Goodnews Menyajikan berita terupdate dan terpercaya setiap harinya untuk anda, Berita Daerah, Berita nasional dan berita lainnya
RedaksiTanah Bumbu
Kalsel  

Paman Birin Nikmati Keindahan Air Terjun Mandin Mangapan

Avatar photo

PARAMASAN – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor takjub melihat keindahan Air terjun Mandin Mangapan di Kabupaten Banjar. Senin (2/1/2023).

“Inilah salah satu pesona Indonesia yang kita miliki, bagian dari banyak situs Geopark Meratus dan wajib untuk dijaga dan dilestarikan,” ujar Paman Birin sambil menikmati kucuran Air Terjun Mandin Mangapan.

Kedatangan Paman Birin bersama rombongan melalui perjalanan panjang dari Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu dan langsung menuju lokasi air terjun.

“Banua Kalimantan Selatan bagaikan selembar kain dari surga,” ucap Paman Birin menggambarkan keindahan alam Kalsel, utamanya di wilayah Geopark Meratus Kabupaten Banjar yakni air terjun Mandin Mangapan.

Kawasan Air terjun Mandin Mangapan, yang mempunyai ketinggian kurang lebih 30 meter, berada di hutan hujan tropis Gunung Ambilatau Desa Paramasan Atas, Kecamatan Peramasan, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Peninjauan Paman Birin bersama rombongan pemprov Kalsel didampingi warga setempat yang mengenal dan memahami wilayah, yang belum banyak dijamah orang.

“Mandin itu ya air terjun. Karena setiap ada sungai di hulunya pasti ada Mandin” jelas Sukron, salah satu warga setempat.

Dinamai Mandin Mangapan karena air terjun yang mengalir dari tinggi membuat mulut terbuka menahan derasnya air terju.

Untuk menuju obyek wisata ini terdapat beberapa jalan alternatif diantaranya melalui jalan penghubung di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada kesempatan ini juga Paman Birin berharap di tahun baru 2023, Kalsel dibawah kepemimpinannya, berkembang mencapai visi misi Kalimantan Selatan.

“Menjadikan banua Kalsel yang semakin maju dan sejahtera sebagai pintu gerbang Ibu kota Negara (IKN)” ujar Paman Birin. (fit)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: