Informasi Tajam dan Terpercaya

Semarak HKN ke-58 Goyang Pantai Pagatan

Avatar photo

TANAH BUMBU – Ada hal yang spesial dalam perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Pantai Pagatan, Dinas Kesehatan menghadirkan tokoh sepuh yang masih sehat bugar diusia senja.

“Alhamdulilah sesepuh kita bisa berdiri tegak.” ucap Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Setia Budi menunjukkan, diusia yang tidak muda lagi tetapi tetap sehat, Sabtu (12/11/2022)

HKN ke-58 tahun 2022 bertema ‘bangkit Indonesiaku sehat negeriku’¬† dilaksanakan di Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir menghadirkan jajaran Dinas Kesehatan, 14 Puskesmas, Laboratorium Kesehatan, Rumah Sakit Daerah Andi Abdurrahman Noor, dan layanan kesehatan swasta.

Budi menyampaikan tujuan pelaksanaan HKN ini sesuai dengan instruksi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan beberapa tahapan sampai puncak HKN.

Kegiatan mulai dari ziarah ke makam pahlawan, upacara Hari Kesehatan Nasional ke 58 yang akan dilaksanakan tanggal 14 November 2022 bertempat di Kantor Bupati Tanah Bumbu, sunatan massal, vaksinasi, dan kegiatan lainnya.

Adapun kegiatan di hari ini (kemarin), melaksanakan kegiatan ramah tamah HKN, lomba-lomba, kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan HKN, yang dihadiri Ketua Tim Pembina PKK Wahyu Windarti Zairullah Azhar dan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Suci Anisa Rusli.

“Kami dari jajaran kesehatan juga akan melaksanakan kegiatan tambahan pada hari puncak kesehatan nasional, yang akan dilaksanakan di hari Senin, melaksanakan sunatan, pemasangan Implan, dan vaksinasi Covid-19, alhamdulillah vaksinasi sudah datang kurang lebih 6.000,” ujarnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Mariani, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu mengucapkan selamat HKN ke-58.

Mariani menceritakan, kesehatan menjadi tantangan bertubi-tubi beberapa tahun terakhir di Indonesia termasuk di Tanah Bumbu.

“Belum usai rasanya Covid-19, kita diterpa lagi isu cacar monyet, dan terakhir yang sangat memilukan ketika ditemukan lebih 140 anak Indonesia meninggal akibat gagal ginjal.” kata Ir Mariani MP Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.

Baca Juga :  Tandatangani MoU, Pemkab Tanbu Percepat Tangani Keluhan dan Laporan Masyarakat

Hal lain katanya, yang menjadi perhatian terhadap anak-anak di Tanah Bumbu, adalah persoalan stunting, gizi buruk, dan perilaku hidup berkeluarga.

Ia sangat berharap Hari Kesehatan Nasional  ke-58 menjadi momentum untuk menjadi evaluasi bidang kesehatan untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu sehat.

“Melalui momentum ini, dengan tema bangkit Indonesiaku, sehat negeriku, diharapkan menjadi semangat bagi pembangunan, termasuk masyarakat umum, dan khususnya para penggiat sektor kesehatan untuk terus berkarya,” ucap Mariani.

Secara Internal, pemerintah daerah juga akan melakukan evaluasi terhadap infrastruktur kesehatan yang sudah dibangun selama ini.

Pelaksanaan HKN dilaksanakan setiap tahun dan dimulai pada tanggal 12 November 1964 atas keberhasilan pemberantasan malaria yang menjadi titik awal kebersamaan seluruh komponen bangsa Indonesia dalam membangun kesehatan di Indonesia. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *