404 Not Found

Maaf, halaman yang anda cari tidak tersedia atau URL yang Anda inputkan salah

Dispersip Kotabaru Gelar Bimtek Pembinaan Perpustakaan

KOTABARU, Goodnews.co.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kotabaru menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Perpustakaan se-Kalimantan Selatan di ruang referensi Disarsipus Dispersip Kotabaru, Kamis (18/4/2024).

Penyelenggaraan Bimtek ini bentuk sinergitas peningkatan kompetensi para pengelola perpustakaan, mulai di tingkat desa sekolah.

Kegiatan ini dibuka Kepala Dispersip Kotabaru, Ir Kamirudin, sekaligus memberikan sambutan.

Menurut Kamirudin, perpustakaan desa merupakan sarana peningkatan kualitas SDM yang mudah dijangkau masyarakat.

“Kami mengimbau untuk menjadikan perpustakaan desa sekolah sebagai sumber belajar masyarakat. Sosialisasi keberadaan perpustakaan beserta manfaatnya bagi kualitas SDM masyarakat pedesaan,” kata Kamirudin.

Kepala Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Selatan, Adethia Hailina, menambahkan Bimtek bertujuan untuk mengajarkan pengetahuan tentang bagaimana perpustakaan yang standar yang mana ketentuan perpustakaan nasional.

”Untuk tahun ini akan dipersiapkan untuk akreditasi perpustakaan desa dan sekolah. Dengan harapan adanya persiapan akreditasi ini sudah lebih peduli terhadap perpustakaan,” ucap Hailina.

Sementara itu, Koordinator Pembinaan Perpustakaan Daerah Kotabaru, Sofyan Hamid, mengatakan peserta mengikuti Bimtek adalah pengelola atau pengurus perpustakaan desa dan sekolah se-Kabupaten Kotabaru.

“Untuk itu kami mengajak secara pelan-pelan pada pengelola khusus di sekolah, karena setiap tahun pengelola perpustakaan diganti, unsur dari sekolah adalah indeks literasi pembangun masyarakat,” katanya. (E)

Kotabaru Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Internasional Paralayang

KOTABARU, Goodnews.co.id – Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Kabupaten Kotabaru, Sonny Tua Halomoan, sambut baik dukungan Ketua Paralayang Indonesia, menjadi tuan rumah kejuaraan internasional paralayang Seri 3.

Setelah pelaksanaan eksibisi Paralayang dan Gentole 2024 di Kotabaru, Sonny Halomoan merasa banyak mendapat pelajaran.

“Eksibsi paralayang dan gantole tahun 2024 di Kotabaru dilaksanakan lebih kurang 6 hari dimulai dari tanggal 11 sampai 17 April 2024,” kata Sonny, Kamis (17/4/2024).

Eksibisi Paralayang ini tak hanya diikuti oleh siswa-siswi atlet paralayang dari Kabupaten Kotabaru, tetapi juga berasal dari DKI Jakarta, Bogor, Bandung, Yoyakarta serta atlet lainnya dari seluruh Indonesia.

Sementara 12 siswa-siswa Kotabaru yang aktif melaksanakan kegiatan paralayang sedang mendapat pendidikan dengan harapan bisa mengikuti kejuaraan di level provinsi maupun di level internasional berikutnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh atlet atas kehadirannya di Kabupaten Kotabaru.

Setelah menerima banyak masukan dan catatan sebagai penyelenggara kegiatan, Sonny berharap kedepannya Kabupaten Kotabaru bisa menjadi tuan rumah kejuaraan internasional paralayang seri 3.

“Perlu diketahui seri 1 di Lombok dan seri 2 Banyu Wangi. Kita berjuang bagaimana Kabupaten Kotabaru bisa layak menjadi tuan rumah seri 3. Hasil diskusi dengan Ketua Paralayang Indonesia dan segenap pengurus FASI Provinsi maupun Kabupaten. Kita mendapat jadwal di tanggal 9 sampai 15 Juni,” pungkas Sonny. (E)

Pembukaan Pesta Mappanre ri Tasi’e Digelar 20 April

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) segera menggelar Festival Budaya Maritim Pesona Mappanre ri Tasi’e tanggal 20 Apri 2024 di Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Festival kali ini mengusung tema ‘Nelayan Berkah, Ikan Melimpah, Tanah Bumbu Serambi Madinah.’

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) Tanbu, H Syamsuddin, memastikan pelaksanaan acara tahunan ini dimulai pada hari Sabtu (20/4/2024) hingga Sabtu (4/5/2024).

“Pembukaan pada tanggal 20 April, sementara puncak pesta adat Mappanre Ri Tasie dengan parade kapal nelayan tanggal 28 April,” terangnya di Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Selasa (16/4/2024).

Mappanre ri Tasi’e, kata Syamsuddin, sebagai bentuk pelestarian budaya dan momentum kebangkitan wisata Kalsel.

“Ini merupakan festival budaya maritim, sebagai bentuk pelestarian budaya serta momentum kebangkitan wisata Kalsel,” kata Syamsuddin.

Ia berharap rangkaian panjang Mappanre ri Tasi’e mampu memberikan dampak terhadap pelaku Usaha mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Puluhan hingga ratusan stand produk lokal bagi pelaku UMKM berdagang,” jelasnya.

Berkaitan dengan kapan acara Mappanre ri Tasi’e di mulai, ia menjelaakan bahwa acara-acara sudah yang dimulai pada tanggal 17 April seperti lomba-lomba dan penampian artis Jakarta dan lokal.

“Banyak artis yang kita undang untuk manggung selama kegiatan acara agar lebih semarak,” terangnya.

Acara Mappanre Ri Tasie atau lebih dikenal dengan Pesta Pantai merupakan festival bercorak adat suku Bugis, yang menjadi budaya turun-temurun, dan dilaksanakan pada setiap bulan April di Pagatan.

Pesta pantai ini juga dirangkai dengan peringatan Hari Ulang Tahun Tanah Bumbu ke-21, pameran dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), unit layanan, BUMN, BUMD, dan hiburan rakyat. (E)

Sambut Artis dan Tamu Mappanre ri Tasi’e, Dishub Sediakan Pengamanan Khusus

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menyediakan pengamanan khusus menyambut artis dan tamu undangan pesta Mappanre ri Tasi’e.

Pengamanan dan pergerakan masuk dan keluar kendaraan di lokasi Mappanre ri Tasi’e telah disiapkan oleh Dishub, termasuk pengamanan kedatangan Bupati Tanah Bumbu, artis, dan tamu undangan lainnya.

“Yang pasti pengamanan sudah menjadi bagian dalam acara tersebut,” jelas Setia Budi, Rabu (17/4/2024).

Berkaitan dengan jalur jalan sekitar acara, Kepala Dinas Perhubungan Tanbu, H Setia Budi, mengatakan pihaknya bersaman Polres Lantas, TNI, Satpol PP dan Damkar, akan mengatur dan memetakan semua jalur-jalur pesta Mappanre ri Tasi’e.

Dishub juga menyiapkan posko pengamanan sebanyak 5 titik lokasi agar arus lalu lintas mudah dipantau dan diurai saat terjadi kemacetan.

“Ada sekitar 5 titik posko dan menyiapkan 50 persenil untuk pengamanan,” katanya.

Acara Mappanre ri Tasi’e rencananya akan dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah BumbubZairullah Azhar pada tanggal 20 April 2024.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Tanah Bumbu, Syamsuddin, menyampaikan bahwa acara sebenarnya sudah ada yang dimilai pada tanggal 17 April 2024, tetapi akan dibuka secara resmi pada tanggal 20 April 2024 oleh Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar.

Pesta Mappanre ri Tasi’e berlokasi di area Pantai Pagatan, menghadirkan artis Jakarta, penceramah agama, lomba seni, dan berbagai pameran menarik sampai puncak acara, atau berakhir tanggal 4 Mei 2024. (E)

Hari ke-2 Lebaran, Kunjungan Objek Wisata Kotabaru Meningkat

KOTABARU, Goodnews.co.id – Berdasarkan catatan sementara Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kotabaru, kunjungan wisatawan ke objek wisata Kotabaru mengalami lonjakan, Kamis (11/4/2024) lalu.

Diantara objek wisata paling banyak dikunjungi adalah Pantai Gedambaan, Air Terjun Tumpang Dua, dan wisata Ekowisata Hutan Meranti.

Kepala Disparpora Kotabaru, Sonny Tua Halomoan, mengatakan, sesuai data petugas lapangan wisata Pantai Gedambaan hari kedua lebaran ini tingkat kunjungannya mulai signifikan. Pengunjung dewasa bersekitar 1.000 orang dan anak-anak 350 orang.

“Untuk Ekowisata Hutan Meranti dan Tumpang Dua jumlah kunjungan belum ditentukan, datanya masih menunggu laporan,” kata Sonny.

Menurut Sonny, kunjungan relatif aman karena pihaknya bersama-sama stakeholder terkait terus memberikan imbauan kepada petugas.

“Relatif masih aman. Kami terus memberikan imbauan,” ucap Sonny.

Ia memastikan jumlah kunjungan akan terus meningkat hingga penghujung liburan pasca Idul Fitri.

Untuk memberikan rasa nyaman kepada pengunjung, pihaknya juga menyiapkan hiburan organ tunggal bagi para pengunjung.

“Sudah ready di wisata Pantai Gedamaan dan Ekowisata Hutan Meranti, air terjun masih akan dipersiapkan, untuk hiburan organ tunggal saja,” terang Sonny. (E)

Eksplor Pesona Paralayang dan Gantole di Bukit Mamake 11-17 April 2024

KOTABARU, Goodnews.co.id – Bupati Kotabaru Sayed Jafar dukung penuh eksplorasi pesona Bukit Mamake melalui Eksebisi Paralayang dan Gantole.

Bukit Mamake, berlokasi diantara dua desa yaitu Sarang Tiung dan Tirawan, Kecamatan Pulau Laut Sigam, punya potensi wisata olahraga dirgantara.

Waktu tempuh perjalanan menuju Bukit Mamake dari pusat perkotaan hanya sekitar 30 menit menuju puncak.

Pemerintah Kotabaru terus mempromosikan wisata Mamake SJA Hill (Bukit Mamake) melalui event eksibisi Paralayang dan Gantole tahun 2024, yang berlangsung selama 6 hari dari 11-17 April 2024.

Event ini diikuti atlet dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka datang dari Lombok, Yogyakarta, Bogor, dan Jakarta.

Bupati Kotabaru Sayed Jafar akan memberikan  dukungan penuh semua kegiatan olahraga dirgantara dan lainnya, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Kabupaten Kotabaru keindahan alam yang menakjubkan seperti pantai, bukit yang asri dan indah, sehingga sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai olahraga dirgantara seperti paralayang dan gantole,” ucapnya, Sabtu (13/4/2024).

Ia berharap melalui event ini akan lebih mudah mempromosikan olahraga kedirgantaraan, khususnya di wilayah Kabupaten Kotabaru, juga agar Kotabaru semakin dikenal masyarakat luas serta dapat memberikan nilai positif.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kotabaru, Sonny Tua Halomoan, menambahkan terkait event ini merupakan salah satu program kerja Bupati Kotabaru dalam memajukan perkembangan olahraga.

“Dalam Event ini untuk menggalakkan promosi pariwisata dan menggabungkan olahraga rekreasi dan olahraga kompetensi di Kabupaten Kotabaru,” kata Sonny.

Ia melanjutkan, beberapa atlet dari seluruh Indonesia akan hadiri mengikuti kegiatan tersebut. Ia berharap Kabupaten Kotabaru dapat menjadi tuan rumah dalam kejuaran internasional.

Ketua Paralayang Indonesia, Asgaf Umar, sangat mengapresiasi kegiatan ini dan merasa sangat takjub dengan keindahan alam Kotabaru.

“Pemerintah Kotabaru dalam pengembangan olahraga ini sangat baik. Maka saya berpesan kepada anak-anak yang sedang pendidikan untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, karena potensinya sangat besar,” tuturnya.

Asgaf akan mengusulkan Kabupaten Kotabaru untuk menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kejuaraan dunia paralayang dengan melihat potensi alamnya.

“Karena pelaksanaanya dua tahun sekali maka nanti saya akan mendiskusikan dengan kepala dinas terkait. Selain itu, saya sangat bangga dan mensupport kegiatan paralayang di Kabupaten Kotabaru dengan harapan untuk terus mengembangkan aktivitas dirgantara seperti paralayang dan gantole,” katanya

Menurutnya Kabupaten Kotabaru merupakan paket lengkap untuk pencinta olahraga paralayang. Sebelumnya Asgaf belum pernah dibeberapa kabupaten lain menemukan fasilitas dengan paket lengkap seperti yang ada di Kabupaten Kotabaru.

“Ada paralayang, gantole dan pramotor, dengan maju pengembangan dirgantara di Kotabaru ini kami sangat mengapresiasi kepala daerahnya dan kami akan memberikan penghargaan kepada Bupati Kotabaru sebagai bentuk apresiasi kepada beliau yang ikut serta membangun pengembangan tempat olahraga ini,” kata Asgaf. (S)

Pemasangan Tenda Expo Mappanre Ritasie di Pantai Pagatan

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Puluhan tenda terpasang di sekitar Lapangan 7 Februari, Kelurahan Kota Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah bumbu, Minggu (14/4/2024).

Tenda-tenda tersebut masih dalam proses pemasangan untuk kegiatan expo pelaksanaan rangkaian Mappanre Ritasie dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tanah Bumbu ke-21.

Ukuran tenda tersebut berukuran kurang lebih 4 meter, berjejer hingga pintu gerbang masuk pantai. Tenda inj nantinya akan diisi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan jajaran Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Tanah Bumbu.

Di Lapangan 7 Februari juga terlihat panggung cukup besar dengan tenda berukuran kurang lebih hampir selebar lapangan sepakbola.

Selain di lapangan, di tepi pantai terlihat juga panggung utama, yang dimana nantinya akan dijadikan tempat acara.

Acara Pesta Pantai dalam rangka HUT ke-21 Kabupaten Tanah Bumbu tampaknya akan meriah, persiapan pun sudah dilakukan oleh pihak penyelengggara sejak jauh-jauh hari.

Sebelumnya, persiapan kegiatan Mappanre Ritasie dibahas melalui rapat koordinasi dengan pihak terkait yang dipimpin Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Eka Safruddin, dan Kepala Dinas Pariwisata, H Samsudin, beberapa waktu lalu di ruang rapat Bupati.

Ia menyampaikan, efektivitas bekerjanya mulai tanggal 16 April hingga tanggal 20 April, ada waktu 5 hari harus segera selesai sampai pada pembukaan. (E)

Wakil Bupati Silaturahmi Bangun Kebersamaan di Desa Pandan Sari

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli, bersama Staf Khusus, Ustadz Hamzah, menggelar acara silaturahmi dan Halal Bihalal di Desa Pandan Sari, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (13/4/2024).

Acara tersebut dihadiri tokoh agama dan masyarakat dari berbagai latar belakang, diantaranya dari tokoh agama Islam dan tokoh agama Kristen.

Acara ini sekaligus menjadi momentum untuk meningkatkan kebersamaan, toleransi beragama, semangat persaudaraan dalam memajukan wilayah tersebut serta dalam semangat memperkuat ikatan batin antara pemerintah dan masyarakat.

Muhammad Rusli, dalam sambutannya menekankan pentingnya kerjasama dan kesatuan dalam pembangunan daerah, dengan harapan menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Sementara itu, Ustadz Hamzah, dalam tausiyahnya mengajak masyarakat untuk saling memaafkan dan bersatu dalam doa untuk kemajuan Tanah Bumbu, dan mendoakan keselamatan serta keberkahan bagi para pemimpin bangsa, khususnya para pemimpin Kabupaten Tanah Bumbu, agar selalu diberi kesehatan dan kejujuran dalam menjalankan tugas untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Acara ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat agar bersatu dalam doa untuk membangun kesejahteraan bersama.

Dengan semangat ini, Tanah Bumbu diharapkan akan terus berkembang dan memberikan manfaat bagi semua warganya. (E)

Tanah Bumbu Siapkan Pesta Mappanre Ritasie

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) Provinsi Kalimantan Selatan, membahas dan mempersiapkan rangkaian acara Mappanre ritasie dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Tanbu ke-21 yang berjuluk Bumi Bersujud, Sabtu (13/4/2024).

Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Kabupaten Tanbu, H Eka Safruddin, mengatakan Acara Mappanre ritasie akan dilaksanakan pada Minggu (21/4/2024).

Acara tersebut difokuskan dengan pagelaran expo melalui partisipasi seluruh satuan perangkat kerja daerah (SKPD).

Ia juga mengatakan, persiapan yang dilakukan adalah melakukan pemantapan dari pihak penyelenggara (event organizer) hingga penyampaian berbagai tahapan menuju suksesnya pelaksanaan tersebut.

Menurutnya, efektivitas pekerjaan dalam memantapkan persiapan acara tersebut dimulai tanggal 16 sampai 20 April dan dalam lima hari harus segera selesai sampai pada pembukaan.

Selain itu, kegiatan ini harus ada satu visi dan misi untuk menyukseskan pelaksanaan pesta laut dan ekspo.

“Melalui kegiatan ini, pemerintah daerah juga mengundang pihak luar yang menjadi peserta ekspo. Maka SKPD yang terlibat mulai sekarang sudah mempersiapkan bahan untuk mengisi pameran, dan mulai sekarang kepada SKPD bertanggung jawab untuk memberitahukan kepada seluruh SKPD lainnya,” kata Eka.

Ia berharap semua pihak yang terlibat fokus pada kegiatan, karena ada jeda waktu akibat benturan panitia dengan kepentingan lebaran Idul Fitri, sehingga efektif bekerja pada tanggal 16 April, namun berbeda dengan SKPD yang terlibat langsung.

“Untuk SKPD yang terlibat mulai sekarang sudah harus bergerak,” tambah Eka. (E)

Zairullah Azhar Open House di Istana Anak Yatim

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menggelar open house Idul Fitri 1445 Hijriah di Istana Anak Yatim, Jalan Batu Benawa, Kecamatan Simpang Empat, Rabu (10/4/2024).

Open house Idul Fitri 1445 Hijriah merupakan agenda rutin setiap tahunan yang diadakan oleh Bupati Tanbu untuk mempererat silaturahmi dengan masyarakat.

Berbagai menu masakan disediakan untuk para tamu, mereka datang setelah sholat Idul Fitri di Masjid Darul Azhar, tak jauh dari Istana Anak Yatim.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tamu undangan, termasuk para pejabat daerah, warga dari berbagai wilayah di Tanah Bumbu, dan Wakil Bupati Tanbu periode 2005-2010 Abdul Hakim beserta keluarga.

Zairullah menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H dan mohon maaf lahir batin atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk membangun kebersamaan, mempererat silaturahmi, dan memperkuat rasa kekeluargaan.

“Di Tanah Bumbu ini, tidak ada yang namanya pejabat. Pejabat itu adalah pelayan masyarakat, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah dan para sahabatnya,” katanya.

Masyarakat setempat yang datang mengaku senang bisa bersilaturahmi dengan Zairullah dan keluarga. (s)

Wakil Bupati Tanbu Open House di Mawar Sharon

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Wakil Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Muhammad Rusli, menggelar open house Idul Fitri 1445 Hijriah di kediamannya di Jalan Mawar Sharon, Desa Baroqah, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (10/4/2024).

Dengan penuh semangat dan keramahan, Wakil Bupati Tanbu tersebut menyambut para tamu yang datang dan tamu undangan dijamu dengan berbagai hidangan yang telah disediakan.

Sebelum menggelar open house, M Rusli terlebih dahulu melaksanakan salat Idul Fitri di Musala Al Madani Pelita 5, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Simpang Empat.

Pada salat Idul Fitri tersebut bertindak sebagai imam adalah Staf Khusus Bupati Tanbu, Ustadz Hamzah.

Setelah salat Idul Fitri, M Rusli melanjutkan dengan berziarah ke makam orang tuanya dan bersilaturahmi dengan saudara terdekatnya, H Isam, yang merupakan tokoh masyarakat ternama di Kalimantan Selatan.

M Rusli mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada seluruh masyarakat Tanbu.

Ia juga tidak lupa mengingatkan para pemudik untuk selalu berhati-hati dan menjaga keselamatan diri selama di perjalanan.

“Kepada seluruh masyarakat Tanah Bumbu dan bagi yang melakukan mudik, agar lebih berhati-hati dalam menempuh perjalanan,” pesannya. (E)

Zairullah Azhar Paparkan Capaian Pembangunan Tanbu 2023

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Bupati Zairullah Azhar menyampaikan capaian perkembangan pembangunan Tanah Bumbu (Tanbu) dalam Rapat Paripurna Istimewa sebelum melaksanakan Peringatan Hari Jadi ke-21, di Kantor DPRD Sepunggur, Senin (8/4/2024).

Zairullah Azhar menyampaikan rata-rata realisasi kinerja daerah sebesar 89,7 persen, dengan kategori sangat berhasil.

Tahun 2023, lanjutnya, Indeks pembangunan manusia (IPM) mencapai realisasi 73,86 dari target sebesar 72,21-72,57.

Pertumbuhan ekonomi Tanah Bukbu mencapai 4,84% dari target sebesar 4,51-5,00%, penurunan angka kemiskinan sebesar 4,12 persen dari target sebesar 4,18 – 4,04%, keamanan dan ketertiban dengan target 8,99-7,5% mampu mencapai realisasi 95,5% atau 9,23, dengan kesimpulan angka kriminalitas di Kabupaten Tanah Bumbu turun 50% selama tahun 2023.

Bergeser pada realisasi capaian indikator sasaran pembangunan daerah tahun 2023, ia menyebutkan, meningkatkan struktur sosiall madani diukur dengan indikator Indeks Kesalehan Sosial. Target 68,00-68,58, tercapai sebesar 71,00.

Hal itu dapat dicapai melalui strategi membumikan nilai-nilai religius di masyarakat, peningkatan pembangunan rumah tahfidz di setiap desa, peningkatan ibadah sosial, peningkatan kepedulian sosial dan relasi sosial, serta pelaksanaan Satu Desa Satu Mesjid.

Mengembangkan kegiatan kesalehan ritual dan Implementasi Serambi Madinah dalam bentuk kegiatan Lailatul Jumat, ibadah pagi rutin sebelum memulai aktifitas kerja di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Selanjunya pada peningkatan mutu pendidikan, disebutkan angka rata-rata lama sekolah diestimasi 8,24 tahun-8,31 tahun, terealisasi sebesar 8,30 tahun. Angka harapan lama sekolah dengan estimasi 12,395 tahun-12,405 tahun, terealisasi sebesar 12,60 tahun.

“Kedua capaian indikator sasaran ini sudah memenuhi target yang telah ditetapkan di tahun 2023 dengan capaian 95,5% dengan kategori sangat berhasil,” sebutnya.

Pada pembangunan derajat kesehatan masyarakat, target Usia Harapan Hidup (UHH) adalah 70,96-71,32 tahun terealisasi sebesar 74,28 tahun. capaian ini melebihi 0,02 poin dari target interval yang telah ditetapkan dalam RPJMD 2021-2026.

Selanjutnya penurunan angka kemiskinan, target penurunan angka kemiskinan pada kisaran 4,18% – 4,04%, dan mampu merealisasikan pada 4,12%.

Peningkatan Kualitas Infrastruktur Jalan,
Jalan dalam kondisi mantap yang pada tahun 2023, ditargetkan 59,00%-59,22%, proyeksi dapat terealisasi pada kisaran sebesar 55,52%.

Peningkatan Sistem Irigasi, berkinerja baik dengan target indikator Indeks Kinerja Sistem Irigasi 50,42 – 51,66, dan terealisasi sebesar 56,58 atau tercapai 112,22%.

Peningkatan Iklim Investasi, Pertumbuhan investasi tumbuh dengan sangat baik dengan realisasi 93,51 % dari target 10,03%-10,13%.

Disebutkan, pertumbuhan investasi ini dipengaruhi oleh pembentukan modal tetap bruto dengan kenaikan Rp 375, 65 milyar, sedangkan pengeluaran konsumsi rumah tangga dengan kenaikan Rp. 718,33 milyar.

Peningkatan Kualitas, Akuntabilitas, dan Kapabilitas Kinerja Pemerintah Daerah pada tahun 2023 terealisasi dengan predikat SAKIP B dengan nilai 66,05.

Indikator Opini BPK terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, berdasarkan hasil audit atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Anggaran 2023 mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Pendapatan Asli Daerah, pada tahun 2023 pertumbuhan PAD terealisasi sebesar 18,51%, jauh di atas dari yang ditargetkan yaitu sebesar 5%.

Pada peningkatan kemandirian desa, Indeks Desa Membangun (IDM) dapat direalisasikan sebesar 0,7567 (status desa maju), dari 152 desa, terdapat 39 desa berstatus desa mandiri, 77 desa berstatus maju, 36 desa berstatus desa berkembang, dan tidak ada lagi desa dengan kategori sangat tertinggal di Kabupaten tanah Bumbu.

Atas penyampaian tersebut, Bupati Zairullah berharap Pimpinan dan Anggota DPRD dapat memberikan saran dan masukan terhadap perbaikan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu selanjutnya. (MAS)

Safari Bupati Kotabaru Salurkan Banyak Bantuan di Kelumpang Selatan

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Bupati Kotabaru bersama rombongan Safari Ramadhan bersilaturahmi dengan masyarakat Kelumpang Selatan dengan membawa banyak bantuan, Minggu (07/04/24).

Rombongan Safari Ramadhan Sayed Jafar Alaydrus bersama Komandan Kodim 1004 kotabaru, Asisten, Staf Ahli, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Staf Khusus Bupati, Forkopimcam, tokoh agama dan masyarakat.

Bupati Kotabaru Sayed Ja’far Alaydrus mengatakan bahwa Safari Ramadhan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru bertujuan mempererat tali silaturahmi bersama masyarakat Kabupaten Kotabaru khususnya di Kecamatan Kelumpang Selatan.

“Pemberian bantuan sembako dan santunan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah kepada masyarakat Kecamatan Kelumpang Selatan dan semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan terkait pembangunan jalan di Kotabaru, dari 1.800 kilometer, telah merampungkan sekitar 70 persen. Ia berharap pembangunan jalan-jalan Kotabaru dapat segera selesai.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotabaru, Gusti Abdul Wakhid, melaporkan bantuan sosial dari Dinas Sosial berupa bantuan UEP-3 orang, bantuan PKH 130 KPM (simbolis 1 KPM), bantuan sembako/BPNT 262 KPM (simbolis 1 KPM).

Dinas Pertanian menyalurkan cadangan pangan berupa pangan beras 321 KK (3.210 kg) simbolis 2-3 KK. Dinas Kesehatan memberikan bantuan makanan kesehatan untuk 10 paket ibu hamil, 10 paket balita, dan 10 paket remaja putri.

Dinas PPPAPPKB memberikan bantuan untuk anak baduta berisiko stunting 3 orang. Dinas Pendidikan memberikan bantuan sarana dan prasarana bidang pendidikan jenjang PAUD (TK Negeri Pembina Kelumpang Selatan dan TK Asih Asuh Kelumpang Selatan), bantuan APBD Fisik bidang pendidikan jenjang SMP (SMPN 1 Kelumpang Selatan, SMPN 3 kelumpang Selatan), bantuan APBD Pengadaan peralatan sekolah jenjang SMP (SMPN 2 kelumpang Selatan).

Selanjutnya Dinas Perikanan meberikan bantuan hibah sarana dan prasarana Budidaya Air Tawar (Kelompok Barokah Tirta Pembelacanan), hibah sarana dan prasarana Budidaya Air Payau (Kelompok Bina Bersama dan Kelompok Kamboja Desa Pantai).

Terakhir, Bagian Kesra Sekretariat Daerah bantuan sebesar Rp 100 juta kepada Masjid Jami Darussalam Desa Bumi Asih.

Atas bantuan Bupati Sayed Jafar, Camat Kelumpang Selatan, Akhmad Mawardi S.Ag, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru.

“Bapak Bupati Kotabaru yang sering berkunjung ke tempat kami merupakan wujud nyata Bupati Kotabaru peduli dengan kami,” tutur Rudi Hartono. (E)

Zairullah Azhar Kenalkan Acil Odah: Kandidat Gubernur Kalsel

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar memperkenalkan utusan Gubernur Kalimantan Selatan, Raudatul Jannah, juga istri Gubernur Sahbirin Noor, dalam sambutan peringatan ulang tahun Tanah Bumbu ke-21.

“Nama beliau Raudatul Jannah, dikenal Acil odah. Sekarang menjadi kandidat Gubernur Kalimantan Selatan, ini perlu kami perkenalkan,” katanya tersenyum.

Gayung bersambut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Raudatul Jannah, juga memperkenalkan Zairullah Azhar masa dulu.

“Sekedar informasi, Bapak dr HM Zairullah Azhar adalah pimpinan ulun saat ulun bekerja di Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin,” ucap Raudatul Jannah, disambut tepuk tangan para undangan.

Ia melanjutkan bahwa saat Wahyu Windarti Zairullah Azhar sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Banjarmasin, Raudatul Jannah sebagai sekretarisnya.

Dalam kesempatan itu, Acil Odah mendapat kehormatan, oleh Zairullah Azhar, menyerahkan penghargaan Adipura Kabupaten Tanah Bumbu kategori Kota Kecil kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu, Rahmat Prapto Udoyo.

Dalam sambutan Zairullah Azhar, ia melaporkan perkembangan program unggulan Satu Desa Satu Masjid (SDSM) dan program cuci kaki ibu.

Disebutkan, SDSM akan dikembangkan dari satu desa satu masjid menjadi seluruh masjid di Tanah Bumbu. Saat ini sebanyak 52.000 anak-anak tidur, belajar, menghafal qu’an di masjid dari malam senin sampai malam sabtu.

Diantara anak-anak yang mengikuti SDSM, mereka bisa menghafal qur’an sampai 16 juz dalam satu tahun. Zairullah yakin kegiatan bergelora dari masjid ke masjid itu akan menarik energi langit yang luar biasa.

Kemudian program cuci kaki ibu, sebagai cara mendidikan anak-anak Tanah Bumbu agar mereka taat dan hormat kepada orang tuanya. (MAS)

HUT ke-21, Wakil Ketua DPRD Bacakan Sejarah Pembentukan Tanah Bumbu

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu, Said Ismail Alaydrus, membacakan sejarah pembentukan Tanah Bumbu dan sah secara undang-undang pada tahun 2003.

Pembacaan itu bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tanah Bumbu ke-21 tahun 2024 di halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Senin (8/4/2024).

Ismail menyebutkan bahwa awal pembentukan kabupaten hanya 5 kecamatan tergabung dalam pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu, yaitu Kecamatan Kusan Hilir, Kecamatan Batulicin, Kecamatan Sungai Loban, dan Kecamatan Kusan Hulu, Kecamatan Satui.

Zairullah Azhar pada waktu itu, sebagai pejabat dan Staf Khusus Gubernur Kalsel, ditunjuk oleh Gubernur Sjachriel Darham, untuk melaksanakan pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu.

Karena tidak mendapatkan dukungan pendanaan dari Kabupaten Kotabaru sehingga harus menggunakan dana sendiri untuk melakukan pendekatan ke Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), agar dapat mengajukan undang-undang pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai usulan inisiatif dewan.

Akhirnya, tanggal 27 Januari 2003 melalui sidang paripurna, DPR RI mengesahkan undang-undang Nomor 2 tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan.

Menteri Dalam Negeri melantik Zairullah Azhar sebagai Pejabat Bupati Tanah Bumbu pada 8 April 2003, dan menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Jadi Tanah Bumbu.

Hari ini Kabupaten Tanah Bumbu memiliki 12 kecamatan, 171 desa, dengan luas wilayah 5.066,96 km2 dan dihuni 337.170 jiwa.

HUT ke-21 Tanbu, Bupati Zairullah Andalkan Program SDSM dan Gerakan Cuci Kaki Ibu

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Tanah Bumbu (Tanbu) Ulang Tahun ke-21, dari sekian banyak prestasi Kabupaten Tanbu, Bupati Zairullah Azhar mengandalkan program SDSM dan gerakan cuci kaki ibu

Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tanbu ke-21 ini, banyak pejabat dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia sampai DPRD Provinsi dan Kabupaten, menghadiri acara di halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Gunung Tinggi, Senin (8/4/2024).

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor hadir diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Raudatul Jannah menyampaikan selamat ulang tahun ke-21.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-21 sekaligus apresiasi setinggi-tingginya atas kemajuan dan perkembangan telah dicapai Tanah Bumbu selama lebih dasawarsa,” ucap Raudatul Jannah membacakan sambutan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin.

Ia melanjutkan bahwa secara regional, Kabupaten Tanah Bumbu telah memberikan sumbangsih besar terhadap sektor pertanian dan pertambangan Provinsi Kalimantan Selatan.

Sektor pertanian, katanya, telah memberikan penguatan pangan terhadap Kalimantan Selatan sedangkan sektor pertambangan telah memberikan kontibusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, ia menyampaikan apapun yang dilakukan di Tanah Bumbu selalu memohon pertolongan dan ridha dari Allah Swt. Sehingga apa yang dilakukan dari tingkat RT sampai Kabupaten dapat dilaksanakan dengan baik.

Sesuia penyampaiannya dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Senin pagi (8/4/2024), ia menyampaikan berbagai prestasi Tanah Bumbu, diantaranya kesejahteraan, pertumbuhan ekonomi, penurunan angka kemiskinan, pengangguran, Indeks Pembangunan Manusia.

Selanjutnya, ia menyampaikan program Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu yakni Program Satu Desa Satu Masjid (SDSM), mengantarkan anak-anak lebih dekat kepada masjid. Mereka belajar dan malam di masjid. Diatara mereka bisa menghafal sampai 15 juz dari 30 juz al-Qur’an. Ia berharap dengan pondasi SDSM mereka kelak menjadi orang-orang sukses.

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar juga memviralkan gerakan cuci atau membasuk kaki ibu sebagai bentuk penghormatan dan bakti kepada orang tua.

“Tiga hal yang tidak mungkin dilakukan oleh seorang bapak, yakni mengandung, melahirkan, dan menyusui. Itulah kemudian betapa dahsyat dan kharismanya seorang ibu,” ucapnya. (MAS)

Diskoperindag Kotabaru: Sempat Naik, Harga Kebutuhan Pokok Stabil

KOTABARU, Goodnews.co.id – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah tahun 2024 masehi, pasar tradisional dan minimarket semakin ramai dikunjungi masyarakat, Sabtu (6/4/2024).

Salah satunya di Komplek Pasar Kemakmuran, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kotabaru, Ir Hardhani, mengatakan, aktivitas masyarakat di Komplek Pasar Kemakmuran masih menggeliat karena masyarakat ingin membeli bahan pokok persiapan menjelang Idul Fitri 2024.

Meski pasar semakin ramai tetapi Hardhani memastikan harga-harga relatif stabil. Persediaan bahan pokok kebutuhan tetap aman hingga mendekati lebaran.

“Ya harga masih stabil, stok banyak tersedia,” terang Hardhani.

Selain beras, bahan pokok kebutuhan lainnya seperti ayam, daging, telur dan lainnya masih aman.

“Termasuk ikan juga masih aman, tersedia,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan meski sempat ada kenaikan harga pada bahan kebutuhan pokok tetapi kenaikan tersebut tidak signifikan karena sebelumnya dilaksanakan operasi pasar. (E)

Dishub Kotabaru Bantu Sosialisasi Link Mudik Gratis

KOTABARU, Goodnews.co.id – Dinas Perhubungan Kotabaru mensosialisasikan link pendaftaran angkutan mudik gratis, Sabtu (6/4/2024) lalu.

Meski Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru tahun ini tidak menyiapkan angkutan mudik gratis bagi pemudik, namun tetap membantu masyarakat mendapat informasi mudik gratis.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kotabaru, Khairian Anshari, menjelaskan mengenai angkutan gratis pemudik, pihaknya hanya membantu mensosialisasikan link pendaftaran kepada masyarakat.

Terlepas hal itu, pihaknya fokus pada pengamanan. Khairan mengungkapkan Dishub bergabung dalam posko pengamanan Operasi Ketupat Polres Kotabaru, dan stakeholder lainnya.

“Salah satu objek pengamanan adalah tempat tempat wisata,” kata Khairan.

Seperti diketahui, tempat wisata akan menjadi tujuan masyarakat setelah berpuasa sebulan penuh.

Dishub juga akan melakukan pengamanan terhadap arus mudik hingga puncaknya pada tujuh hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriyah. (E)

Paman Birin Lepas Keberangkatan 1.000 Orang Mudik Gratis

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor, resmi melepas keberangkatan pemudik gratis di Terminal KM 6 Banjarmasin pada hari Sabtu (6/4/2024).

Ada sebanyak 1.000 orang menggunakan fasilitas pemprov Kalsel mudik gratis berlebaran di kampung halaman pada Idul Fitri 1445 H nanti.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kalsel, M Fitri Hernadi, Gubernur secara resmi telah melepas keberangkatan mudik gratis pada hari ini di Terminal KM 6 Banjarmasin.

“Sisanya hingga 1.000 orang diberangkatkan besok, Minggu (7/4/2024),” kata M Fitri.

Fitri mengungkapkan, selain di Terminal Kilometer 6 Banjarmasin, pemudik juga diberangkatkan dari Kota Banjarbaru.

”Untuk keberangkatan hari ini, pemudik yang pulang kampung ke daerah Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.” paparnya.

Untuk keberangkatan selanjutnya tujuan Banua enam, yakni Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong dan Balangan.

Sementara itu, Gubernur Kalsel menyampaikan pesan agar semua pemudik, terutama sopir dapat berhati-hati selama perjalanan, serta menjaga kecepatannya agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Bila mengantuk sopir silahkan beristirahat, saling mengingatkan ya. Kalau sopir mengantuk diingatkan agar istirahat saja. Selamat berbahagia bisa bertemu sanak saudara di Kampung halaman,” ujarnya.

Ia berharap, semua masyarakat Kalsel bisa berlebaran dengan bahagia tahun ini bersama keluarga besarnya, Gubernur Kalsel pun titip salam untuk semua.

Gelar mudik gratis bersama Gubernur Kalsel dan Acil Odah, Ketua PKK Provinsi Kalsel, tahun 2024 ini meliputi tujuan antarkota dalam provinsi. Di mana program ini sudah berlangsung sejak 2023. (E)

Dinas Sosial Tanbu Bantu Korban Kebakaran di Desa Kersik Putih

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Dinas Sosial Tanah Bumbu (Tanbu) membantu korban kebakaran warga Desa Kersik Putih.

Sebelumnya, peristiwa kebakaran rumah di Jalan Pendidikan RT 4 Desa Kersik Putih, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, terjadi sekitar pukul 10.30 WITA menghanguskan satu unit rumah kayu bedakan dua pintu, Rabu (3/4/2024) lalu.

Atas kejadian itu, korban dan dampak kebakaran menerima bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Sosial.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Tanbu, Liana Hamita, melalui Kepala Bidang Linjamsos, Muhammad Supian, didampingi Petugas Tagana dan Aparatur Desa Kersik Putih menyerahkan bantuan, Kamis (4/4/2024).

“Bantuan untuk korban dampak kebakaran tersebut sudah kami salurkan,” ungkap Supian.

Bantuan dari Dinas Sosial dan Kementerian Sosial Republik Indonesia berupa kebutuhan bahan pokok untuk meringankan kebutuhan sehari-hari.

“Semoga dapat meringankan beban korban dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” kata Supian. (E)