Informasi Tajam dan Terpercaya

5 Kunci Sukses Tingkatkan Kualitas Diri

Avatar photo

TANAH BUMBU – Bupati Zairullah Azhar menyampaikan 5 kunci sukses yang akan memberikan perubahan besar terhadap kinerja pegawai.

Lima kunci sukses itu disampaikan dalam pengambilan sumpah 154 Pegawai Negeri Sipil di Kantor Bupati Tanah Bumbu Jalan Dharma Praja Kelurahan Gunung Tinggi, Kamis (17/11/2022), dan dipertegas dalam rapat terbatas dengan Kepala-Kepala Dinas di ruang rapat Bupati.

Zairullah Azhar menyampaikan sambutannya terkait upaya meningkatkan kualitas pegawai di lingkungan pemerintah daerah.

Sebagai inspirasi, Zairullah menyebut salah satu bank yang maju di Indonesia, melakukan perubahan ekstrim sehingga membuat bank tersebut dari bank kecil menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia.

Secara aplikatif, ia berharap ASN bisa memberikan perubahan besar terhadap dinas-dinas yang menjadi tempat mereka bekerja, pegawai yang mampu meningkatkan kualitas diri dalam bekerja.

Menurut Bupati Zairullah Azhar, ada 5 kunci sukses yang dapat meningkatkan kualitas diri. Pertama, punya visi yang menjadi tujuan masa depan.

Sehingga Kepala Dinas punya tanggung jawab mengarahkan dan mendorong semua pegawai memiliki visi. Sebab jika pegawai tidak memiliki visi, mereka akan merasa kebingungan dalam bekerja.

Kedua, pegawai harus punya skill. Tugas Kepala Dinas juga mendorong pegawai untuk bisa memiliki keterampilan yang dapat memotivasi dalam bekerja, seperti menguasai aplikasi komputer atau sejenisnya yang memotivasi kinerja.

Ketiga, insentif yang diberikan kepada mereka dari hasil kinerja atau jasa sehingga mereka pun semakin termotivasi dalam bekerja.

Keempat, faktor-faktor pendukung yang jelas seperti ruangan yang nyaman, bersih, indah.

Kelima, PoC (Planning of action), punya rencana tindakan yang akan meningkatkan pelayanan kantor semakin baik, disiplin, punya lebih banyak waktu terhadap tanggung jawab yang diberikan, dan berdampak terhadap pelayanan terhadap masyarakat.

Baca Juga :  Paman Birin Hadiri Pencanangan Reformasi Birokrasi Tematik

Apalagi sekarang ini katanya, ada lembaga yang mengawasi kinerja Pemerintah Daerah seperti Ombudsman, lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *