Informasi Tajam dan Terpercaya

Hari Anak Nasional, Bupati Zairullah: Kunci Sukses Anak Belajar dan Berbakti

Avatar photo

TANAH BUMBU – Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar hadiri Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) sekaligus membuka Festival Forum Anak Daerah yang difokuskan di Gedung Mahligai Bersujud Kapet Kecamatan Simpang Empat, Selasa (25/10/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Zairullah menyampaikan bahwa meraih kesuksesan hidup selain dengan belajar bersungguh-sungguh juga dengan banyak meminta doa dari orang tua agar senantiasa menjadi anak yang berbakti.

Selain itu, Bupati juga mengajak anak-anak untuk optimis dan bergembira dalam meraih cita-citanya. Dan memiliki keyakinan akan tercapai serta menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara.

“Kalian adalah calon pemimpin Tanah Bumbu bahkan pemimpin nasional ke depan. Karena itu saya berpesan belajarlah belajar dan terus belajar. Dan satu lagi jangan lupa selalu meminta doa dari orang tua,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, perwakilan Forum anak Daerah (FAD) perwakilan seluruh kecamatan membacakan pesan suara anak daerah yang berisi suara anak-anak dalam pemenuhan hak mereka.

Menanggapi suara anak daerah tersebut, Bupati menyampaikan, pesan suara anak tersebut telah didengarkan dan telah dijalankan dalam memenuhi hak hak anak di daerah ini.

“Kami atas nama pemerintah daerah menerima dengan sepenuh hati. Insyaallah akan dijalankan dengan aturan dan kebijakan, bahwa anak anakku sekalian akan terlindungi,”

Lebih jauh Bupati juga menyampaikan, program pemerintah daerah yakni satu desa satu masjid dimana anak-anak difasilitasi untuk melakukan aktifitas belajar di masjid sekaligus memakmurkan masjid.

“Alhamdulillah sekarang sudah ada kurang lebih 171 masjid yang salah satu kegiatannya adalah anak-anak kita belajar sambil bermalam di masjid,” ujarnya.

Menurutnya, banyak kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak di masjid mulai belajar pengetahuan umum, agama, menghafal Alquran hingga melaksanakan shalat berjamaah.

Baca Juga :  PGRI Kusan Hilir Juara Umum Porseni Tahun 2022

”Sedini mungkin kita kenalkan mereka lingkungan masjid sehingga harapan kita ke depan mereka akan menjadi generasi yang cinta masjid penghafal Alquran dan menjadi generasi yang cerdas,” tutup Bupati.

Sebelumnya perwakilan anak dari Forum Anak Daerah selaku Ketua pelaksana Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Tanah Bumbu, Najwa Aprilia menyampaikan, FAD sebagai pelapor dan pelopor diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi daerah dalam memfasilitasi pemenuhan hak anak terutama mendukung program pemerintah daerah Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah.

“Forum anak daerah Tanah Bumbu dalam mendorong pemenuhan hak anak baik di bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya. “Kami atas nama anak daerah juga meminta disediakan tempat konseling anak di setiap Puskesmas, posyandu dan sekolah,” pintanya.

Selain menyampaikan pesan anak daerah, Najmi juga memaparkan sejumlah prestasi FAD Tanah Bumbu baik di tingkat provinsi hingga masional.
“FAD Tanah Bumbu masuk nominasi Anugerah DAFA AWARD Kementerian PPPA 2022,” pungkasnya.

Selian itu juga FAD Tanah Bumbu juga berkontribusi dalam kegiatan literasi digital melalui talkshow remaja cerdas cakap digital Dispersip Tanah Bumbu.

Adapun dalam kesempatan itu, Bupati HM Zairullah Azhar menerima tropy penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Peringkat Madya 2022 dari Menteri PPPA yang diserahkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Tanah Bumbu. (Z)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *