Home / DPRD Tanah Bumbu

Selasa, 17 Januari 2023 - 17:17 WIB

Menteri Agama RI: Kampung Zakat Percepat Pengentasan Kemiskinan

TANAH BUMBU – Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas meresmikan Kampung Zakat Desa Suka Maju Kecamatan Batulicin sebagai upaya mempercepat Pengentasan Kemiskinan.

Launching Kampung Zakat disaksikan Wakil Bupati Tanah Bumbu H Muhammad Rusli, Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Kamaruddin Amin, Ketua Baznas Pusat KH Noor Ahmad, Ketua Yayasan Assalam Filalamin Syafruddin Kambo, Ketua Lazisnu PBNU Habib Ali Hasan, Ketua Lazis Assalam Fil Alamin Kalimantan Selatan H Sudian Noor, Wakil Ketua II DPRD Tanah Bumbu Agoes Rahmady, Ketua Fraksi PKB DPRD, Hasanuddin, dan tamu undangan lainnya.

Kampung Zakat ini terletak di Desa Sukamaju, Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Berdirinya Kampung Zakat, menjadi salah satu upaya Pemerintah dalam membantu mempercepat pengentasan kemiskinan di daerah.

Hal ini disampaikan Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) H Yaqut Cholil Qoumas, saat melaunching program Kampung Zakat di Desa Sukamaju, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (17/01/2023).

Baca Juga :  Porprov Kalsel, Kontingen Tanbu Kumpulkan 86 Medali

Yaqut menyampaikan tingkat kemiskinan di Indonesia saat ini berada dikisaran angka 9,57%. Jika saat ini jumlah penduduk di Indonesia berjumlah 260 juta jiwa, maka kurang lebih sebanyak 22 juta jiwa penduduk masuk dalam kategori miskin.

“22 juta itu jumlah yang sangat banyak sekali, jadi ikhtiar masyarakat seperti membangun Kampung Zakat ini bagian dari upaya kita untuk mempercepat proses pengentasan kemiskinan,” ujar Yaqut.

Menag RI juga menyebutkan bahwa Kampung Zakat diharapkan menjadi inspirasi serta pengingat bagi masyarakat yang berkecukupan tentang kewajiban dalam menyisihkan hartanya untuk berzakat.

Pemerintah melalui Kementerian Agama terus mendorong perkembangan Kampung Zakat di tempat-tempat lain sehingga mencakup lebih banyak masyarakat penerima manfaat, bahkan berencana akanenambah 1.000 lagi Kampung Zakat.

Untuk itu bersama dengan unsur-unsur terkait, Yaqut menargetkan di tahun 2023 program Kampung Zakat dapat dilaksanakan secara masif di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca Juga :  Gubernur Sahbirin Noor: Tingkatkan Daya Saing

“Setelah berdiskusi dengan Pak Dirjen, kita berniat akan lebih memasifkan program ini, kalo sekarang baru ada 514 Kampung Zakat se-Indonesia, Insya Allah tahun ini akan kita tambah 1.000 Kampung Zakat lagi,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menag Yaqut juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Lembaga Amil Zakat Assalam Fil Alamin yang telah bersinergi dengan Pemerintah mengusahakan terbentuknya Kampung-Kampung Zakat di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Bumbu H Muhammad Rusli dalam sambutannya menyampaikan atas nama pemerintah daerah, masyarakat, mengucapkan selamat datang di Bumi Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu kepada Menteri Agama RI bersama rombongan, setelah melakukan penjemputan di Bandara Bersujud Batulicin.

“Semoga kunjungan ini memberikan kesan positif sehingga dapat berlanjut pada masa-masa yang akan datang,” kata Muhammad Rusli. (Arunika)

Share :

Baca Juga

DPRD Tanah Bumbu

Agoes Rakhmady Buka Grand Opening Lomba Mancing Lele Galatama

DPRD Tanah Bumbu

HUT ke-15, Momentum Evaluasi Kesejahteraan Desa al-Kautsar

DPRD Tanah Bumbu

Ini Bukan Hak Siapa-siapa, Haji Upi: Ini Hak Rakyat

DPRD Tanah Bumbu

Penting, DPRD Tanbu Sahkan 2 Raperda

DPRD Tanah Bumbu

Zairullah Azhar: Kita Do’akan Kesembuhan Ketua DPRD Tanbu

DPRD Tanah Bumbu

Said Ismail Pimpim Rapat Paripurna Usulan 3 Raperda Eksekutif

DPRD Tanah Bumbu

DPRD Tanah Bumbu Paripurnakan APBD Perubahan 2022

DPRD Tanah Bumbu

Fraksi Gerindra Tak Terima Gaji dan Tunjangan 2023?
%d blogger menyukai ini: