Informasi Tajam dan Terpercaya
Kalsel  

Tim Delegasi GGN Kunjungi Kalsel

Avatar photo

BANJARBARU –  Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Roy Rizali Anwar menerima kunjungan dari Tim delegasi Global Geopark Network (GGN). Kehadiran mereka ingin memastikan Geopark Meratus Indonesia dapat masuk dalam Geopark UNESCO Global.

Roy berharap kehadiran mereka dapat bisa menikmati keindahan alam di Kalsel, termasuk kawasan Pegunungan Meratus.

“Bila terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki, mohon diinformasikan agar kami bisa melengkapi kekurangan yang ada,” ujar Roy.

Roy meminta Assisten I Setda Provinsi Kalsel agar dapat mendampingi tim GGN mengenalkan destinasi wisata mulai wisata alam, kuliner, UMKM.

Lokasi yang akan dikunjungi tim GGN adalah sejumlah geosite seperti konservasi Bekantan (Bekantan Research Station) di Pulau Curiak, Kabupaten Barito Kuala, Geosite Serpentinit Kiram, Kabupaten Banjar, Geosite Hutan Serpentinit Sultan Adam Mandiangin, dan Pusat Informasi Geologi dan Geopark Sultan Adam Mandiangin.

Selanjutnya, ke konservasi Anggrek dan Rusa Sambar Sultan Adam Mandiangin, pendulangan Tradisional Intan Cempaka Kota Banjarbaru, Kampung Purun, dan Kampung Sasirangan di Kota Banjarbaru, Desa Wisata Belangian di Kabupaten Banjar, dan Hutan Hujan Tropis Kahung Kabupaten Banjar, kawasan Tambang Batubara Oranje Nassau (Pengaron) Kabupaten Banjar, dan Balai Adat.

Sementara itu, Jenderal Global Geopark Network (GGN) dan Ketua Dewan UNESCO Global Geopark (UGGP), DR Guy Martini mengatakan, tim akan melakukan analisa situasi dan akan memberikan opini.

Selain DR Guy Martini, Ir Hanang Samodra hadir selaku Peneliti Utama Geologi, Pusat Riset Sumber Daya Geologi BRIN, dan sebagai perwakilan UNESCO untuk Geopark di Indonesia.

Kemudian, DR Budi Martono, Ketua Jaringan Indonesia, Advisory Committee of Global Geoparks Network (GGN), dan General Manager Sewu UGG. Dr Ir Jatmika Setiawan, M.T, Peneliti Geologi dari UPN Veteran Yogyakarta, dan Konsultan Geopark Nasional Meratus.

Baca Juga :  Laga Silaturahmi, Tim Futsal Paman Birin Menang Telak

Terakhir, Dr Ir Joko Soesilo, MT, Peneliti Geologi dari UPN Veteran Yogyakarta, juga Konsultan Geopark Nasional Meratus. Tim GGN akan bereksplorasi di Kalsel selama kurang lebih 7 hari.

Nampak Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Nurul Fajar Desira, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana turut hadir menyambut tim dari Global Geopark Network. (Fitri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *