Goodnews Menyajikan berita terupdate dan terpercaya setiap harinya untuk anda, Berita Daerah, Berita nasional dan berita lainnya
RedaksiTanah Bumbu
Kalsel  

Pemprov Kalsel Gelar Operasi Pasar di Banjarmasin dan Kotabaru Karna Alami Inflasi tertinggi

Avatar photo

Pemprov Kalsel Gelar Operasi Pasar di Banjarmasin dan Kotabaru Karna Alami Inflasi tertinggi

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menggelar oprasi pasar barang kebutuhan pokok di Kabupaten Kotabaru dan Banjarmasin karena mengalami harga Inflasi tertinggi.

Operasi pasar ini lebih dulu dilaksanakan di Kabupaten Kotabaru pada tanggal 24-26 Februari 2023 di Pasar Limbur Kotabaru dan pada 27-29 Januari 2023 di Taman Siring Nol Kilometer Kota Banjarmasin dimulai mulai pukul 07.30 Wita sampai selesai.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menekan laju inflasi di Kalsel, dan bekerja sama dengan Bank Indonesia, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), dan Badan Usaha Logistik (Bulog), di wilayah tersebut.

“Sebagaimana arahan Gubernur Sahbirin Noor atau Paman Birin,” ucap Kepala Biro Perekonomian Sekdaprov Hj. Raudatul Jannah melalui Bagian Kebijakan Perekonomian Biro Ekonomi Setdaprov Kalsel, Agus Salim di Banjarbaru, Sabtu (21/01/2023).

Ia juga menambahkan sedikitnya ada 10 item barang kebutuhan pokok yang akan dijual murah, yakni beras premium, bawang merah, daging sapi, daging ayam ras, minyak goreng, tepung terigu, cabe rawit, telur ayam ras, dan cabe merah keriting.

Menurut Agus Salim, dipilihnya Kota Banjarmasin dan Kotabaru didasari pertimbangan, dua daerah ini mengalami inflasi cukup tinggi dalam beberapa bulan terakhir, khususnya di akhir tahun 2022 lalu.

Berdasar catatan BPS Pusat ujar Agus, Kabupaten Kotabaru di bulan Desember 2022 menjadi daerah tertinggi nasional tingkat inflasi yakni sebesar 8,65 persen.

Sedangkan Kota Banjarmasin, menjadi kota paling sering berada dalam 10 besar inflasi tertinggi selama 2022.

Sesuai rencana jelas Agus, Operasi Pasar akan dilaksanakan Pemprov Kalsel pada bulan ini, khususnya beras bersubsidi dan kebutuhan lain untuk masyarakat.

Baca Juga :  Ini Pesan Gubernur Kalsel Peringati HGN

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kalsel mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi secara virtual bersama BPS Pusat, Kementerian Dalam Negeri, dan para menteri terkait. (Fit)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: