Goodnews Menyajikan berita terupdate dan terpercaya setiap harinya untuk anda, Berita Daerah, Berita nasional dan berita lainnya
RedaksiTanah Bumbu
Kalsel  

Crafest UMB, Gubernur Kalsel Dukung UMKM Naik Kelas

Avatar photo

BANJARMASIN– Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor dukung kegiatan Craft Festival (Crafest) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB) yang menumbuhkan UMKM dan semangat entrepreneurship di kalangan generasi muda.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin dalam sambutan tertulis dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Hatimah, saat membuka Crafest UMB 2023 di Halaman Eks Kantor Gubernur Provinsi Kalsel Banjarmasin, Sabtu (21/1/2023).

Gubernur Kalsel, yang akrab disapa Paman Birin, mengungkapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional, karena sektor UMKM mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia.

Selain itu, kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) mencapai 61,07 persen atau senilai 8.574 triliun rupiah pada tahun 2021.

“Keberadaan UMKM berperan besar terhadap penguatan ketahanan ekonomi negara. meski sempat terpuruk di masa pandemi covid-19, sektor UMKM pulih kembali dengan adanya bantuan stimulus dari pemerintah dan transformasi pemasaran melalui teknologi,” katanya.

Paman Birin menambahkan, di Kalimantan Selatan tersebar ratusan ribu usaha UMKM, dan untuk mendukung UMKM naik kelas, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan gencar memberikan dorongan baik dari segi perluasan akses permodalan, penguatan promosi, dan pemasaran, peningkatan keahlian, dan daya saing, dan sebagainya.

“Saya berharap festival ini dapat diselenggarakan secara berkala, mengingat dampaknya yang positif terhadap pembangunan ekonomi banua melalui pintu umkm,” ucapnya.

Selain itu, ia juga berharap penyelenggaraan pameran dapat menggali lebih banyak potensi UMKM banua, ditambah dukungan UMB terhadap UMKM tidak sampai di sini, melainkan dapat berlanjut di ranah pelatihan dan pembinaan, terutama pelatihan di bidang digital.

“Salah satu kunci kemajuan UMKM ialah penguasaan di bidang teknologi, yang berguna dalam meningkatkan performa usaha dan menjangkau lebih banyak konsumen,” pungkasnya. (Fit)

Baca Juga :  Ini Program Prioritas Paman Birin 2023 Bidang Perkebunan dan Peternakan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: