Informasi Tajam dan Terpercaya

Zairullah Azhar Paparkan Tantangan Forum Nasional LKSA

Avatar photo

BANJARBARU – Presiden Anak Yatim Indonesia atau Ketua Umum Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Abah Haji Zairullah Azhar mengukuhkan Pengurus Pusat di hotel Novotel Banjarbaru, Sabtu (5/11/2022).

Pengukuhan Pengurus Pusat LKSA juga melaksanakan Rapat Kerja Pengurus Pusat periode 2022-2027 tanggal 5-6 November 2022.

Abah Haji Zairullah Azhar menyampaikan pesan penting dalam sambutannya, agar melakukan penguatan landasan undang-undang yang lebih kuat terhadap anak-anak yatim, support kebutuhan anak-anak, perlindungan anak, dan pengurus panti.

Tantangan LKSA ke depan secara internal katanya, panti asuhan di seluruh Indonesia masih membutuhkan perhatian dan sumber finansial yang jelas, sehingga dapat mengatasi keberlangsungan panti asuhan.

Secara eksternal anak-anak membutuhkan perlindungan secara undang-undang. Anak-anak belum banyak mendapatkan kasih sayang, kepedulian terhadap anak-anak, dukungan terhadap panti asuhan. Hal ini kata Zairullah Azhar, perlu untuk dikomunikasikan.

Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) merupakan organisasi sosial atau perkumpulan sosial yang melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial anak, baik berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum.

LKSA menjadi harapan bagi anak-anak asuh dalam panti dan luar panti untuk memenuhi kebutuhan primer seperti sandang, pangan dan papan, kesehatan, maupun pendidikan yang kurang berpihak.

Organisasi LKSA berdiri berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial.

Dasar kedua, Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, dan ketiga, Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Standar teknis Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Sosial di Daerah Provinsi dan di Daerah.

Abah Haji Zairullah Azhar terpilih sebagai Presiden Anak Yatim atau Ketua Umum LKSA pada Munas II di hotel Best Western Banjarmasin tanggal 8 oktober 2022. (MAS)

Baca Juga :  Tanah Bumbu Juara 1 Nasional Lomba Masak Serba Ikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *