Informasi Tajam dan Terpercaya

DLH Gelar Rakoor Pengelolaan Sampah Serambi Madinah

Avatar photo

TANAH BUMBU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar rapat koordinasi (rakoor) pengelolaan sampah desa, bertempat di Kantor DLH Tanbu di Batulicin, Selasa (1/11/2022).

Kepala DLH Tanbu Rahmad Prapto Udoyo melalui Kepala Bidang PSLB3, Indah Maya Suryanti mengatakan rakoor dalam rangka peningkatan kesadaran dan peran serta masyarakat yang dalam hal ini lingkup RT, Desa dan Kecamatan, serta menjalin sinergitas yang baik antara pemerintah desa, kecamatan dan pemerintah daerah dalam hal pengelolaan sampah di Bumi Bersujud.

Rakoor ini melibatkan seluruh Camat yang di dampingi oleh Kasi Program Pengembangan Pemberdayaan Desa masing-masing kecamatan, instansi terkait yaitu Bappedalitbang, Dinas PMD, Dinas PUPR, dan Delapan Kepala Desa yang memiliki TPS 3R beserta pengelolanya.

“Pertemuan ini adalah implementasi dari salah satu paket kebijakan dalam hal persampahan yang tertuang pada dokumen strategi sanitasi Kota atau Kabupaten (SSK) Tanah Bumbu tahun 2020-2024 yaitu 1 Desa 1 pengelolaan sampah,” sebut Indah.

Ia mengatakan, selama dilakukan pembinaan pengelolaan sampah dengan pihak kecamatan dan desa, ada beberapa masalah yang diinventarisir menjadi kendala, yaitu masih ada beberapa pihak yang belum memahami konsep pengelolaan sampah di masing-masing area, serta pengalokasian anggaran dana desa untuk mendukung pengelolaan sampah.

Oleh karena itu, pada pertemuan tersebut disampaikan konsep pengelolaan sampah sederhana berupa diagram alur di lingkup desa dari sumbernya yaitu rumah tangga melalui proses pemilahan dan pemanfaatan kembali sampah organik dan anorganik, pengumpulan dan pengangkutan sampah oleh pelaku yang dapat berbentuk kelompok swadaya masyarakat (KSM), dan penempatan sampah pada titik TPS tertentu yang selanjutnya akan diangkut oleh DLH ke TPA serta mekanisme pembayaran retribusinya.

Baca Juga :  5 Kunci Sukses Tingkatkan Kualitas Diri

Selain itu, terkait dengan alokasi dana desa dan melibatkan Bumdes untuk pengelolaan sampah, dihadirkan narasumber dari dinas PMD Tanbu.

“Harapannya adalah melalui peran serta semua pihak akan menciptakan lingkungan yang bersih dan asri yang sejalan dengan motto Kabupaten Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah,” pungkasnya. (Rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *