Informasi Tajam dan Terpercaya

Bagian Umum Setda Tanbu Musnahkan Arsip Didampingi Tim Penilai

Avatar photo

TANAH BUMBU – Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu berkomitmen mengelola kearsipan dengan baik. Salah satu upaya yang dilakukan berdasarkan aturan adalah pemusnahan arsip yang sudah tidak terpakai.

Pemusnahan sebanyak 1003 lembar arsip periode 2017 dilakukan dengan metode pencacahan menggunakan mesin pencacah kertas.

Pemusnahan arsip retensi tersebut sebagai bentuk komitmen dari Kabag Umum Setda Tanbu Al Husain Mardani dalam rangka menciptakan tata kelola arsip yang baik di instansinya tersebut, dan pemusnahan arsip ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan Bagian Umum Setda.

Pemusnahan Arsip dilakukan langsung oleh Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Tanbu Al Husain Mardani didampingi Kabid Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Tanbu Hj. Noryana di Ruang Rapat Bersujud 1 Kantor Bupati di Batulicin, Selasa (25/10/2022) kemarin.

Kabag Umum Setda Al Husain Mardani mengatakan pemusnahan arsip memiliki peran yang sangat penting karena terkait efisiensi dan efektivitas manajemen kearsipan karena pemusnahan arsip ini merupakan salah satu bentuk penyusutan yang sesungguhnya.

“Diharapkan dengan pemusnahan arsip retensi tersebut maka terciptanya pengelolaan arsip yang baik di Bagian Umum Setda Tanah Bumbu disamping tersedianya SDM Arsiparis, serta sarana dan prasarana pendukungnya,” sebutnya seraya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim Penilai Pemusnah Arsip yang melakukan pendampingan.

Kabid Kearsipan Dispersip Tanbu Hj. Noryana menambahkan pemusnahan arsip merupakan salah satu program untuk mengurangi jumlah arsip sehingga tercipta efisiensi dan efektifitas dalam penyelenggaraan kearsipan di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Sebelum pelaksanaan pemusnahan arsip dari Tim Penilai Pemusnah Arsip Bagian Umum Setda sudah melaksanaan koordinasi ke Lembaga Kearsipan Daerah yaitu Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka pendampingan proses pemusnahan arsip.

Baca Juga :  Tandatangani MoU, Pemkab Tanbu Percepat Tangani Keluhan dan Laporan Masyarakat

“Pelaksanaan pemusnahan arsip sudah sesuai Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2012 Tentang Pedoman Pemusnahan Arsip,” sebutnya.

Untuk tahapan selanjutnya Arsip Statis yang ada di Bagian Umum agar diserahkan ke LKD Kabupaten untuk memperbanyak khasanah Arsip Statis Kabupaten. (r3l)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *