Informasi Tajam dan Terpercaya

Teng, Voli Putra Tanah Bumbu Bawa Pulang Medali Emas Porprov Kalsel

Avatar photo

HULU SUNGAI SELATAN – Tim voli putra Tanah Bumbu sukses membawa pulang medali emas Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Selatan XI 2022 di Hulu Sungai Selatan (HSS), setelah mengandaskan Tanah Laut pada partai final, Jumat (11/11/2022).

Tim voli putra Tanah Bumbu tampil begitu percaya diri selama jalannya pertandingan, meski sempat terlibat duel sengit dengan tim yang sempat mengalahkannya di penyisihan group.

Namun akhirnya, laga pamungkas yang digelar di Lapangan Bola Voli Semi Indoor Komplek 2 Desember, Hulu Sungai Selatan tersebut, berhasil dimenangi oleh skuad Bumi Bersujud dengan skor sengit dan alot 25-23, 25-21 dan 25-23.

Kemenangan tiga set langsung atas Tanah Laut ini merupakan catatan terbaik sepanjang keikutsertaan tim voli pada ajang Porprov sejak 2006 silam, sekaligus revans atas kekalahan di penyisihan group atas tim yang sama.

Dikonfirmasi melalui pesan chat whatsapp, Sekretaris Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) Tanah Bumbu, Abdul Zabir, menyampaikan bahwa tim voli putra bermain all out hingga menjadi juara.

“Alhamdulillah, ini medali emas pertama cabang olahraga voli indoor selama mengikuti Porprov dari tahun 2006 silam,” ungkapnya kepada Goodnews.co.id seusai pertandingan.

Untuk kategori voli putra, Tanah Bumbu mengalami peningkatan cukup berarti karena pada Porprov di Tabalong tahun 2017 lalu mendapatkan perunggu.

Setelahnya, tim voli putra melampaui capaian pada Kejurprov tahun 2021 berhasil merebut medali perak.

Menurutnya, kemenangan krusial ini adalah momen balas dendam, dimana pada pertandingan pertama penyisihan group, Tanah Bumbu takluk dengan skor 3-0 di hadapan Tanah Laut.

“Saat pertandingan pertama, ada faktor kelelahan atlet, selain itu juga dipengaruhi kondisi lapangan karpet yang pemain belum terbiasa bermain di lapangan jenis itu,” bebernya.

Baca Juga :  PGRI Tanbu Berikan Penghargaan Anugerah Cendikia 2022

Atas capaian ini, Zabir berharap semoga bisa memacu atlet-atlet muda generasi berikutnya, karena penyelenggaraan Porprov berbatas usia, tahun ini maksimal umur kelahiran tahun 2000.

Secara keseluruhan, cabang olahraga bola voli Tanah Bumbu berhasil mengumpulkan 3 medali terdiri dari 1 emas (voli putra), 2 perunggu dari voli putri dan voli pasir putri.

Berikut kami rangkum perjalanan tim voli putra Tanah Bumbu menuju tangga juara:

1. Penyisihan group kalah 3-0 dari Tanah Laut
2. Menang 3-0 melawan
Balangan
3.Menang 3-0 saat berhadapan dengan Kota Banjarmasin
4. Menang 3-0 lawan Tabalong
5. Di tabel klasemen Tanah Bumbu menempati posisi runner up di bawah Tanah Laut, sekaligus menghantarkan squad Bumi Bersujud ke semi final melawan Tapin, dan menang dengan skor telak 3-0.
6. Final menang 3-0 atas Tanah Laut.

Merilis data dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Tanah Bumbu, hingga saat ini, kontingen atlet Tanah Bumbu sudah berhasil mengumpulkan total 108 medali, terdiri dari 26 emas, 28 perak dan 54 perunggu.

Untuk klasemen, hingga berita ini rilis masih menunggu update resmi dari panitia penyelenggara Porprov Kalsel XI. (Zh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *