Informasi Tajam dan Terpercaya

Tekan Inflasi Daerah dengan Cara Pelatihan UMKM

Avatar photo

TANAH BUMBU –  Pelatihan Diverfikasi Tenun Pagatan sebagai bagian menumbuhkan UMKM diharapkan berdampak menekan harga Inflasi daerah.

Peserta pelatihan antusias mengikuti kegiatan, sebab selain mendapatkan teori pengolahan tenun, mereka juga diarahkan melakukan praktik langsung di tempat hingga membuat hasil karya sendiri.

Pelatihan yang diselenggarakan Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) di Aula Kantor Kelurahan Kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir berlangsung dari 14 sampai 18 November 2022.

Kepala Dinas KUMP2 Tanah Bumbu, H Denny Haryanto melalui Kepala Bidang Perindustrian, Nur Rochmah, mengatakan sampai hari ini para peserta sudah berhasil membuat olahan tenun sendiri yang dipandu oleh mentor dari Banjarmasin.

“Beberapa kreasi yang telah berhasil mereka buat diantaranya sarung bantal ruang tamu, sajadah traveling, cover tisu, alas gelas, tutup gelas, cover air mineral dan botol,” sebut Nur Rochmah kepada Goodnews.co.id, Rabu (16/11/2022) malam.

Melihat perkembangan pengetahuan yang diperoleh peserta, dia menilai peserta sudah cukup mahir dalam berkreasi dan berinovasi mengembankan produk turunan dari kain tenun sesuai imajinasi masing-masing.

“Hasilnya cukup bagus, sebagian dari mereka memajang kreasinya di status platform media sosial Whatsapp, bahkan sudah ada yang bertanya ingin membeli produk olahan dari pelatihan tersebut,” tutur Nunung sapaan akrabnya.

Lebih lanjut disebutkan Nunung, seluruh bahan praktik disediakan Dinas KUMP2 Tanah Bumbu mulai dari kain tenun, kain blacu, kain toyobo, busa tipis, dacron, pernak-pernik hiasan, aksesories seperti renda dan hiasan lainnya.

Menurutnya lagi, pelatihan yang digelar ini sebagai upaya penanggulangan inflasi daerah. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan keluarga dengan berwirausaha.

Pelatihan sendiri masih akan tetap berlanjut, hari ini memasuki hari keempat. Untuk pelatihan berakhir dijadwalkan sampai besok, Jumat, 18 November 2022.

Baca Juga :  Cinta Rasulullah, Guru Bakhiet: Ikuti Akal

Adapun peserta pelatihan sebanyak 10 orang dari Kecamatan Kusan Hilir dan Kusan Tengah yakni Desa Manurung, Mudalang, Batuah, Pejala, Kota Pagatan, dan Pulau Satu.

Sedangkan narasumber pelatihan diversifikasi tenun yaitu Arifin dan Tim Rumah Kreatif dan Pintar Kota Banjarmasin. (Zh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *