahal, dan 14 orang yang meninggal dari pihak kaum muslimin.

Sebagai informasi tambahan bahwa sebelum peristiwa perang badar ini terjadi, Nabi Muhammad sempat menangis karna pasukan sebanyak 313 tersebut bukan pasukan perang, yang terdiri dari kaum ansor dan kaum muhajirin yang ikut hijrah dari mekkah ke madinah.

Sehingga nabi berpikir bila pasukan nabi ini kalah maka siapa lagi yang akan meneruskan dakwah Muhammad Saw. Nabi Muhammad menangis dan berdo’a kepada Allah.

Baca Juga :  Rusli Calon Bupati Tanah Bumbu Terkuat 2024-2029

Allahumma ya Allah, orang-orang Quraisy ini sekarang datang dengan segala kecongkakannya. (Kedatangannya) hendak mendustakan Rasul-Mu. Ya Allah, berikan pertolongan-Mu yang Engkau janjikan padaku. Ya Allah, jika pasukan ini sekarang binasa maka tidak lagi orang yang beribadah kepada-Mu.”

Nabi berdo’a sampai tak terasa mantel yang digunakan jatuh sehingga sahabatnya Abu Bakar meletakkan kembali ke bahunya. kemudian nabi bangkit dan mempersiapkan pasukan perangnya. peperangan pertama dalam sejarah umat Islam pecah dan dimenangkan masukan Nabi Muhammad Saw.

Safari Ramadhan Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar bersama masyarakat ini diikuti oleh Sekretaris Daerah, Ambo Sakka, Tim Percepatan Pembangunan Daerah, dan Kepala-Kepala SKPD. (MAS)

Berita Terkait

Dinkes Buka Layanan Pemeriksaan Gratis di Area Mappanre ri Tasi’e
Dinas Perikanan Tanbu, Bantu Pasarkan Produk UMKM dari Bahan Ikan
Lomba Perahu Naga Kenalkan Objek Wisata Baru
Bupati Tanah Bumbu Lantik dan Serahkan SK Pengangkatan 1.241 PPPK
Pelepasan Kafilah MTQN Tanbu, Zairullah: Tugas Berat Mengimplementasikan al-Qur-an
Serambi Madinah: Manusia Tak Pantas Sombong dan Angkuh
Bupati Tanbu Sampaikan 5 Sasaran Pembangunan Tanbu 2025-2045
Arus Padat, Dishub Tanbu Larang Melintas Pukul 17.00-24.00
Berita ini 18 kali dibaca

Berita Terbaru

Nasional

DPRD Tagih Pemko Banjarbaru Master Plan Penanganan Banjir

Rabu, 1 Mei 2024 - 16:44 WIB

Khazanah

Timnas Indonesia U-23 Kubur Mimpi Bermain di Final Piala Asia

Selasa, 30 Apr 2024 - 13:12 WIB