Informasi Tajam dan Terpercaya
Kalsel  

Paman Birin Harap Wisudawan Ciptakan Lapangan Kerja

Avatar photo

BANJARMASIN- Pada momen wisuda ke-37 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia Banjarmasin, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau yang akrab disapa  Paman Birin berpesan kepada wisudawan dan wisudawati untuk menciptakan lapangan kerja sendiri.

Hal tersebut disampaikan Paman Birin  dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, Subhan Nor Yaumil, Sabtu (29/10/2022).

Lebih lanjut Paman Birin mengatakan, berwirausaha dengan format usaha kecil dan menengah bisa menjadi pilihan, dimana para wisudawan dan wisudawati sudah dibekali pendidikan seputar wirausaha atau beririsan dengan bidang tersebut.

“Daya pikir dan daya juang saudara sangat dibutuhkan untuk membuka usaha-usaha baru, dan memberikan kesempatan bekerja pada para pemuda-pemudi usia produktif,” katanya.

Paman Birin menambahkan, jika dalam membangun UMKM memiliki kendala atau permasalahan, pemerintah telah menerapkan kebijakan agar pelaku umkm mendapat berbagai kemudahan berupa fasilitas pembiayaan, pelatihan usaha, hingga kesempatan mengikuti pengadaan barang atau jasa pemerintah melalui pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Terhitung hingga tanggal 11 oktober 2022, lembaga perizinan berusaha atau OSS telah menerbitkan sekitar 2 juta NIB untuk UMKM di seluruh wilayah Indonesia, mencakup 31 ribu NIB di wilayah Kalimantan Selatan,” terang Paman Birin.

Lebih lanjut, Paman Birin menuturkan, merintis UMKM sesungguhnya adalah sesuatu yang membanggakan, tidak hanya bagi aktualisasi diri sendiri, tapi juga bagi kemajuan perekonomian nasional.

“Sebanyak 120 juta dari 133 juta angkatan kerja di indonesia berasal dari sektor umkm, dan 61,7 persen PDB indonesia disumbangkan oleh umkm dengan mayoritas usaha mikro,” katanya.

Sebagai informasi, Jumlah yang di wisuda sebanyak 302 orang dengan rincian, wisuda ke-37 dari Program Sarjana Manajemen sebanyak 117 orang, wisuda ke-35 Program Sarjana Akuntansi sebanyak 118 orang dan wisuda ke-12 Program Magister Manajemen sebanyak 67 orang.

Baca Juga :  November, Paman Birin Banjir Penghargaan Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *