Informasi Tajam dan Terpercaya

Tanah Bumbu Terima 8 Kode Wilayah Desa Definitif di Hari Pahlawan

Avatar photo

TANAH BUMBU – Kabupaten Tanah Bumbu menerima kode wilayah 8 desa definitif dan penyesuaian total 171 desa di Hari Pahlawan 10 November 2022 di hotel Horison Grand Serpong, Tangerang, Kamis (10/11/20221).

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Ambo Sakka, bersama Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Syamsuddin dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Syamsir, menerima penyerahan kode wilayah desa dari Wakil Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, John Wenpi Wetipo, di hotel Horison Grand Serpong Tangerang sekaligus mengikuti Rakornas bersama Gubernur, Bupati, Wali Kota, dari seluruh Indonesia.

Menurut Samsir, setelah menerima kode wilayah desa, akan melakukan koordinasi dengan Kemendagri terkait Kepmen sebagai dasar untuk memperoleh SIAK Adminduk kemudian menjadi dasar pembuatan administrasi kependudukan dan Kepala Desa yang baru.

“Terkait regulasi, tinggal menyesuaikan saja yang tadinya desa persiapan menjadi desa definitif, setelah mendapatkan kode desa,” ucap Samsir.

Penyerahan kode wilayah desa kepada Bupati Tanah Bumbu menjadi spirit di Hari Pahlawan 10 November 2022, karena selama 1 tahun 3 bulan Tim Pemekaran di tingkat kabupaten, para Camat, Kepala Desa memperjuangkan desa persiapan menjadi desa definitif.

Perjuangan tersebut bukan tanpa tantangan katanya, karena harus mengikuti Permendagri Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa yang mengharuskan 61 desa induk di Tanah Bumbu dan 8 desa persiapan, memenuhi nilai skor minimal 90 persen, ditambah lagi, batas desa harus jelas dan melalui verifikasi Badan Informasi Geosfasial (BIG) di Cibinong Bogor.

Setelah melalui proses pembentukan 8 desa persiapan menjadi desa definitif, maka keberhasilan tersebut akan menjadi acuan untuk pemekaran selanjutnya, disamping upaya Kemendagri melakukan moratorium sampai batas pemilu dan pilkada.

Baca Juga :  PGRI Tanbu Berikan Penghargaan Anugerah Cendikia 2022

Kedelapan desa tersebut, Karang Nunggal di Kecamatan Karang Bintang. Hidayah Makmur, Plajau Mulia, Kupang Berkah Jaya di Kecamatan Simpang Empat. Desa Sido Rejo, Beruntung Raya, Barakat Mufakat, dan Makmur Jaya di Kecamatan Satui.

Syamsir mengakui, pencapaian memperoleh kode wilayah desa dari Kemendagri melalui Deputi Bina Administrasi Wilayah (BAK) kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, berkat dorongan dari Bupati Zairullah Azhar dalam memberikan arahan dan dukungan agar pemekaran desa segera diusulkan sampai ke tingkat pusat. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *