Informasi Tajam dan Terpercaya

Dorong Partisipasi Pemilih Pemula dalam Pemilu

Avatar photo

TANAH BUMBu – 60 pelajar mengikuti sosialisasi pencerahan politik bagi pemilih pemula di SMA Negeri 1 Angsana, Selasa (1/11/2022).

Sosialisasi Pendidikan politik bagi pemilih pemula, bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada pilkada serentak di seluruh Indonesia pada tahun 2024 nanti.

Badan Kesatuan Bangsa Politik menfasilitasi kegiatan sosialisasi dengan menghadirkan nara sumber Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Firdaus Ansyari

Firdaus menyampaikan sebagai pemilih pemula, siswa harus menyiapkan diri ikut berpartisipasi dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Kepala Daerah, legislatif, sebagai politik yang diberikan oleh negara.

Nara Sumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Bumbu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kepala Sekolah SMAN1 Angsana.

Selanjutnya, Plt Bakesbangpol Nahrul Fajeri juga menyampaikan agar mereka bisa aktif dan mengikuti program pemerintah daerah Satu Desa Satu Masjid sebagai bagian mewujudkan Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah.

Secara khusus, materi pendidikan politik disampaikan nara sumber dari KPU dan Bawaslu yang memberikan pemahaman etika, budaya, politik, dalam kehidupan sehari-hari, keluarga, sekolah.

Biasanya Bawaslu memberikan materi bagaimana meningkatkan partisipasi dan kesadaran berdemokrasi mengawasi pemilu agar berjalan dengan lancar dan baik.

Program itu diberi nama oleh Bawaslu RI sebagai Bawaslu goes to School yang dirancang untuk melakukan pengenalan bagi pemilih pemula dan pencegahan terhadap pelanggaran pemilu. (MAS)

Baca Juga :  Seminar Partai Nasdem, Bakesbangpol Harap Pemilu 2024 Tidak terjadi Kekerasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *