Informasi Tajam dan Terpercaya

Desa Bunati Juara Lomba Cegah Stunting, Ini resepnya

Avatar photo

TANAH BUMBU – Desa Bunati yang dipercaya mewakili Kecamatan Angsana berhasil meraih Juara I Lomba Inovasi Desa Percepatan Pencegahan Stunting tingkat kabupaten yang diselenggarakan Pemkab Tanah Bumbu di bawah leading sektor Dinas Kesehatan (Dinkes).

Desa Bunati berhak atas piagam penghargaan dan hadiah uang pembinaan senilai Rp 5 juta atas prestasi tersebut.

Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Sekretaris Daerah Ambo Sakka kepada Camat Angsana Liana Hamita didampingi Sekdes Bunati Sodikin, di Halaman Kantor Bupati, Jl. Dharma Praja Nomor 1 Gunung Tinggi, Batulicin, Senin (14/11/2022).

Usai menerima penghargaan, Sekretaris Desa Bunati, Sodikin, tampak sangat gembira atas prestasi yang diraih desanya.

“Kami dari Pemdes Bunati sangat bangga atas capaian ini, karena bisa membawa nama baik pemerintah desa khususnya dan Kecamatan Angsana pada umumnya,” ujar Sodikin.

Baginya, semua unsur sangat berperan dalam pencapaian ini, mulai kader kesehatan yang merupakan pahlawan kesehatan desa, Muspika Angsana dan sektor dunia pendidikan.

Serta, terpenting adalah para petani sarang burung walet di Desa Bunati yang telah rela memberikan kontribusi hasil panennya untuk diserahkan ke kader kesehatan desa sebagai bahan dasar dalam pengolahan makanan tambahan bagi balita.

Menurut Sodikin, dunia usaha juga sangat berperan dalam mensuport program pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting desa khususnya perusahaan di area Desa Bunati.

Dari hasil sarang burung waletlah Desa Bunati membuat kreasi dalam berinovasi hingga menjadi yang terbaik tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.

“Beberapa kreasi yang kami buat tersebut yakni makanan tambahan dari bahan sarang burung walet terbagi ke dalam lima menu diantaranya bubur sarang walet, sup sarang walet, puding sarang walet, es krim sarang walet dan kimbab sarang walet,” sebutnya.

Baca Juga :  Seminar Partai Nasdem, Bakesbangpol Harap Pemilu 2024 Tidak terjadi Kekerasan

Selain itu, aktivitas kader kesehatan di Desa Bunati dalam upaya pencegahan stunting juga terbilang cukup aktif. Hal ini terlihat dari kegiatan yang dilakukan seperti posyandu rutin sekali sebulan, kunjungan door to door, sosialisasi stunting dan gizi anak serta konsultasi kesehatan.

“Atas nilai terbaik tingkat kabupaten ini, kami bersama kader-kader kesehatan semakin termotivasi untuk tetap mempertahankan hasilnya serta kami berupaya untuk selalu belajar lebih baik dari yang sudah ada hari ini,” pungkas Sodikin.

Sementara itu, Camat Angsana Liana Hamita, mengatakan prestasi yang di raih pada kesempatan ini bukan karena kebetulan, akan tetapi melalui proses panjang persiapan yang dilakukan oleh kader kesehatan desa dengan penuh tanggung jawab.

“Saya bangga dengan prestasi yang dicapai kader-kader kesehatan Desa Bunati, semoga prestasi ini dapat dipertahankan dengan baik serta menjadi motivasi desa lainnya untuk berpacu mencegah stunting,” ucap Liana Hamita.

Adapun gelaran Lomba Inovasi Desa dalam rangka Percepatan Pencegahan Stunting tingkat Kabupaten Tanah Bumbu diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) berlangsung sejak 28 Oktober sampai 10 November 2022 diikuti 12 desa perwakilan masing-masing kecamatan.

Berikut pemenang lomba :
1. Desa Bunati Kecamatan Angsana terbaik pertama
2. Desa Mekar Jaya Kecamatan Kusan Tengah menempati posisi kedua
3. Desa Tri Martani Kecamatan Sungai Loban berhak atas posisi terbaik ketiga. (Zh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *