700 Orang Gunakan Vaksin Sinovac Halal di Kantor Bupati Tanah Bumbu

  • Home /
  • Artikel /
  • 700 Orang Gunakan Vaksin Sinovac Halal di Kantor Bupati Tanah Bumbu

700 Orang Gunakan Vaksin Sinovac Halal di Kantor Bupati Tanah Bumbu

BATULICIN, Goodnews.co.id - Pemerintah Daerah Tanah Bumbu melakukan vaksinasi terhadap pegawai pemda, anggota DPRD, Wartawan. Dihadiri sekitar 700 orang vaksinasi covid 19 dosis pertama. Rabu (17 Maret 2021).

Kepala Dinas Kesehatan H. Setia Budi, SKM, MM, mengatakan kegiatan hari Rabu (kemarin) vaksinasi covid 19 secara massal adalah upaya untuk mencegah penyebaran covid secara masif. Vaksin produk Sinovac ini sudah dinyatakan halal oleh Majelis Ulama Indonesia.

Berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Produk Vaksin Covid 19 dari Sinovac Life Sciences CO.LTD China dan PT Bio Farma (Persero) menetapkan vaksin Covid 19 produksi Sinovac Life Sciences adalah suci dan halal. Dapat digunakan umat Islam sepanjang terjamin keamanannya menurut ahli yang kredibel dan kompeten.

Kegiatan ini mengundang semua pegawai pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama bagi anggota DPRD, wartawan. Jumlah kehadiran peserta sekitar 700 orang.

img-1616047659.jpg

Setia Budi menjelaskan vaksinasi tahap ketiga ini sasarannya adalah pelayan publik seperti dukcapil, perbankan, lansia dan sebagainya.

Budi berharap vaksinasi covid 19 ini dapat menangkal penyebaran covid dan menambah imun bagi yang telah mendapat vaksinasi covid 19.

Di samping itu Dinas Kesehatan Tanah Bumbu terus mengupayakan masyarakat mematuhi protokoler kesehatan, utamanya di tempat-tempat keramaian.

Untuk mencegah pelanggaran protokoler kesehatan, Dinas Kesehatan menggerakkan tenaga outsourcing covid 19 yang disebar pada setiap kerumunan masyarakat.

"Kita turunkan tenaga outsourcing covid 221 orang, kita sebar ke beberapa tempat kerumunan." Katanya.

Contohnya pada saat sebelum pelaksanaan solat jum'at, sebelum masuk masjid warga diingatkan untuk menggunakan masker, membawa sajadah sendiri, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Terkait dengan perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke 33. Tanah Bumbu sebagai tuan rumah, sudah menyiapkan tenaga outsourcing yang akan ditempatkan pada setiap pemondokan kafilah dan tempat pelaksanaan perlombaan.

Setiap kafilah yang masuk wilayah Tanah Bumbu harus membawa surat yang menunjukkan bebas covid jika tidak maka harus peserta dipulangkan. Sementara masyarakat yang hadir menyaksikan acara disyaratkan mematuhi protokoler kesehatan. Panitia juga menyediakan tempat cuci tangan. Pengetatan protokoler ini dimaksudkan untuk mencegah munculnya klaster baru penyebaran Covid.

Kadis Kesehatan sangat berharap acara tersebut jangan sampai muncul klaster MTQ penyebaran covid 19. (MAS)

Komentar
  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar