Informasi Tajam dan Terpercaya
Kalsel  

Paman Birin Bikin Rekor Turdes Estafet Terpanjang

Avatar photo

BANJARMASIN – Kegiatan turun ke desa (turdes) dalam rangka pengendalian inflasi akan dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), yang di pimpin langsung Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor ke 13 kabupaten kota, mulai tanggal 3 sampai 7 November 2022.

Untuk itu, Pemrov Kalsel melaksanakan rapat koordinasi pemantapan yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar dan dihadiri para asisten, staf ahli gubernur, dan kepala SKPD di Gedung Idham Khalid Kantor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Rabu (2/11/2022).

Rakor ini membahas persiapan pelaksanaan turdes, mulai rute-rute yang dilewati, titik lokasi yang disinggahi, bantuan yang akan diserahkan, para mekanik, stok BBM dan sebagainya.

Roy menyampaikan, turdes dalam rangka pengendalian inflasi ini selain menyapa masyarakat di tiap-tiap kabupaten, Gubernur Kalsel juga akan menyerahkan bantuan pada setiap titik.

Selain itu, turdes ini nantinya juga akan memecahkan rekor MURI dengan kategori turdes dengan estafet terpanjang.

“Seluruh kepala SKPD wajib ikut dalam kegiatan turdes, dengan tim masing-masing,” ujar Roy yang didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kalsel, Nurul Fajar Desira dan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Informatika, Faried Fakhmansyah yang menjelaskan seluruh rangkaian kegiatan.

Dalam rapat, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalsel,  Suparmi memastikan persiapan di titik yang menjadi tangung jawabnya, sudah dilakukan koordinasi dengan pihak terkait dan dinyatakan persiapan sudah rampung.

Sedangkan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel, sudah memaksimalkan petugas dalam memback up rombongan turdes, termasuk koordinasi jajaran terkait.

Sementara, dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel, akan mempersiapkan peralatan olahraga untuk dibagikan di sembilan kabupaten, ditambah kegiatan pembukaan Porprov Kalsel.

“Kalau satu dibantu, ya dibantu semua,” pesan Roy.

Baca Juga :  Lantik Penjabat Bupati, Ini Pesan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor

Diperkirakan akan terlibat dalam kegiatan, sedikitnya 150 kendaraan roda dua dan 109 mobil.

Dalam rapat, Faried Fachmansyah menyebutkan, turdes kali ini akan memecahkan rekor MURI untuk jarak tempuh turdes terpanjang dari kegiatan-kegiatan yang sama sebelumnya.

Tiap titik yang disebut singgahi akan dilakukan penanaman pohon oleh Paman Birin, penyerahan bantuan peralatan olahraga dan paket sembako.

Di akhir rapat, Fajar Nurul Desira mengingatkan terkait faktor keselamatan rombongan yang perlu diperhatikan dengan mengatur kecepatan kendaraan, tidak di luar jalur, titik istirahat, dan sebagainya.

Turdes dimulai dari Kantor Gubernur Kalsel di nol kilometer Banjarmasin, pukul 08.00 Wita menuju Sungai Cuka Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut, lanjut ke Tanah Bumbu, Kotabaru, dan Hulu Sungai Selatan, dan seterusnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *