Informasi Tajam dan Terpercaya

SDIT Dhia El Widad Juarai Sekolah Ramah Anak Terbaik di Tanbu

Avatar photo

TANAH BUMBU – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Dhia El Widad Kecamatan Sungai Loban berhasil meraih predikat sebagai juara pertama sekolah ramah anak tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.

Prestasi ini diraih dalam lomba yang diselenggarakan Pemkab Tanah Bumbu di bawah leading sektor Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022.

Seremonial pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dilakukan di Gedung Mahligai Bersujud Kapet Kecamatan Simpang Empat dan diserahkan langsung oleh Bupati Tanah Bumbu H.M Zairullah Azhar, Selasa (25/10/2022).

Sebagai juara pertama, sekolah berbasis islami itu berhak memperoleh piagam penghargaan serta uang pembinaan. Dalam penyerahannya, pihak sekolah diwakili Eko Supian selaku kepala sekolah.

Ketika dikonfirmasi Goodnews.co.id, Kepala SDIT Dhia El Widad, Eko Supian, mengungkapkan bahwa pihaknya tidak menyangka jika sekolahnya akan meraih predikat juara pertama.

Menyinggung sekolah ramah anak, dia menilai sangat penting diterapkan di sekolah, karena tujuan programnya adalah untuk dapat memenuhi, menjamin dan melindungi hak anak, serta memastikan bahwa satuan pendidikan mampu mengembangkan minat, bakat dan kemampuan anak serta mempersiapkan anak untuk bertanggung jawab kepada kehidupan yang toleran, saling menghormati, dan bekerjasama untuk kemajuan dan semangat perdamaian.

“Satuan pendidikan diharapkan tidak hanya melahirkan generasi yang cerdas secara intelektual, namun juga melahirkan generasi yang cerdas secara emosional dan spiritual,” tegas Eko.

Bagi dia, keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari keterlibatan dan dukungan penuh dari seluruh stakeholder di satuan pendidikan, baik dari guru-guru, peserta didik, orang tua siswa, komite sekolah, yayasan, lembaga atau instansi lainnya. Dan untuk mendapatkan dukungan dari semua pihak tersebut tentunya perlu terjalin komunikasi yang baik didalamnya.

Baca Juga :  Seminar Partai Nasdem, Bakesbangpol Harap Pemilu 2024 Tidak terjadi Kekerasan

“Prestasi ini kami peroleh berkat dukungan dari semua pihak, mulai dari pengurus yayasan, Dinas Pendidikan Tanah Bumbu, Dinas Lingkungan Hidup, Pemerintah Kecamatan Sungai Loban, seluruh dewan guru, orang tua siswa, komite sekolah, siswa-siswi dan seluruh pihak yg selama ini terus mensupport dan mendukung program-program di sekolah,” imbuhnya.

Menurutnya lagi, apa yang didapat ini tentunya bukan akhir dari perjuangan mewujudkan sekolah ramah anak, justru ini menjadi awal untuk lebih meningkatkan lagi kebijakan-kebijakan yang mengarah kepada sekolah ramah anak yang lebih baik lagi, harapannya bisa terus melangkah ke tingkat berikutnya.

Ditanya kunci keberhasilan sekolahnya, Eko membeberkan beberapa kebijakan yang selama ini diterapkan, diantaranya:
1. Penerapan disiplin positif
2. Tidak memberlakukan rangking kelas untuk pemberian penghargaan, tetapi penghargaan diberikan berdasarkan kelebihan masing-masing anak didik, sehingga semua anak dianggap istimewa
3. Lingkungan sekolah didesain seaman dan senyaman mungkin bagi anak.

Sementara itu Sekretaris Camat Sungai Loban Mutawally, selain hadir langsung menyaksikan penyerahan penghargaan juga menyampaikan ucapan selamat kepada SDIT Dhia El Widad.

“Semoga prestasi ini tidak membuat warga sekolah berpuas diri, melainkan prestasi ini hendaknya menambah semangat untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh siswa,” harapnya menutup statement.

Sejauh ini SDIT Dhia El Widad terus memperlihatkan tren prestasi membanggakan. Beberapa catatan positif yang ditorehkan diantaranya sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Kalsel dan Sekolah Penggerak Angkatan 3 Tahun 2022.

Berikut hasil penilaian Kategori Sekolah Ramah Anak tingkat kabupaten dalam mewujudkan Tanah Bumbu menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA):
1. Juara pertama SDIT Dhia El Widad berhak atas hadiah uang pembinaan sebesar Rp 4.500.000
2. Juara kedua SMPN 1 Satui mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 3.500.000
3. Juara ketiga SMPN 2 Kusan Hulu mendapatkan uang pembinaan Rp 2.000.000. (Z)

Baca Juga :  Tandatangani MoU, Pemkab Tanbu Percepat Tangani Keluhan dan Laporan Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *