Informasi Tajam dan Terpercaya

Inovasi Detak-detik Sosialisasi di Kecamatan Sungai Loban

Avatar photo

TANAH BUMBU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu (Disdukcapil Kab Tanbu) menggelar sosialisasi Inovasi Desa Tertib Administrasi Kependudukan Dengan Teknologi Informasi Komunikasi (Detak-detik) di Kecamatan Sungai Loban, Rabu (2/11).

Sosialisasi dibuka langsung Kepala Disdukcapil Tanbu Gento Hariyadi, sedangkan pesertanya merupakan pejabat dan operator pelayanan di desa se-Kecamatan Sungai Loban.

Gento menjelaskan inovasi detak-detik merupakan inovasi baru yang diluncurkan oleh Disdukcapil Tanbu dalam rangka mendekatkan pelayanan adminsitrasi kependudukan (adminduk) ke masyarakat.

Caranya yaitu dengan membuka tempat layanan di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dengan dibukanya layanan di desa dan kelurahan tersebut tentunya masyarakat lebih diuntungkan karena berurusan hanya sampai di Kantor Desa atau Kelurahan saja.

“Masyarakat lebih diuntungkan dengan inovasi ini. Selain hemat biaya, juga hemat waktu,” ucapnya.

Sedangkan disisi manfaat yang diperoleh oleh pemerintah desa adalah data desa menjadi update, real time data, dan desa juga dimudahkan menyusun monografi desa.

Kabid Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Muhammad Hasan menambahkan ada sebanyak 17 desa dan 1 desa persiapan yang mengikuti sosialisasi inovasi Detak-detik di wilayah Kecamatan Sungai Loban,” sebut Kepala Disdukcapil Tanbu, Gento Hariyadi.

Dikatakannya, sosialisasi yang dilakukan ini merupakan yang ke-5 kalinya digelar setelah sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Karang Bintang, Mantewe, Teluk Kepayang, dan Angsana. (Rah)

Baca Juga :  Laga Silaturahmi, Tim Futsal Paman Birin Menang Telak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *