Informasi Tajam dan Terpercaya

Kecamatan Sungai Loban Gelar Apel Siaga Antisipasi Bencana

Avatar photo

TANAH BUMBU – Pemerintah Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu menggelar apel siaga dalam rangka antisipasi bencana bertempat di halaman Kantor Kecamatan, Selasa (15/11/2022).

Apel siaga bencana dipimpin oleh Camat Sungai Loban, Agus Salim serta turut diikuti Kapolsek Sungai Loban dan Danramil Sungai Loban bersama personelnya masing-masing.

Apel tersebut terselenggara atas kerja sama dengan Damkar Unit Sungai Loban dengan melibatkan lintas sektoral dari Puskesmas Sebamban 1, KUA Sungai Loban, serta pelajar SMA dan SMK di Sungai Loban, didampingi dewan gurunya.

Adapun bencana hidrometeorologi yang diwaspadai itu seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang laut atau banjir rob.

Kegiatan digelar dalam rangka mengecek seluruh personil dan alat untuk mewaspadai adanya bencana alam. Karena saat ini sudah memasuki musim penghujan yang biasanya Kabupaten Tanah Bumbu terkena bencana banjir.

Camat Sungai Loban, Agus Salim, mengatakan apel siaga bencana digelar dalam rangka antisipasi menghadapi bencana hidrometeorologi.

Menurutnya, langkah antisipasi perlu dilakukan sebelum bencana banjir yang biasa terjadi di beberapa titik desa di wilayah Kecamatan Sungai Loban terjadi.

“Di wilayah kecamatan ada empat titik desa yang biasanya terjadi bencana banjir di musim penghujan. Desa-desa itu yakni Sari Mulya, Damar Indah, Sebamban Lama dan Sebamban Baru,” sebutnya.

Ia berharap, dengan adanya apel siaga bencana dapat meningkatkan kesiapan alat dan relawan kapanpun dibutuhkan.

Dalam kesempatan itu, Camat Sungai Loban, Agus Salim selaku pimpinan apel menyerahkan dan memasangkan secara simbolis Alat Pelindung Diri (APD) kepada perwakilan elemen masyarakat.

Apel kewaspadaan ini juga dilaksanakan di kabupaten serta serentak di 12 kecamatan wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. (Zh)

Baca Juga :  Laga Silaturahmi, Tim Futsal Paman Birin Menang Telak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *